Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Permainan Membatik Ecoprint pada Daun dengan Teknik Pounding untuk AUD

Authors

  • Nayli Alyannur Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Ahmad Syukri Sitorus Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1527

Keywords:

Kemampuan motorik halus anak, permainan membatik, teknik pounding

Abstract

Mengkaji keterampilan motoric halus anak sangat penting maka hal ini akan menentukan keahlian ketika bergerak misalnya menulis, menggunting, dan pergerakan ini dikendalikan oleh gerakan tangan dan jemarinya dan koordinasi matanya dengan cermat. Penelitian ini dilatar belakangi guna meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia dini lewat permainan membatik ecoprint pada daun dengan teknik pounding. Penelitian ini memakai metode ptk. Penelitian ini khusus berfokus pada kelas A berusia tiga sampai empat tahun. Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan motorik halus anak lewat permainan membatik ecoprint pada daun dengan teknik pounding. Penelitian ini mengambil sampel dari dua belas siswa-siswi, terdiri dari lima anak laki laki-laki dan tujuh anak perempuan. Penelitian dilaksanakan selama dua siklus penelitian. Pada penelitian ini cara yang dilaksanakan selama peningkatkan motorik halus anak lewat Permainan Membatik Ecoprint Pada Daun Dengan Teknik Pounding mengalami peningkatan yang sangat efisiensi, dan mendapat peningkatan kembali pada siklus II, karena beberapa anak memiliki nilai yang sempurna pada siklus ke II ini. hal ini diakibatkan karena stimulus yang diberikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aguss,R.M.,Fahrizqi,E.B.,&Abiyyu,F. A.(2021)./Analisis. Dampak.Wabah Covid-19. Pada Perkembangan. Motorik Halus. Anak Usia. 3-4 Tahun. Jurnal ,Penjaskesrek, 8(1), 46–56. doi: https://doi.org/10.46244/penjaskesrek.v8i1.1368

Faris,A.,&Lestari, A. F. (2016). Anak ,Usia Dini. Teknik ,Komputer, 2(1), 59–67.

Feminin, K., & Pusari, R. W. (2016). Upaya Meningkatkan, Kemampuan Motorik /Halus /Pada Aud /Melalui /Kegiatan /Bermain /Konstruksi /Plastisin Bentuk /Huruf /Kelompok B Ra /Taqwal Ilah /Semarang Tahun /Ajaran 2015/2016. Jurnal /Penelitian /Dalam/Bidng Anak .Usia .Dini, 5 NO 1(May), 31–48. https://journal.upgris.ac.id/index.php/paudia/article/view/1173

Kamelia/, N./(2019). /Perkembangan /Fisik /Motorik Anak /Usia Dini (Standar /Tingkat /Pencapaian /Perkembangan Anak) STPPA /Tercapai di RA /Harapan /Bangsa /Maguwoharjo/ Condong/ Catur Yogyakarta. jurnal KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), 112–136. https://doi.org/10.24014/kjiece.v2i2.9064

Latifah,/N., &/Ismet, S. (2023). /Pengaruh/ Membatik/ Ecoprint Terhadap /Perkembangan/ Motorik Halus Anak /di Taman /Kanak-kanak/ Islam /Istiqamah .Kota Payakumbuh. /Jurnal Pendidikan AURA /(Anak /Usia Raudhatul Atfhal), 4(1), 80–87. https://doi.org/10.37216/aura.v4i1.794

Maghfiroh, /& Shofia /Suryana, D. (2021). /Pembelajaran /di Pendidikan /Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan /Tambusai, 05(01), 1560–1566.

Nimah,/F. (2020). /Pengembangan /Buku Panduan /Membatik .Terhadap Kemampuan/ Fisik Motorik /Halus /Anak Usia 5-6 .Tahun. /JP2KG AUD (Jurnal/ Pendidikan, /Pengasuhan, Kesehatan dan Gizi Anak Usia Dini), 1(2), 123–146. https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2020.1.2.123-146

Nita, D., /Murti, W. B., & /Isnawati, Z. (2019). /Kecerdasan Majemuk /dan Implikasinya/ Dalam Pendidikan. Jurnal Psikologi, 6(1), 22–32.

