Analisis Perbedaan Strategi Penanganan Anak Tunanetra

Authors

  • Norma Hasanatul Magfiroh Psikologi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Nor Hanifah Psikologi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Putri Afifah Nahdah Psikologi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1536

Keywords:

Strategi Penanganan anak Tunantera, Luar Negeri, Sekolah Luar Biasa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan strategi penanganan anak tunanetra antara Indonesia dan luar negeri. Metode yang digunakan adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode kepustakaan atau library research dengan menggunakan tujuh subjek negara sebagai sampel. Hasil didapatkan Indonesia memiliki strategi dalam penanganan anak tunanetra yaitu dengan mendirikan pelayanan pendidikan seperti SLB. Di China memiliki kebijakan pijat buta dalam strateginya untuk memperbaiki penyandang disabilitas penglihatan di Tiongkok. Di India, strategi dalam penanganan anak tunanetra yaitu dengan menciptakan media pembelajaran Braile. Di Inggris strategi penanganan anak tunanetra yaitu dengan penciptaan project Torino. Di Malaysia, sekolah-sekolah tersebut menggunakan kurikulum pembelajaran Braille dan bahasa isyarat. Selanjutnya upaya Pakistan untuk mewujudkan pendidikan inklusif bagi anak-anak tunanetra ditandai dengan kombinasi hambatan dan kemajuan penting. Kemudian kerangka kebijakan Sri Lanka untuk pekerjaan bagi penyandang disabilitas melibatkan empat sektor utama: kesehatan, pendidikan, layanan sosial, dan ketenagakerjaan. Penelitian ini memberikan kontribusi penting yaitu memberikan data lengkap mengenai perbedaan strategi penanaganan anak Tunanetra antara Indonesia dengan negara China, India, Inggris, Malaysia, Pakistan, dan Srilanka yang berguna untuk melihat strategi penanganan tunanetra berdasarkan kondisi masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Nasir, M. N., & Erman Efendi, A. N. A. (2016). Special education for children with disabilities in Malaysia: Progress and obstacles. GEOGRAFIA Online Malaysian Journal of Society and Space, 12(10), 78–87.

Ahmed, T. (2013). Disabled Population in Pakistan: Disabled Statistics of Neglected People. 15.

Amrulloh, M., & Najaah, L. S. (2022). Abba Braille (Alat Bantu Belajar Dan Membaca Braille) Sebagai Inovasi Alat Bantu Untuk Belajar Dan Membaca Huruf Braille Secara Mandiri. Inisiasi, 115–120. https://doi.org/10.59344/inisiasi.v11i2.49

Atiq, H., Saleem, K., Arshad, H. M., Education, T., Education, T., & Education, T. (2024). Handling The Visually Impaired Students in Inclusive Classroom: Analysis Of The Difficulties Encountered By. 7(1), 814–827.

Cassendra, L., & Dony, F. (2019). Organizational Ergonomics Affects on Finger Disabilities and Cognitive Stress During Csr Project Management Among Workers and Students in Malaysia. International Journal for Studies on Children, Women, Elderly and Disabled, 7(2), 60–86. https://www.ijcwed.com/wp-content/uploads/2019/08/IJCWED7_033.pdf

Hettiaarachi, S., Ranaweera, M., Walisundara, D., Daston-Attanayake, L., & Das, A. K. (2018). Including all? Perceptions of mainstream teachers on inclusive education in the Western Province of Sri Lanka. International Journal of Special Education, 33(2), 427–447.

Hidayat, S. K., Suyanto, M., & Henderi, H. (2018). Model Pembelajaran Menulis Braille. Jurnal Ilmiah IT CIDA, 2(1), 44–55. https://doi.org/10.55635/jic.v2i1.23

Li, X. H., Xu, S. Q., & Hu, L. J. (2022). Protection or Restriction: An Analysis of the Blind Massage Policy for Employment Rights of Persons with Visual Impairments in China. Journal of Visual Impairment and Blindness, 116(1), 85–95. https://doi.org/10.1177/0145482X211073611

Liyanage, C. (2022). The inclusion of children with disabilities and downsides of welfare-oriented service delivery system in Sri Lanka, with special reference to rural areas in the Galle district. University of Colombo Review, 3(1), 153. https://doi.org/10.4038/ucr.v3i1.65

Lynch, J. (2014). Ketentuan Untuk Anak-Anak Dengan Kebutuhan Pendidikan Khusus Di Wilayah Asia. 1.

Malik, S. (2020). Strategies to Solve Communication Barriers between Parents and Teachers of Visually Impaired Learners in Pakistan. International Journal of Curriculum and Instruction, 12(2), 42–62.

Malik, S., Manaf, U. K. A., Ismail, M., & Ahmad, N. A. (2018). Understanding Parental Involvement Challenges from the Views of Visually Impaired Learners Parents in Pakistan. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 8(10), 1020–1034. https://doi.org/10.6007/ijarbss/v8-i10/4796

Mokhtar, S., Jalil, L., Noor NM, Tan, B., Shamdol, Z., & Hanafiah, H. (2016). Dental Status and Treatment Needs of Special Needs Children in Negeri Sembilan, Malaysia. World Journal of Research and Review, 2(6), 64–70. www.wjrr.org

More, A., Mendonca, G., Ingale, R., Rajendran, C., Jadhav, D., & Gavhane, M. (2018). Interactive Tactile Graphics for the Blind. International Journal of Advanced Research, 6(10), 901–906. https://doi.org/10.21474/ijar01/7886

MS, F. (2012). Problems Faced By Students With Special Needs in Ordinary Pakistani Schools. Journal of Quality and Technology Management, 8(I), 13–27.

Peiris, T., & Wijesinghe, D. (2011). Nutritional Status of under 5-Year-Old Children and its Relationship with Maternal Nutrition Knowledge in Weeraketiya DS division of Sri Lanka. Tropical Agricultural Research, 21(4), 330. https://doi.org/10.4038/tar.v21i4.3309

Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science, 6(1), 41–53. https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555

Siregar, I. A. (2021). Analisis Dan Interpretasi Data Kuantitatif. Alacrity: Journal of Education, 1(2), 39–48. https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i2.25

Susanti, C. P., Purwati, D., & ... (2023). Perancangan Media Smart Book: Upaya Mengatasi Kesulitan Anak Tunanetra Membaca Aksara Arab. Jurnal Muara, 8(1), 131–140. https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/mp/article/view/1174

Uyu Mua’wwanah, D. (2015). Strategi Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. In Media Madani (Vol. 1).

Yaumi, S., Hidayat, S., & Maulani, I. (2023). Konsep Manusia Sempurna. Jurnal Moderasi, 3(1), 94–117. http://ejournal.uin-suka.ac.id/ushuluddin/moderasi/index%0D

Downloads

Published

2024-08-27

How to Cite

Magfiroh, N. H., Hanifah , N., & Nahdah, P. A. (2024). Analisis Perbedaan Strategi Penanganan Anak Tunanetra. Journal of Education Research, 5(3), 4178–4185. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1536

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check