Modernitas dan Lokalitas: Membangun Pendidikan Islam Berkelanjutan

Authors

  • Khomsinnudin Khomsinnudin STIT Darul Ishlah Tulang Bawang
  • Giman Bagus Pangeran STIT Darul Ishlah Tulang Bawang
  • Ahmad Tamyiz STIT Darul Ishlah Tulang Bawang
  • Citra Eka Wulandari STIT Darul Ishlah Tulang Bawang
  • Fauzan Akmal Firdaus STIT Az Zahra Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1523

Keywords:

pendidikan Islam, kearifan lokal, modernisasi, integrasi nilai, teknologi digital

Abstract

Pendidikan Islam di Indonesia menghadapi tantangan signifikan dalam mempertahankan identitas dan nilai-nilai lokal di era modernisasi dan globalisasi. Fenomena ini tercermin dari memudarnya pemahaman generasi muda terhadap nilai-nilai lokal, sementara pengaruh budaya global semakin mendominasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mengembangkan model pendidikan Islam yang mengintegrasikan nilai-nilai universal Islam dengan kearifan lokal dalam konteks modernisasi. Metode yang digunakan adalah studi literatur sistematis dan analisis konten kualitatif terhadap dokumen-dokumen kebijakan pendidikan Islam dan kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengintegrasian nilai-nilai lokal dalam pendidikan Islam dapat memperkuat identitas keislaman yang kontekstual, meningkatkan relevansi pendidikan, dan mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan global tanpa kehilangan akar budaya. Implikasi penelitian ini mencakup pengembangan kurikulum digital adaptif, pelatihan guru dalam integrasi teknologi dan nilai lokal, serta kolaborasi multistakeholder dalam merancang program pendidikan Islam yang relevan di era digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, M. (2021). Tantangan Pendidikan Islam di Era Modernisasi. Jurnal Pendidikan Islam, 15(2), 123–140.

Arifin, S. (2022). Integrasi Nilai Lokal dalam Kurikulum Pendidikan Islam. Jurnal Studi Islam, 17(1), 45–62.

Aziz, A. (2021). Kesetaraan Gender dalam Sistem Adat dan Relevansinya dengan Ajaran Islam. Jurnal Gender dan Islam, 10(2), 78–95.

Aziz, R. (2022). Pusat Inovasi Digital di Pesantren: Solusi Teknologi Kontekstual. Jurnal Teknologi Pendidikan Islam, 8(1), 112–129.

Fauzi, A. (2023). Pengembangan Aplikasi Mobile untuk Pendidikan Islam Berbasis Budaya Lokal. Jurnal Teknologi Pembelajaran, 12(3), 234–251.

Firmansyah, R. (2020). Pela Gandong: Kearifan Lokal dalam Resolusi Konflik Perspektif Islam. Jurnal Studi Perdamaian, 5(2), 167–184.

Firmansyah, S. (2021). Model Kurikulum Digital Adaptif untuk Pendidikan Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan, 9(1), 45–62.

Firmansyah, T. (2023). Kampanye Kesadaran Digital: Mempromosikan Penggunaan Teknologi Bertanggung Jawab. Jurnal Komunikasi Islam, 11(2), 178–195.

Gunawan, A. (2021). Pengembangan Kompetensi Guru Pendidikan Islam di Era Digital. Jurnal Pendidikan Guru, 16(3), 301–318.

Gunawan, H. (2022). Program Pertukaran Virtual antar Madrasah: Mempromosikan Pemahaman Lintas Budaya. Jurnal Pendidikan Multikultural, 7(2), 156–173.

Gunawan, R. (2023). Pendekatan Bottom-up dalam Pengembangan Kurikulum Digital Pendidikan Islam. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 18(1), 67–84.

Hakim, A. (2020). Pemanfaatan Media Sosial dalam Pendidikan Islam: Menghubungkan Tradisi dan Modernitas. Jurnal Media Pendidikan, 14(3), 278–295.

Hakim, L. (2022). Sistem Subak: Kearifan Lokal dalam Pengelolaan Sumber Daya Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Ekonomi Syariah, 9(2), 145–162.

Hakim, M. (2023). Pengembangan Repositori Digital Nasional untuk Materi Pendidikan Islam. Jurnal Perpustakaan Digital, 6(1), 89–106.

Hidayat, A. (2021). Integrasi Nilai Kearifan Lokal dalam Pendidikan Islam: Penguatan Identitas Keislaman Kontekstual. Jurnal Studi Islam, 16(2), 156–173.

Hidayati, N. (2020). Spiritualitas Jawa dan Tasawuf: Titik Temu Kearifan Lokal dan Islam. Jurnal Tasawuf, 8(1), 34–51.

Hidayati, S. (2021). Model Penilaian Berbasis Proyek Digital dalam Pendidikan Islam. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 13(2), 201–218.

Kusuma, A. (2022). Gotong Royong: Nilai Lokal yang Sejalan dengan Prinsip Ta’awun dalam Islam. Jurnal Sosiologi Islam, 7(1), 78–95.

Kusuma, R. (2020). Kemitraan Multistakeholder dalam Pengembangan Pendidikan Islam Digital. Jurnal Kebijakan Pendidikan, 11(3), 234–251.

