Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Sekolah di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1514Abstract
Salah satu cara mewujudkan tenaga pendidikan yang profesional adalah dengan dukungan dari pihak yang mempunyai peran penting dalam hal ini adalah Kepala Sekolah. Tujuan penelitian adalah (1) Untuk mengetahui peran kepemimpinan Kepala Sekolah di SDN Bumijawa 01, (2) Untuk mengetahui seberapa besar peran LEMOS (leader, Edukator, Motivator, Supervisi) kepala sekolah terhadap peningkatan Mutu Sekolah SDN Bumijawa 01 dan (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan tantangan dalam meningkatkan Mutu Sekolah. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif tersebut dilakukan untuk memperoleh gambaran secara mendalam tentang implementasi leadership yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan kendala serta solusi menyelesaikannya di SDN Bumijawa 01 sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan mutu sekolah, baik mutu dalam bidang akademik maupun bidang nonakademik. Penelitian kualitatif ini berakar pada latar alamiah sebagai keutuhan, dan mengandalkan manusia sebagai alat penelitian.Jenis penelitian menggunakan jenis fenomenologi. Desain dalam penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sejauhmana peran Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan Mutu sekolahannya. Teknik penelitian meliputi, prapenelitian, menyusun instrumen dan melaksanakan pengumpulan data, menganalisis data dan mengecek keabsahan data. Teknik pengumpulan datanya Wawancara, Observasi dan Dokumentasi. Peran kepala sekolah memiliki kontribusi besar dalam menentukan keberhasilan sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Mutu pendidikan sendiri tidak lepas dari kerjasama semua pihak, oleh sebab itu kemampuan kepala sekolah dalam memotivasi dan melakukan inovasi di semua bidang pendidikan baik dalam kegiatan intra maupun ekstra sekolah menjadi bagian yang di prioritaskan, Kepala sekolah harus bertanggung jawab atas penyelenggaraan kegiatan pendidikan, administrasi pendidikan, pembinaan tenaga kependidikan lainnya, dan pendayagunaan serta pemiliharaan sarana dan prasarana. Mutu sekolah adalah kemampuan lembaga pendidikan dalam mendayagunakan sumber-sumber pendidikan untuk meningkatkan kemampuan belajar secara optimal. Dalam konteks pendidikan, pengertian kualitas atau mutu mengacu pada proses pendidikan dan hasil pendidikan. Kualitas sekolah merupakan kemampuan sekolah dalam mengembangkan ide dinamis yang meliputi input, process, output dan outcame. Beban kerja Kepala Sekolah untuk melaksanakan tugas pokok manajerial, pengembangan kewirausahaan, dan supervisi kepada Guru dan tenaga kependidikan. Kepala sekolah berperan sebagai EMASLIM (Educator/pendidik, Manajer /pengelola
Downloads
References
Creswell W John. (2009). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan
Mixed. Yogyakarta. Pustaka Pelajar
Moleong Lexy J (2011). Metodologi Penelitian Kualitataf. Bandung; PT Remaja Rosdakarya
Wahyudin. 2018. Manajemen Mutu Sekolah di Era Otonomi Pendidikan. Jogjakarta: IRCisoD.
Faisal, Abdullah, (2012), “Impact of Educational Leadership on Institutional
Performance in Pakistan”, Jurnal Volume. 2 No. 1, 1 Maret 2016
Handoyo, Seger, (2010), “Pengukuran Servant Leader Sebagai Alternatif
Kepemimpinan di Institusi Pendidikan Tinggi Pada Masa Perubahan Organisasi”, Jurnal Volume. 14 No. 2, 1 Maret 2016
Mulyasa, E. (2007). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung ; PT Remaja
Rosdakarya
Nashor Fuad. (2009). Psikologi Kepemimpinan. Yogyakarta; Pustaka Fahima
Pemadi
Dadi, Arifin Daeng. (2002). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah
Dan Komite Sekolah. Bandung; PT Sarana Panca Karya Nusa
Purwanto Ngalim. (1987). Administrasi Dan Supervisi Pendidikan. Bandung; PT
Rosdakarya
Rohiat. (2010). Manajemen Sekolah Teori Dasar dan Praktek. Bandung; PT
Refika Aditama
Siagian, P Sondang. (2010). Teori dan Praktek Kepemimpinan. Jakarta; Rineka
Karya
Munir (2018). Peran Kepala Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
A.Y. Soegeng Ysh. dan Ghufron Abdullah 2018. Kepala Sekolah Teacher, Leader, dan Manager. Magnum Pustaka Utama.Salakan, Bangunharjo, Sewon, Bantul, DI Yogjakarta
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2024 Endang Sulistiyarini, Sitti Hartinah, Burhan Eko Purwanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).