Pengaruh Kompetensi Pedagogi dan Penguasaan TIK Guru terhadap Hasil Belajar pada Pembelajaran Kurikulum Merdeka di SD

Authors

  • Iskanto Iskanto Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Taufiqulloh Taufiqulloh Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Yoga Prihatin Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1522

Keywords:

Kompetensi Pedagogi, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Merdeka Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogi dan penguasaaan Teknologi Informasi dan Komunikasi guru terhadap pembelajaran era merdeka belajar di Sekolah Dasar Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah survey untuk mengetahui gambaran umum dari karakteristik populasi. penulis melakukan survei dengan menggunakan penelitian kuantitatif dengan teknik sampling proportional random sampling. Analisis regresi sederhana bertujuan untuk menguji pengaruh antara variabel X terhadap variabel Y. Pengaruh X1 terhadap Y, ditemukan persamaan berupa Y=1,681+0,513x1. Persamaan tersebut dapat diartikan jika kenaikan dari persamaan tersebut jika kompetensi pedagogik guru naik 1% menyebabkan kenaikan hasil belajar 0.513. Berdasarkan uji t, diperoleh nilai t hitung sebesar 13.297 yang signifikan terhadap 0,000. Signifikansi itu kurang dari dari 0,05, maka Ho ditolak dan H1 diterima, yang berarti kompetensi pedagogik berpengaruh positif terhadap pembelajaran era merdeka belajar. Sedangkan pengaruh X2 terhadap Y ditemukan persamaan X1 terhadap Y berupa Y= 0.0470 + 0,535 x 1. Persamaan tersebut dapat diartikan jika kenaikan dari persamaan tersebut tampak bahwa jika penguasaaan TIK naik 1% menyebabkan kenaikan hasil belajar 0.535 Berdasarkan uji t, diperoleh nilai t hitung sebesar 14,883 yang signifikan terhadap 0,000. Berdasarkan hasil signifikansi kurang dari dari 0,05, maka Ho ditolak dan H1 diterima, yang berarti penguasaaan TIK berpengaruh positif terhadap pembelajaran era merdeka belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariesto Hadi Sutopo. (2019). Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta : Graha Ilmu

Arikunto. Suharsini. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi VI. Jakarta : PT Rineka Cipta

Asmani Jamal Makmur. (2015). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Pendidikan. Yogyakarta : Diva Press

Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Budhi Cahyono. (2015). Pengaruh Budaya Organisasi, Kepemimpinan dan Motivasi Kerja . Jurnal Riset Bisnis Indonesia Semarang, Vol. 1 - Nomor 2

Darmawan Deni. (2018). Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Bandung: PT Rosadakarya Offset

Daryanto. (2015). Standart Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru. Yogyakarta: Gava Media

Fauziah & Hedwig. (2016). Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta : Salemba Teknika

Firman Taqur. (2019). Revolusi Teknologi Komunikasi. Jakarta : Balai Aksara

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivarite: Dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPSS. Cetakan ke-6. Malang : Badan Penerbit Universitas Negeri Malang

Habibi Beni. (2013). Budaya Organisasi, Kompensasi, dan Kompetensi Pedagogik Serta Pengaruhnya terhadap peningkatan kinerja guru. Jurnal Cakrawala Universitas Pancasakti Tegal, Volume 7 Nomor 1

Hadi, Sutrisno. (2015). Statistika. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Handoko, T. Hani. (2016). Penilaian Prestasi Kerja. Yogyakarta: Liberty

Hariningsih. (2015). Mengenal Teknologi Informasi. Yogyakarta : Graha Ilmu

Ibrahim Mustafa. (2015). Penilaian Kompetensi Kinerja Guru. Bandung : Sefa Bumi Persada

Isjoni dan Ismail. (2018).. Teknologi Informasi dan Komunikasi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Ismaniati. (2018). Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran. Yogyakarta : Graha Ilmu

Kadir Munsyi. (2015). Mengenal Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta : Populer Gramedia

Kismono Gugup. (2019). Gaya kepemimpinan dan budaya organisasi pada usaha kecil. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada Pers

Komariah Aan.(2019). Budaya Organisasi Sekolah Efektif. Jakarta: Bumi Aksara

Kristanto Eko Budi. (2018). Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi Guru. Jakarta: Binacipta

Kusmianto. (2017). Panduan Penilaian Kinerja Guru oleh Pengawas. Jakarta : Rajawali Pres

Lantip Diat & Riyanto. (2018). Teknologi Informasi Pendidikan. Yogyakarta : Gava Media

Luthans, Fred. 2016. Perilaku Organisasi. Yogyakarta: Penerbit Andi

Majid, Abdul. 2018. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Mangkunegara Anwar Prabu. (2015). Pelaku dan Budaya Organisasi. Bandung : Remaja Rosdakarya

Miarso Yusuf Hadi. (2019). Pemantapan Teknologi Komunikasi Pendidikan. Jakarta : Rajawali

Muhaimin. (2017). Pengembangan Budaya Organisasi dalam Lembaga Pendidikan. Jurnal Tarbawi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Volume 14 Nomor 1

