Eksplorasi Etnomatematika pada Busana Tari Pasombahan Kampar
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1530Keywords:
Eksplorasi, Etnomatematika, Busana Tari PasombahanAbstract
Matematika yang timbul dan berkembang dalam masyarakat dan sesuai dengan kebudayaan yang ada di sekitarnya, merupakan pusat proses pembelajaran dan metode pengajaran. pembelajaran matematika dengan etnomatematika yang memakai teknologi yang canggih atau modern sehingga tepat pada kurikulum saat ini, selain itu proses pembelajaran akan menjadi menarik dan akan lebih mudah juga untuk pendidik. Dengan begitu peserta didik akan lebih mudah memahami materi yang diajarkan oleh pendidik. Tujuan penelitian ini adalah mengeksplorasi konsep-konsep matematika yang terdapat pada busana Tari Pasombahan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan etnografi dan dengan menggunakan metode kajian pustaka dan eksplorasi. Metode kajian pustaka yaitu pengumpulan data dengan mengadakan studi penelaah terhadap buku-buku, literatur-literatur, catatan-catatan, dan laporan-laporan yang ada hubungannya dengan konsep matematika pada busana tari pasombahan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah triangulasi teknik, yaitu dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi pada narasumber yang sama. Berdasarkan konsep matematika yang ditemukan dalam Busana Tari Pasombahan terdapat bangun datar (Segitiga, persegi panjang dan lingkaran) dan bangun ruang (Balok, kubus, dan jajargenjang).
Downloads
References
Aini, E. P., Masykur, R., & Komarudin, K. (2018). Handout Matematika berbantuan Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 73-79.
Amanda,Nurul.2022 Systematic Literature Review : Etnomatematika Pada Pakaian Adat Dan Atribut Volume 2 (hlm 96-97). Jurnal Pendidikan Indonesia
Astuti, S. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Kain Ulos Batak Toba Untuk Mengungkap Nilai Filosofi Konsep Matematika. Jurnal MathEducation Nusantara, 45-50.
Atmidasari, S. (2007). Kajian Etnomatematika Pembagian Harta Waris pada Masyarakat Lampung Ditinjau dari Perspektif Adat. Skripsi. Pendidikan Matematika Universitas Islam Negeri Raden Intan, Lampung.
Binti Anisaul Khasanah, N. N. (2021). Etnomatematika pada Pakaian Adat Lampung. Jurnal e-DuMath, 71-80.
D'Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and its place in the history and pedagogy of mathematics. For the learning of Mathematics, 5(1), 44-48.
Desmawati, R. (2018). Eksplorasi etnomatematika pada gerak tari tradisional sigeh penguten lampung. Skripsi, Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
Dewi Sartika Sri Wulandari RH, F. E. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Makna Simbol Pakaian Pernikahan Adat Buton Kajian Semiotik. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 91-99.
Fitriatien, S. R. (2016). Pembelajaran berbasis etnomatematika. PGRI University of Adi Buana.
Gie, L. (1975). Garis Besar Estetik (Filsafat Keindahan), Yogyakarta: Pusat Belajar Ilmu Berguna (PUBIB)
Imelda Herlince, S. N. (2021). EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA KAIN TENUN IKAT. JUPIKA:Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Flores, 169-180.
L.Intan Puspa Dewi, I. H. (2019). Etnomatematika Dalam Tari Bali Ditinjau Dari. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 8, 39-48.
Maryati, W. P. (2019). Etnomatematika: Eksplorasi Dalam Tarian. Fibonacci : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 5, 23-28.
Nicola. (2000). Tari Persembahan, Jakarta : Bumi Aksara
Nurhikmah. S. (2019). Eksplorasi Etnomatematika pada Ragam Corak Ukiran Khas Melayu Kepulauan Riau dan Keterkaitannya terhadap Konsep Matematika Sekolah pada Kurikulum 2013. Skripsi. Pendidikan Matematika FKIP Universitas Maritim Raja Ali Haji. Tanjungpinang.
Nurus Sa’adah, A. K. (2021). Etnomatematika Gerakan Tari Kretek Kudus. Algoritma Journal of Mathematics Education (AJME), 58-71.
Ofriananda, Meizul. (2016). Gaya Tari Pasombahan Kreasi di Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar Propinsi Riau. Skripsi, Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang.
Prahmana, R. C. I. 2017. Design research (Teori dan implementasinya: Suatu pengantar). Jakarta: Rajawali Pers.
Putri, L.2017.Eksplorasi Etnomatematika Kesenian Rebana sebagai Sumber Belajar Matematika pada Jenjang MI.Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar.4(1):21-31.
RH,Dewi Sartika Sri Wulandari.2021 Eksplorasi Etnomatematika Makna Simbol Pakaian Adat Buton Kajian Semiotik Volume 04 (hlm 91-93). Indonesian journal of Educational Science(IJES)
Sari, Ayu Wulan. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Web Dengan Pendekatan Etnomatematika Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar. Skripsi, Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
Sarwono, J. (2006). Metode penelitian kuantitatif & kualitatif. Yogyakarta: Graha ilmu.
Sugiyono. (2012). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif. dan rnd. Bandung: Alfabetha.
Supriadi, N., & Damayanti, R. (2016). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Lamban Belajar dalam Menyelesaikan Soal Bangun Datar. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 1-9.
Suwarsono. (2015). Etnomatematika. Diktat Kuliah Etnomatematika. Program Magister Pendidikan Matematika Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Syutharidho, S., & Rakhmawati, R. (2015). Pengembangan Soal Berpikir Kritis untuk Siswa SMP Kelas VIII. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 219-227.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Zulfah Zulfah, Astuti Astuti, Nurul Istiqomah, Salsa Fitri Annisa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).