Pengaruh Kompetensi Pedagogi dan Penguasaan TIK Guru terhadap Hasil Belajar pada Pembelajaran Kurikulum Merdeka di SD
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1522Keywords:
Kompetensi Pedagogi, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Merdeka BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogi dan penguasaaan Teknologi Informasi dan Komunikasi guru terhadap pembelajaran era merdeka belajar di Sekolah Dasar Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah survey untuk mengetahui gambaran umum dari karakteristik populasi. penulis melakukan survei dengan menggunakan penelitian kuantitatif dengan teknik sampling proportional random sampling. Analisis regresi sederhana bertujuan untuk menguji pengaruh antara variabel X terhadap variabel Y. Pengaruh X1 terhadap Y, ditemukan persamaan berupa Y=1,681+0,513x1. Persamaan tersebut dapat diartikan jika kenaikan dari persamaan tersebut jika kompetensi pedagogik guru naik 1% menyebabkan kenaikan hasil belajar 0.513. Berdasarkan uji t, diperoleh nilai t hitung sebesar 13.297 yang signifikan terhadap 0,000. Signifikansi itu kurang dari dari 0,05, maka Ho ditolak dan H1 diterima, yang berarti kompetensi pedagogik berpengaruh positif terhadap pembelajaran era merdeka belajar. Sedangkan pengaruh X2 terhadap Y ditemukan persamaan X1 terhadap Y berupa Y= 0.0470 + 0,535 x 1. Persamaan tersebut dapat diartikan jika kenaikan dari persamaan tersebut tampak bahwa jika penguasaaan TIK naik 1% menyebabkan kenaikan hasil belajar 0.535 Berdasarkan uji t, diperoleh nilai t hitung sebesar 14,883 yang signifikan terhadap 0,000. Berdasarkan hasil signifikansi kurang dari dari 0,05, maka Ho ditolak dan H1 diterima, yang berarti penguasaaan TIK berpengaruh positif terhadap pembelajaran era merdeka belajar
Downloads
References
Ariesto Hadi Sutopo. (2019). Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta : Graha Ilmu
Arikunto. Suharsini. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi VI. Jakarta : PT Rineka Cipta
Asmani Jamal Makmur. (2015). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Pendidikan. Yogyakarta : Diva Press
Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Budhi Cahyono. (2015). Pengaruh Budaya Organisasi, Kepemimpinan dan Motivasi Kerja . Jurnal Riset Bisnis Indonesia Semarang, Vol. 1 - Nomor 2
Darmawan Deni. (2018). Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Bandung: PT Rosadakarya Offset
Daryanto. (2015). Standart Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru. Yogyakarta: Gava Media
Fauziah & Hedwig. (2016). Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta : Salemba Teknika
Firman Taqur. (2019). Revolusi Teknologi Komunikasi. Jakarta : Balai Aksara
Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivarite: Dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro
Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPSS. Cetakan ke-6. Malang : Badan Penerbit Universitas Negeri Malang
Habibi Beni. (2013). Budaya Organisasi, Kompensasi, dan Kompetensi Pedagogik Serta Pengaruhnya terhadap peningkatan kinerja guru. Jurnal Cakrawala Universitas Pancasakti Tegal, Volume 7 Nomor 1
Hadi, Sutrisno. (2015). Statistika. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Handoko, T. Hani. (2016). Penilaian Prestasi Kerja. Yogyakarta: Liberty
Hariningsih. (2015). Mengenal Teknologi Informasi. Yogyakarta : Graha Ilmu
Ibrahim Mustafa. (2015). Penilaian Kompetensi Kinerja Guru. Bandung : Sefa Bumi Persada
Isjoni dan Ismail. (2018).. Teknologi Informasi dan Komunikasi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Ismaniati. (2018). Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran. Yogyakarta : Graha Ilmu
Kadir Munsyi. (2015). Mengenal Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta : Populer Gramedia
Kismono Gugup. (2019). Gaya kepemimpinan dan budaya organisasi pada usaha kecil. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada Pers
Komariah Aan.(2019). Budaya Organisasi Sekolah Efektif. Jakarta: Bumi Aksara
Kristanto Eko Budi. (2018). Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi Guru. Jakarta: Binacipta
Kusmianto. (2017). Panduan Penilaian Kinerja Guru oleh Pengawas. Jakarta : Rajawali Pres
Lantip Diat & Riyanto. (2018). Teknologi Informasi Pendidikan. Yogyakarta : Gava Media
Luthans, Fred. 2016. Perilaku Organisasi. Yogyakarta: Penerbit Andi
Majid, Abdul. 2018. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Mangkunegara Anwar Prabu. (2015). Pelaku dan Budaya Organisasi. Bandung : Remaja Rosdakarya
Miarso Yusuf Hadi. (2019). Pemantapan Teknologi Komunikasi Pendidikan. Jakarta : Rajawali
Muhaimin. (2017). Pengembangan Budaya Organisasi dalam Lembaga Pendidikan. Jurnal Tarbawi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Volume 14 Nomor 1