Mulyasa. (2016). Pengembangan Teknologi Komunikasi Pendidikan dalam Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Mulyasa. (2015). Uji Kompetensi Dan Penilaian Kinerja Guru. Bandung : Remaja Rosdakarya

Munir. (2018). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung : Alfabeta

Munir. (2018). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung : Alfabeta

Nawawi Hadari. (2018). Evaluasi dan Manajemen Kinerja. Yogyakarta : Universitas Gajah Mada Pres

Pabundu Tika. (2018). Budaya organisasi dan peningkatan kinerja perusahaan. Jakarta : Bumi Aksara

Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses Satuan Pendidikan Menengah perihal Beban Kerja Guru

Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Penilaian Kinerja Guru

Poerwadarminta,W.J.S. (2016). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Rachmawaty Asye. (2018). Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap peningkatan kinerja guru Pada SMP Negeri 43 Bandung. Jurnal Tematik Politeknik LP3I Bandung, Volume 1 Nomor 1

Ratnawati. (2018). Pengaruh Manajemen Pembelajaran terhadap peningkatan kinerja guru dalam Mewujudkan Hasil Belajar Siswa. Garut: Jurnal Khazanah Akademia Universitas Garut Volume 2 halaman 63-73

Rivai, Veithzal. (2019). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. (Edisi ketiga). Jakarta: Raja Grafindo Persada

Rivai. (2015). Kinerja Pegawai. Jakarta : Rajawali Press

Robbins, Stephen P. (2018). Perilaku Organisasi. Jakarta: PT.Indeks Kelompok Gramedia

Rusli. (2019). Teknologi Komunikasi dan Informasi dalam Pendidikan. Jakarta : GP Press

Rusman. (2016). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung : Rajawali Press

Sardiman A. M. (2019). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Dunia Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Satrijo dan Amah. (2017). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Akutansi dan Pendidikan Universitas PGRI Madiun, Volume 6 Nomor 1

Siahaan Sudirman. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran: Peluang, Tantangan, Dan Harapan. Jurnal Teknodik Jakarta, Vol. 19 - Nomor 3

Siahaan Sudirman. (2017). Menuju Ke Arah Pendidikan Berkualitas Melalui Pemanfaatan TIK. Jakarta: Pusat TIK Kemendikbud Pres

Soedijarto. (2018). Kemampuan Profesional Guru. Jurnal Prespektif Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, Volume 13 Nomor VII

Sudrajat. (2019). Budaya sekolah dan pendidikan karakter. Yogyakarta : Intan Media

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2017). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Suharsimi Arikunto. (2019). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara

Suratman Purnomo. (2017). Pengembangan Kinerja Guru. Bandung: UIN Press

Sutarman Maman. (2016). Kemampuan dan Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi Guru. Jakarta: Rineka Cipta

Sutrisno Edy. (2015). Budaya organisasi. Jakarta : Kencana

Surya Wardana. (2018). Motivasi Berprestasi dengan Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah SPikologi Terapan Universitas Muhammadiyah Malang, Volume 1.

Susongko Singgih. (2020). Statistik Parametrik, untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Media Komputindo

Suyanto. (2015). Pengantar Teknologi Informasi Untuk Bisnis. Yogyakarta: Andi Press

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendikdikan Nasional pasal 39 ayat (2)

Undang-Undang RI No. 14 Tahun 2005 Bab IV Pasal 20 (a) tentang Standar Prestasi Kerja Guru dan Dosen

Undang-undang RI nomer 53 tahun 2010 tentang peraturan Disiplin Pegawai Negeri Sipil Pasal 1 (a) Disiplin Pegawai Negeri Sipil

Wardiana Wawan. (2019). Peranan Teknotogi Informasi Pada Era Gtobatisasi. Jurnal Manajerial LIPI Bandung, Vol. 2 - Nomor 3

Warsihna Jaka. (2017). Kompetensi Teknologi Informasi untuk Guru. Jurnal Teknodik Jakarta, Volume 16 Nomor 2

Warsita, Bambang. (2018). Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Cetakan ke-1. Jakarta: Asdi Maha Satya

Warsita Bambang. (2016). “Kecenderungan Global dan Regional dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Pendidikan.” Jurnal Teknodik (Nomor 19 tahun 10). Hlm. 69-98

Warsita Bambang. (2018). Kontribusi Teori dan Teknologi Komunikasi Dalam Teknologi Pembelajaran. Jurnal Kwangsan BPMTV Surabaya, Volume 2 Nomor 2

Wibowo. (2016). Budaya Organisasi. Jakarta: Rajawali Pers

Wijianti. (2019). Teknologi Komunikasi Informasi dan Komunikasi bagi Guru. Jakarta: Bumi Aksara

Zainab. (2015). Budaya Organisasi, Lingkungan Sekolah dan Kinerja Guru Cetakan ke-1. Surabaya: Kresna Bima Insan Prima, 171.

Downloads

Published

2024-08-22

How to Cite

Iskanto, I., Taufiqulloh, T., & Prihatin, Y. (2024). Pengaruh Kompetensi Pedagogi dan Penguasaan TIK Guru terhadap Hasil Belajar pada Pembelajaran Kurikulum Merdeka di SD . Journal of Education Research, 5(3), 4050–4059. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1522

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>