Peningkatan Kemampuan Siswa Memecahkan Masalah Operasi Pecahan di SDN Pemurus Luar 1 Banjarmasin
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1519Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeksripsikan diimplementasikan inovasi pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning yang dikombinasikan dengan Realistic Mathematic Education dan Pair Check. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di SDN Pemurus Luar satu Banjarmasin pada tahun ajaran dua ribu dua puluh tiga dua ribu dua puluh empat, melibatkan dua puluh dua siswa kelas lima B. Data yang dikumpulkan terdiri dari data kualitatif melalui observasi aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran, serta data kuantitatif dari hasil tes tertulis siswa. Analisis data dilakukan dengan menghitung persentase dan indikator ketuntasan belajar yang telah ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pertemuan terakhir, aktivitas guru mencapai kriteria Sangat Baik, aktivitas siswa mencapai kriteria Sangat Aktif, kemampuan memecahkan masalah siswa mencapai kriteria Sangat Terampil, dan ketuntasan klasikal hasil belajar siswa mencapai kriteria ketuntasan klasikal.
Downloads
References
Afriani, D., & Prastitasari, H. (2023). Meningkatkan Aktivitas, Keterampilan Berpikir Kritis, Komunikasi, Dan Hasil Belajar Siswa Muatan Matematika Menggunakan Model Best Di Kelas Iv Sdn Antasan Besar 1 Banjarmasin.
Darmiyati, Adawiah, R., & Nur Silvia, D. (2023). Improving The Learning Outcomes Of Elementary School. Jurnal of Research Administration, 5(2), 11066–11075.
Darmiyati, & Elisa, S. (2018). J-Instech : Journal of Instructional Technology J-Instech : Journal of Tec Jurnal Teknologi Pendidikan Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Perkalian Dan Pembagian Pecahan Melalui Model Demonstrasi Kombinasi Dengan Problem Based Learning D. J-Instech: Journal of Instructional Technology, 1.
Darmiyati, & Hasanah, riwi noor. (2017). Penerapan Model Explicit Instruction Dikombinasikan Dengan Model Probing Prompting Dan Media Realita Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal VIDYA KARYA, 32, 139–147.
Fitrohoerani, D. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Vii Pada Materi Persamaan Linier Satu Variabel Tahun Pelajaran 2017- 2018. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 1(1), 45–55. https://doi.org/10.58344/jmi.v1i1.5
Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif. Wal Ashri Publishing. https://z-library.rs/book/11700142/8a7020/penelitian-kualitatif.html
Hardani, Auliya, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, F. E., Sukmana, J. D., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (H. Abadi (ed.)). CV. Pustaka Ilmu. https://books.google.co.id/books/about/Metode_Penelitian_Kualitatif_Kuantitatif.html?id=qijKEAAAQBAJ&redir_esc=y
Hijriati, P. R. (2021). Proses Belajar Anak Usia 0 Sampai 12 Tahun Berdasarkan Karakteristik Perkembangannya. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 152. https://doi.org/10.22373/bunayya.v7i1.9295
Purba, D., Zulfadli, & Lubis, R. (2021). Pemikiran George Polya Tentang Pemecahan Masalah. Mathematic Education Journal, 4(1), 25–31. http://journal.ipts.ac.id/index.php/
Russandi, L. (2020). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Menggunakan Model Improve, Kombinasi Course Review Horay Dan Student Facilitator And Explaining Kelas V Sdn Bawahan Selan 5 Kab. Banjar.
Sanjaya, W. (2013). Penelitian Pendidikan Jenis Metode dan Prosedur. Pranada Media Group.
Sintawati, M., Berliana, L., & Supriyanto, S. (2020). Real Mathematics Education (Rme) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran, 3(1), 26–33. https://doi.org/10.31604/ptk.v3i1.26-33
Suriansyah, A., Aslamiah, Sulaiman, & Noorhafizah. (2014). STRATEGI PEMBELAJARAN. Rajawali Pers.
Suriansyah, A., & Mahriati, S. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Konsep Sifat-Sifat Bangun Ruang Dengan Model Pembelajaran Two Stay Two Straydan Media Realia Siswa Kelas V Sdn Pengambangan 8 Kota Banjarmasin. 11, 5–10. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/paradigma/article/view/2689/2342
Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. KENCANA. https://books.google.co.id/books/about/Teori_Belajar_dan_Pembelajaran_di_Sekola.html?id=IeVNDwAAQBAJ&redir_esc=y
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2024 Wafiq Azizah, Darmiyati Darmiyati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).