Penerapan Model Pembelajaran Quick on The Draw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar

Authors

  • Zulniati Zulniati Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
  • M. Syahrul Rizal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
  • Rizki Ananda Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
  • Putri Hana Pebriana Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
  • Mufarizuddin Mufarizuddin Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1532

Keywords:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran Quick On The Draw

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas III UPT SDN 001 Simalinyang. Penelitian ini merupakan penelitian tindalan kelas, yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini yaitu 1 orang guru dan 30 orang siswa, sedangkan objeknya adalah dengan menggunakan model pembelajaran Quick On The Draw untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, lembar dokumentasi dan lembar tes belajar selama pembelajaran berlangsung dengan menggunakan model pembelajaran Quick On The Draw. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan melalui dua siklus, diperoleh hasil bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Quick On The Draw, maka dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III UPT SDN 001 Simalinyang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abigail, A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Quick On The Draw Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Selecta Education Jurnal, 3(1), 62–70.

Ananda, R. (2019). Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 1–10.

Ekawati, F. E., Susanta, A. S., & Hambali, D. H. (2020). Penerapan Strategi Pembelajaran Quick On The Draw Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Ii D Sdn 69 Kota Bengkulu. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 3(2), 20–30.

Erihadiana, M., & Lismawati, W. (2017). Penerapan Model Quick On The Draw Dengan Menggunakan Media Permainan Bingo Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Pai Siswa. Atthulab: Islamic Religion Teaching And Learning Journal, 2(1), 25–38.

Majid, A. (2019). Strategi Pembelajaran.

Muzakar, M. (2016). Kinerja Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Meureubo. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 14(1), 110–133.

Nurkholis, N. (2016). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24–44.

Pebriana, P. H., Norliana, E., Subiyakto, B., & Handy, M. R. N. (2021). Exploration Of Learning Resources In Social Studies. The Innovation Of Social Studies Journal, 3(1), 56–67.

Sain, M. H., Dan, T., Uin, K., Makassar, A., Ii, K., Sultan, J., Nomor, A., & Gowa, S. (2016). Konsep Belajar Dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 66–79.

Sani, R. A. (2014). Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Bumi Aksara.

Setianto, S. D., Hendri, M., & Darmaji, D. (2020). Penerapan Strategi Quick On The Draw Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Di Kelas X Mia1 Sma Al-Falah Kota Jambi. Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(01), 63–71.

Sudjana, N. (2018). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya.

Sukarti, L. P. (2019). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Pkn Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Quick On The Draw. Journal Of Education Action Research, 3(4), 396–402.

Wirahmad, I., Iwansyah, I., & Dusalan, D. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Quick On The Draw. Supermat: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 20–31.

Wiratama, W. M. P. (2020). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Quick On The Draw. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 187–197.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Zulniati, Z., Rizal, M. S., Ananda, R., Pebriana, P. H., & Mufarizuddin, M. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Quick on The Draw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 5(4), 6829–6834. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1532

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check