Kusuma, S. (2023). Strategi Implementasi Model Pendidikan Islam Kontekstual di Era Digital. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 18(2), 189–206.

Mulyadi, A. (2022). Praktik Konservasi Tradisional dan Relevansinya dengan Fikih Lingkungan Islam. Jurnal Studi Lingkungan Islam, 6(2), 112–129.

Mulyadi, R. (2023). Inkubasi Startup EdTech Fokus Pendidikan Islam Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Kewirausahaan Islam, 5(1), 67–84.

Nugroho, A. (2021). Adopsi Mekanisme Resolusi Konflik Tradisional dalam Pendidikan Islam. Jurnal Resolusi Konflik, 9(2), 178–195.

Nugroho, S. (2022). Kolaborasi Ahli Pendidikan Islam, Pengembang Teknologi, dan Pemuka Adat dalam Perancangan Konten Digital. Jurnal Teknologi Pendidikan, 17(3), 289–306.

Nurdin, A. (2022). Pendidikan Islam di Era Disrupsi: Tantangan dan Peluang. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 18(1), 56–73.

Pratiwi, D. (2022). Program Mentoring Digital: Menjembatani Kesenjangan Generasi dalam Pendidikan Islam. Jurnal Teknologi Pendidikan, 16(3), 267–284.

Pratiwi, L. (2023). Pengintegrasian Praktik Pengelolaan Sumber Daya Lokal dalam Pendidikan Ekonomi Islam. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 8(1), 90–107.

Putri, A. (2021). Kampanye Digital: Menggabungkan Pesan Islam dengan Kearifan Lokal untuk Generasi Z. Jurnal Komunikasi Islam, 10(2), 156–173.

Putri, R. (2023). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Kurikulum dan Pembelajaran, 12(1), 78–95.

Rahman, A. (2020). Nilai Kearifan Lokal dan Relevansinya dengan Ajaran Islam di Indonesia. Jurnal Studi Islam Nusantara, 4(2), 89–106.

Rahmawati, F. (2021). Pendekatan Partisipatif dalam Merancang Program Pendidikan Islam Digital. Jurnal Partisipasi Masyarakat, 15(3), 234–251.

Rahmawati, N. (2022). Integrasi Seni Kaligrafi Islam dengan Motif Lokal Indonesia. Jurnal Seni Islam, 7(1), 45–62.

Rahmawati, S. (2022). Integrasi Teknologi Digital dalam Pendidikan Islam: Mempertahankan Nilai Lokal sebagai Fondasi. Jurnal Teknologi Pendidikan Islam, 9(2), 178–195.

Santoso, A. (2021). Pengintegrasian Seni dan Budaya Lokal dalam Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Seni Islam, 6(2), 123–140.

Saputra, D. (2023). Pendidikan Islam di Indonesia: Antara Tradisi dan Modernitas. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 22(1), 34–51.

Sari, L. (2022). Fleksibilitas Kurikulum Digital: Mengakomodasi Keragaman Adat Istiadat dalam Pendidikan Islam. Jurnal Kurikulum dan Teknologi Pembelajaran, 11(3), 267–284.

Sulaiman, A. (2020). Peningkatan Kompetensi Digital Guru Pendidikan Islam. Jurnal Teknologi Pembelajaran, 13(2), 201–218.

Sulaiman, M. (2021). Integrasi Kearifan Ekologis Lokal dalam Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Lingkungan Hidup, 10(3), 234–251.

Wahid, A. (2020). Kurikulum Literasi Digital: Mengajarkan Etika Teknologi Berdasarkan Prinsip Islam dan Nilai Lokal. Jurnal Teknologi Pendidikan, 15(1), 78–95.

Wahid, R. (2022). Metode Kreatif Menghubungkan Ajaran Islam dengan Kearifan Lokal Melalui Media Digital. Jurnal Inovasi Pembelajaran Islam, 7(2), 156–173.

Wijaya, A. (2021). Eksplorasi Identitas Muslim Indonesia melalui Seni dan Budaya Lokal. Jurnal Kebudayaan Islam, 9(3), 278–295.

Wijaya, S. (2022). Pengembangan Rubrik Penilaian: Indikator Pemahaman dan Aplikasi Nilai Lokal dalam Konteks Islam. Jurnal Evaluasi Pendidikan Islam, 14(1), 90–107.

Yusuf, A. (2020). Musyawarah dalam Adat Minangkabau: Paralelitas dengan Prinsip Syura dalam Islam. Jurnal Studi Islam Nusantara, 5(1), 67–84.

Yusuf, M. (2023). Forum Reguler Evaluasi Strategi Implementasi Pendidikan Islam Digital. Jurnal Kebijakan Pendidikan Islam, 8(2), 178–195.

Downloads

Published

2024-09-08

How to Cite

Khomsinnudin, K., Pangeran, G. B., Tamyiz, A., Wulandari, C. E., & Firdaus, F. A. (2024). Modernitas dan Lokalitas: Membangun Pendidikan Islam Berkelanjutan. Journal of Education Research, 5(4), 4418–4428. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1523

Issue

Section

Articles

Categories