Penerapan Pola Asuh Berbasis Kearifan Lokal Madura “Ter ater” untuk Meningkatkan Sosial Emosional Anak Usia Dini

Authors

  • Syarofa Aurora Angelina Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas PGRI Argopuro Jember, Indonesia
  • Asri Widiatsih Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas PGRI Argopuro Jember, Indonesia
  • Syamsul Muarif Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas PGRI Argopuro Jember, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1513

Keywords:

Ter-ater, Kearifan Lokal Madura, Sosial Emosional

Abstract

Fokus penelitian ini untuk mengetahui kearifan lokal Madura yang diterapkan pada pola asuh, implementasi pola asuh berbasis kearifan lokal Madura oleh wali murid di PAUD Darul Mukhlisin serta untuk mengetahui apakah pola asuh berbasis kearifan lokal Madura dapat meningkatkan sosial emosional anak usia dini di PAUD Darul Mukhlisin. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti juga menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sehingga dari penelitian ini menunjukkan hasil bahwa wali murid di PAUD Darul Mukhlisin memberikan pola asuh berbasis kearifan lokal Madura dengan budaya ter-ater. Penerapan yang dilakukan dengan mengenalkan sejak dini dan melibatkan langsung anak dalam budaya ter-ater. Pola asuh tersebut dapat dengan baik meningkatkan sosial emosional anak, membentuk karakter anak, percaya diri, berani, dan baik dalam bersosialisasi dengan orang lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adwiah, A. R., & Diana, R. R. (2023). Strategi Orang Tua dalam Mengatasi Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2463–2473. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3700

Alam, L., Judijanto, L., Utomo, J., & Ferian, F. (2024). Pentingnya Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak. JIP, 2(2), 334–343.

Amalia, R., Sa’idah, A. Y. N., & Alim, M. L. (2024). Pelatihan Terapi Bermain Peran Dengan Kearifan Budaya Batobo Dalam Peningkatkan Perkembangan Sosial Emosional pada Anak Usia Dini di Kabupaten Kampar. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Pendidikan dan Teknologi Masyarakat, 2(2), 103-108.

Ambariani, A., & Rakimahwati, R. (2023). Pengaruh Pola Asuh Orangtua terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 6065–6073. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.4326

Annisa, N., Padilah, N., Rulita, R., & Yuniar, R. (2022). Dampak Gadget Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(9), 837–849. https://doi.org/10.36418/japendi.v3i9.1159

Aulia, D., & Sudaryanti, S. (2023). Peran Permainan Tradisional dalam Meningkatkan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4565–4574. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4056

Bahri, S., & Lestari, ET (2020). Implementasi Nilai Peduli Sosial Melalui Tradisi Ter-Ater Masyarakat Suku Madura Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di MTs Al Iklas Kuala Mandor B. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan , 10 (2), 187-198.

Devina, F., Nurdin, E. S., Ruyadi, Y., Kosasih, E., & Nugraha, R. A. (2023). Penguatan Karakter Pancasila Anak Usia Dini melalui Kearifan Budaya Lokal: Sebuah Studi Literatur. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 6259–6272. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.4984

Dhiu, K. D., & Fono, Y. M. (2022). Pola Asuh Orang tua terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini. EDUKIDS: Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 56-61.

Dhiu, K. D., Fono, Y. M., Ngao, T., & Rita, F. (2023). Optimasi Pola Pengasuhan Orang Tua: Fondasi Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7204–7213. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5673

Fatmawati, E., Ismaya, E. A., & Setiawan, D. (2021). Pola Asuh Orang Tua Dalam Memotivasi Belajar Anak Pada Pembelajaran Daring. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 104–110. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.871

Kastori, Rina. (2020). Globalisasi Budaya dan Upaya Menghadapinya. Kompas.com. Diakses pada 29 Februari 2024, dari https://www.kompas.com/skola/read/2022/10/23/103000669/globalisasi-bidang-budaya-dan-upaya-menghadapinya?page=all.

Kebudayaan, J., Keagamaan, D., Agama, R., Lokal, K., Holis, K., & Silvia, A. (2024). Al-Adabiya The Relation of Religion and Local Wisdom in Ter-Ater Tradition in Pamekasan, Indonesia. 19(1). https://doi.org/10.37680/adabiya.v19i1.3702

Khairun Nisa, S., & Abdurrahman, Z. (2023). Pola Asuh Orang Tua dalam Pelaksanaan Ibadah Sholat Anak. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 517–527. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.260

Latif, M. A., Sunan, U., Yogyakarta, K., Ariani, E. C., & Manjorang, B. (2021). Proceedings of The 5 th Annual Conference on Islamic Early Childhood Education Etno Parenting for Child: Bagaimana Budaya di Madura? http://conference.uin-suka.ac.id/index.php/aciece/index

Makki, M. I., & Aflahah, A. (2023). Kecerdasan Sosial dalam Perpektif Budaya Madura.

Rakhma Ardhiani, N., & Darsinah, D. (2023). Strategi Pengembangan Perilaku Prososial Anak dalam Menunjang Aspek Sosial Emosional. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 540–550. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.263

Rijali, A. (2018). Analisis data kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81-95.

Rummar, M. (2022). Kearifan Lokal dan Penerapannya di Sekolah. Jurnal Syntax Transformation, 3(12), 1580–1588. https://doi.org/10.46799/jst.v3i12.655

Shaleh, M. (2023). Pola Asuh Orang Tua dalam Mengembangkan Aspek Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 86–102. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.144

Widiatsih, A. (2021). Reformasi pendidikan berbasis budaya lokal. Deepublish.

Yanti Lubis, Mira, Yanti Lubis Sekolah Tinggi Agama Islam Barumun Raya Sibuhuan, M., & Utara, S. (2019). MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI MELALUI BERMAIN. In Anak Usia Dini (Vol. 2, Issue 1).

Yuliana, V., Agustin Amalia, I., Studi Bimbingan Konseling Islam, P., Ushuluddin Adab dan Dakwah, F., & Syekh Nurjati Cirebon, I. (2021). Pola Asuh Orang Tua pada Perilaku Sosial Anak Kelas IV Madrasah Diniyah Al-Kautsar Kabupaten Kuningan. Prophetic: Professional, Empathy and Islamic Counseling Journal, 4(2), 221–232. http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/prophetic

Downloads

Published

2024-09-01

How to Cite

Angelina, S. A., Widiatsih, A., & Muarif, S. (2024). Penerapan Pola Asuh Berbasis Kearifan Lokal Madura “Ter ater” untuk Meningkatkan Sosial Emosional Anak Usia Dini . Journal of Education Research, 5(4), 4304–4314. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1513

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check