Penerapan Model Pembelajaran Quick on The Draw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1532Keywords:
Hasil Belajar, Model Pembelajaran Quick On The DrawAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas III UPT SDN 001 Simalinyang. Penelitian ini merupakan penelitian tindalan kelas, yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini yaitu 1 orang guru dan 30 orang siswa, sedangkan objeknya adalah dengan menggunakan model pembelajaran Quick On The Draw untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, lembar dokumentasi dan lembar tes belajar selama pembelajaran berlangsung dengan menggunakan model pembelajaran Quick On The Draw. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan melalui dua siklus, diperoleh hasil bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Quick On The Draw, maka dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III UPT SDN 001 Simalinyang.
Downloads
References
Abigail, A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Quick On The Draw Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Selecta Education Jurnal, 3(1), 62–70.
Ananda, R. (2019). Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 1–10.
Ekawati, F. E., Susanta, A. S., & Hambali, D. H. (2020). Penerapan Strategi Pembelajaran Quick On The Draw Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Ii D Sdn 69 Kota Bengkulu. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 3(2), 20–30.
Erihadiana, M., & Lismawati, W. (2017). Penerapan Model Quick On The Draw Dengan Menggunakan Media Permainan Bingo Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Pai Siswa. Atthulab: Islamic Religion Teaching And Learning Journal, 2(1), 25–38.
Majid, A. (2019). Strategi Pembelajaran.
Muzakar, M. (2016). Kinerja Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Meureubo. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 14(1), 110–133.
Nurkholis, N. (2016). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24–44.
Pebriana, P. H., Norliana, E., Subiyakto, B., & Handy, M. R. N. (2021). Exploration Of Learning Resources In Social Studies. The Innovation Of Social Studies Journal, 3(1), 56–67.
Sain, M. H., Dan, T., Uin, K., Makassar, A., Ii, K., Sultan, J., Nomor, A., & Gowa, S. (2016). Konsep Belajar Dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 66–79.
Sani, R. A. (2014). Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Bumi Aksara.
Setianto, S. D., Hendri, M., & Darmaji, D. (2020). Penerapan Strategi Quick On The Draw Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Di Kelas X Mia1 Sma Al-Falah Kota Jambi. Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(01), 63–71.
Sudjana, N. (2018). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya.
Sukarti, L. P. (2019). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Pkn Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Quick On The Draw. Journal Of Education Action Research, 3(4), 396–402.
Wirahmad, I., Iwansyah, I., & Dusalan, D. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Quick On The Draw. Supermat: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 20–31.
Wiratama, W. M. P. (2020). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Quick On The Draw. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 187–197.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Zulniati Zulniati, M. Syahrul Rizal, Rizki Ananda, Putri Hana Pebriana, Mufarizuddin Mufarizuddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).