Nurhikmah/, R. (u.å.). Pengaruh /Kegiatan Menganyam /terhadap Kemampuan /Motorik Halus. 5(3), 2953–2959.

Pertiwi,/ A. D., Wahyuningsih, T., Layly, A. N., & Pertiwi, F. D. (2022). Implementasi Pembelajaran /Membatik /Berbasis /Budaya pada ,Anak Usia Dini. /Jurnal /Obsesi : Jurnal Pendidikan. Anak .Usia Dini, 6(6), 6225–6236. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3298

Rohaya, S. (2021). Pengaruh,/ Kirigami Terhadap .Kemampuan /Motorik /Halus Anak /Kelompok B3 Tk /Islam Nu Kota /Palangka Raya /Tahun Ajaran /2019/2020. Pintar .Harati : Jurnal Pendidikan /dan Psikologi, .17(1), 55–66. https://doi.org/10.36873/jph.v17i1.3328

Sanenek, A. K., /Nurhafizah, N., /Suryana, D., & /Mahyuddin, N. (2023). Analisis /Pengembangan /Kemampuan Motorik /Halus pada Anak /Usia Dini. Jurnal /Obsesi : Jurnal /Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1391–1401. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4177

Sari, S. K., /Izzati, I., & Ismet, S. (2021). Peningkatan /Kemampuan Motorik/ Halus /Melalui Gambar /Cetak Geometri /Pada Pendidikan /Anak Usia Dini. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 149–155. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.275

Septiana, /A. (2018). /mengembangkan /kemampuan /motorik halus/ anak melalui /seni membatik di taman /kanak-kanak /pertama bunda /kemilang bandar /lampung (Bd. 4, Nummer 2). https://doi.org/10.1098/rspb.2014.1396%0Ahttps://www.uam.es/gruposinv/meva/publicaciones jesus/capitulos_espanyol_jesus/2005_motivacion para el aprendizaje Perspectiva alumnos.pdf%0Ahttps://www.researchgate.net/profile/Juan_Aparicio7/publication/253571379

Sita Dewi/, N. L./D./A., & Yulaika, A. (2019). Analisis /Faktor Yang /Mempengaruhi /Perkembangan /Motorik /Halus Pada Anak /Usia Prasekolah /Di Tk Ra Diponegoro/ Desa Ngajum /Kabupaten Malang. /Jurnal Kesehatan /Mesencephalon, 5(2). https://doi.org/10.36053/mesencephalon.v5i2.181

Sitorus, A. S. (2016). /perkembangan motorik /halus pada anak /usia dini. Научно-Техническое Творчество/ Аспирантов И/ Студентов, IV(2), 139–141.

Susanti, S. E. (2021). Pembelajaran/ Anak Usia /Dini dalam /Kajian Neurosains. /TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora, 2(1), 53–60. https://doi.org/10.33650/trilogi.v2i1.2785

Susanto, /N. C. A., Latief, M.,/Puspitasari, R. D., /Bemis, R., & /Heriyanti, H. (2021). /Pengenalan ecoprint /guna /meningkatkan keterampilan siswa /dalam pemanfaatan /bahan alam. Jurnal Inovasi /Hasil /Pengabdian /Masyarakat /(JIPEMAS), 4(1), 111. https://doi.org/10.33474/jipemas.v4i1.8974

Downloads

Published

2024-08-14

How to Cite

Alyannur, N., & Sitorus , A. S. (2024). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Permainan Membatik Ecoprint pada Daun dengan Teknik Pounding untuk AUD. Journal of Education Research, 5(3), 3740–3749. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1527

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check