Penerapan Pola Asuh Berbasis Kearifan Lokal Madura “Ter ater” untuk Meningkatkan Sosial Emosional Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1513Keywords:
Ter-ater, Kearifan Lokal Madura, Sosial EmosionalAbstract
Fokus penelitian ini untuk mengetahui kearifan lokal Madura yang diterapkan pada pola asuh, implementasi pola asuh berbasis kearifan lokal Madura oleh wali murid di PAUD Darul Mukhlisin serta untuk mengetahui apakah pola asuh berbasis kearifan lokal Madura dapat meningkatkan sosial emosional anak usia dini di PAUD Darul Mukhlisin. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti juga menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sehingga dari penelitian ini menunjukkan hasil bahwa wali murid di PAUD Darul Mukhlisin memberikan pola asuh berbasis kearifan lokal Madura dengan budaya ter-ater. Penerapan yang dilakukan dengan mengenalkan sejak dini dan melibatkan langsung anak dalam budaya ter-ater. Pola asuh tersebut dapat dengan baik meningkatkan sosial emosional anak, membentuk karakter anak, percaya diri, berani, dan baik dalam bersosialisasi dengan orang lain.
Downloads
References
Adwiah, A. R., & Diana, R. R. (2023). Strategi Orang Tua dalam Mengatasi Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2463–2473. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3700
Alam, L., Judijanto, L., Utomo, J., & Ferian, F. (2024). Pentingnya Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak. JIP, 2(2), 334–343.
Amalia, R., Sa’idah, A. Y. N., & Alim, M. L. (2024). Pelatihan Terapi Bermain Peran Dengan Kearifan Budaya Batobo Dalam Peningkatkan Perkembangan Sosial Emosional pada Anak Usia Dini di Kabupaten Kampar. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Pendidikan dan Teknologi Masyarakat, 2(2), 103-108.
Ambariani, A., & Rakimahwati, R. (2023). Pengaruh Pola Asuh Orangtua terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 6065–6073. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.4326
Annisa, N., Padilah, N., Rulita, R., & Yuniar, R. (2022). Dampak Gadget Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(9), 837–849. https://doi.org/10.36418/japendi.v3i9.1159
Aulia, D., & Sudaryanti, S. (2023). Peran Permainan Tradisional dalam Meningkatkan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4565–4574. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4056
Bahri, S., & Lestari, ET (2020). Implementasi Nilai Peduli Sosial Melalui Tradisi Ter-Ater Masyarakat Suku Madura Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di MTs Al Iklas Kuala Mandor B. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan , 10 (2), 187-198.
Devina, F., Nurdin, E. S., Ruyadi, Y., Kosasih, E., & Nugraha, R. A. (2023). Penguatan Karakter Pancasila Anak Usia Dini melalui Kearifan Budaya Lokal: Sebuah Studi Literatur. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 6259–6272. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.4984
Dhiu, K. D., & Fono, Y. M. (2022). Pola Asuh Orang tua terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini. EDUKIDS: Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 56-61.
Dhiu, K. D., Fono, Y. M., Ngao, T., & Rita, F. (2023). Optimasi Pola Pengasuhan Orang Tua: Fondasi Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7204–7213. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5673
Fatmawati, E., Ismaya, E. A., & Setiawan, D. (2021). Pola Asuh Orang Tua Dalam Memotivasi Belajar Anak Pada Pembelajaran Daring. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 104–110. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.871
Kastori, Rina. (2020). Globalisasi Budaya dan Upaya Menghadapinya. Kompas.com. Diakses pada 29 Februari 2024, dari https://www.kompas.com/skola/read/2022/10/23/103000669/globalisasi-bidang-budaya-dan-upaya-menghadapinya?page=all.
Kebudayaan, J., Keagamaan, D., Agama, R., Lokal, K., Holis, K., & Silvia, A. (2024). Al-Adabiya The Relation of Religion and Local Wisdom in Ter-Ater Tradition in Pamekasan, Indonesia. 19(1). https://doi.org/10.37680/adabiya.v19i1.3702
Khairun Nisa, S., & Abdurrahman, Z. (2023). Pola Asuh Orang Tua dalam Pelaksanaan Ibadah Sholat Anak. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 517–527. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.260
Latif, M. A., Sunan, U., Yogyakarta, K., Ariani, E. C., & Manjorang, B. (2021). Proceedings of The 5 th Annual Conference on Islamic Early Childhood Education Etno Parenting for Child: Bagaimana Budaya di Madura? http://conference.uin-suka.ac.id/index.php/aciece/index
Makki, M. I., & Aflahah, A. (2023). Kecerdasan Sosial dalam Perpektif Budaya Madura.
Rakhma Ardhiani, N., & Darsinah, D. (2023). Strategi Pengembangan Perilaku Prososial Anak dalam Menunjang Aspek Sosial Emosional. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 540–550. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.263
Rijali, A. (2018). Analisis data kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81-95.
Rummar, M. (2022). Kearifan Lokal dan Penerapannya di Sekolah. Jurnal Syntax Transformation, 3(12), 1580–1588. https://doi.org/10.46799/jst.v3i12.655
Shaleh, M. (2023). Pola Asuh Orang Tua dalam Mengembangkan Aspek Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 86–102. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.144
Widiatsih, A. (2021). Reformasi pendidikan berbasis budaya lokal. Deepublish.
Yanti Lubis, Mira, Yanti Lubis Sekolah Tinggi Agama Islam Barumun Raya Sibuhuan, M., & Utara, S. (2019). MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI MELALUI BERMAIN. In Anak Usia Dini (Vol. 2, Issue 1).
Yuliana, V., Agustin Amalia, I., Studi Bimbingan Konseling Islam, P., Ushuluddin Adab dan Dakwah, F., & Syekh Nurjati Cirebon, I. (2021). Pola Asuh Orang Tua pada Perilaku Sosial Anak Kelas IV Madrasah Diniyah Al-Kautsar Kabupaten Kuningan. Prophetic: Professional, Empathy and Islamic Counseling Journal, 4(2), 221–232. http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/prophetic
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Syarofa Aurora Angelina, Asri Widiatsih, Syamsul Muarif

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).