Mulyasa. (2016). Pengembangan Teknologi Komunikasi Pendidikan dalam Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
Mulyasa. (2015). Uji Kompetensi Dan Penilaian Kinerja Guru. Bandung : Remaja Rosdakarya
Munir. (2018). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung : Alfabeta
Munir. (2018). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung : Alfabeta
Nawawi Hadari. (2018). Evaluasi dan Manajemen Kinerja. Yogyakarta : Universitas Gajah Mada Pres
Pabundu Tika. (2018). Budaya organisasi dan peningkatan kinerja perusahaan. Jakarta : Bumi Aksara
Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses Satuan Pendidikan Menengah perihal Beban Kerja Guru
Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Penilaian Kinerja Guru
Poerwadarminta,W.J.S. (2016). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Rachmawaty Asye. (2018). Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap peningkatan kinerja guru Pada SMP Negeri 43 Bandung. Jurnal Tematik Politeknik LP3I Bandung, Volume 1 Nomor 1
Ratnawati. (2018). Pengaruh Manajemen Pembelajaran terhadap peningkatan kinerja guru dalam Mewujudkan Hasil Belajar Siswa. Garut: Jurnal Khazanah Akademia Universitas Garut Volume 2 halaman 63-73
Rivai, Veithzal. (2019). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. (Edisi ketiga). Jakarta: Raja Grafindo Persada
Rivai. (2015). Kinerja Pegawai. Jakarta : Rajawali Press
Robbins, Stephen P. (2018). Perilaku Organisasi. Jakarta: PT.Indeks Kelompok Gramedia
Rusli. (2019). Teknologi Komunikasi dan Informasi dalam Pendidikan. Jakarta : GP Press
Rusman. (2016). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung : Rajawali Press
Sardiman A. M. (2019). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Dunia Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Satrijo dan Amah. (2017). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Akutansi dan Pendidikan Universitas PGRI Madiun, Volume 6 Nomor 1
Siahaan Sudirman. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran: Peluang, Tantangan, Dan Harapan. Jurnal Teknodik Jakarta, Vol. 19 - Nomor 3
Siahaan Sudirman. (2017). Menuju Ke Arah Pendidikan Berkualitas Melalui Pemanfaatan TIK. Jakarta: Pusat TIK Kemendikbud Pres
Soedijarto. (2018). Kemampuan Profesional Guru. Jurnal Prespektif Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, Volume 13 Nomor VII
Sudrajat. (2019). Budaya sekolah dan pendidikan karakter. Yogyakarta : Intan Media
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2017). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Suharsimi Arikunto. (2019). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara
Suratman Purnomo. (2017). Pengembangan Kinerja Guru. Bandung: UIN Press
Sutarman Maman. (2016). Kemampuan dan Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi Guru. Jakarta: Rineka Cipta
Sutrisno Edy. (2015). Budaya organisasi. Jakarta : Kencana
Surya Wardana. (2018). Motivasi Berprestasi dengan Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah SPikologi Terapan Universitas Muhammadiyah Malang, Volume 1.
Susongko Singgih. (2020). Statistik Parametrik, untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Media Komputindo
Suyanto. (2015). Pengantar Teknologi Informasi Untuk Bisnis. Yogyakarta: Andi Press
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendikdikan Nasional pasal 39 ayat (2)
Undang-Undang RI No. 14 Tahun 2005 Bab IV Pasal 20 (a) tentang Standar Prestasi Kerja Guru dan Dosen
Undang-undang RI nomer 53 tahun 2010 tentang peraturan Disiplin Pegawai Negeri Sipil Pasal 1 (a) Disiplin Pegawai Negeri Sipil
Wardiana Wawan. (2019). Peranan Teknotogi Informasi Pada Era Gtobatisasi. Jurnal Manajerial LIPI Bandung, Vol. 2 - Nomor 3
Warsihna Jaka. (2017). Kompetensi Teknologi Informasi untuk Guru. Jurnal Teknodik Jakarta, Volume 16 Nomor 2
Warsita, Bambang. (2018). Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Cetakan ke-1. Jakarta: Asdi Maha Satya
Warsita Bambang. (2016). “Kecenderungan Global dan Regional dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Pendidikan.” Jurnal Teknodik (Nomor 19 tahun 10). Hlm. 69-98
Warsita Bambang. (2018). Kontribusi Teori dan Teknologi Komunikasi Dalam Teknologi Pembelajaran. Jurnal Kwangsan BPMTV Surabaya, Volume 2 Nomor 2
Wibowo. (2016). Budaya Organisasi. Jakarta: Rajawali Pers
Wijianti. (2019). Teknologi Komunikasi Informasi dan Komunikasi bagi Guru. Jakarta: Bumi Aksara
Zainab. (2015). Budaya Organisasi, Lingkungan Sekolah dan Kinerja Guru Cetakan ke-1. Surabaya: Kresna Bima Insan Prima, 171.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Iskanto Iskanto, Taufiqulloh Taufiqulloh, Yoga Prihatin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).