Meningkatkan Kecerdasan Emosioanal melalui Teknik Assertive pada Siswa Kelas 2 SMA
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1512Keywords:
Kecerdasan Emosional, Teknik AssertiveAbstract
Kecerdasan emosional merupakan kemampuan penting yang membantu individu mengelola emosi dan membangun hubungan interpersonal yang sehat. Upaya peningkatan kecerdasan emosional melalui teknik assertive dilakukan untuk membantu siswa kelas 2 dalam mengembangkan keterampilan komunikasi yang efektif dan mengurangi konflik sosial di lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan Untuk meningkatkan kecerdasan emosional melalui teknik assertive pada siswa kelas 2 SMA Tarkeeyahtul Ummah School Thailand. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen, dengan desain Pre Eksperimen (pretest - perlakuan- posttest). Hasil pre-test menunjukkan rata-rata subjek penelitian 85,5 memiliki tingkat kecerdasan emosional yang Low Average (dibawah rata-rata), dan hasil posttest menunjukkan rata-rata subjek penelitian 110 memiliki tingkat kecerdasan emosional yang Average ( rata-rata).Hasil analisis uji t untuk menguji perbedaan rata-rata data pretest dan posttest dk = 6, α = 0,05 di peroleh t (hitung) = 11, 9598 > t (table)= 1, 94318, disimpulkan ada perbedaan secara signifikan rata-rata skor pretes dengan Rata-rata skor postes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara tingkat kecerdasan emosional siswa sebelum dan sesudah diberikan teknik assertive training. Kesimpulan meningkatnya tingkat kecerdasan emosional siswa kelas 2 SMA Tarkeeyahtul Ummah school Thailand dari kategori Law Average menjadi kategori Average melalui kegiatan layanan teknik assertive.
Downloads
References
Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain kuasi eksperimen dalam pendidikan: Literatur review. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3).
Aida, A. (2020). Efektivitas teknik assertive training untuk mengurangi konformitas pada siswa kelas viii di smpn 9 banjarmasin. Jurnal Pelayanan Bimbingan Dan Konseling, 3(1).
Alfandi, D., Fadillah, A. L., Gulo, E. M., Fauzan, T. R., & Aisyah, S. (2021). Efektivitas E-Learning dalam Pembelajaran pada Pelajar Siswa SMA Negeri 13 Medan. Kesatria: Jurnal Penerapan Sistem Informasi (Komputer Dan Manajemen), 2(4), 214–224.
Basaria, D. (2019). Gambaran Kecerdasan Emosi pada Remaja di Pulau Jawa dan Bali. Provitae: Jurnal Psikologi Pendidikan, 12(1), 83–103.
Burhanudin;Yusuf. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia (1st ed.). PT. Rajagrafindo Persada.
Ferisa, M., Rahmawati, R., & Arga, S. P. (2021). Pengembangan Buku Panduan Pelaksanaan Konseling Kelompok Dengan Teknik Assertive Training Untuk Meningkatkan Perilaku Asertivitas Siswa Korban Perundungan Siber. Jurnal Fokus Konseling, 7(2), 55–61.
Kusuma, A. H. P., Sudirman, A., Purnomo, A., Aisyah, S., Sahir, S. H., Rumondang, A., Salmiah, S., Halim, F., Wirapraja, A., & Napitupulu, D. (2020). Brand Management: Esensi, Posisi dan Strategi. Yayasan Kita Menulis.
Mangdalena, I., FatakhatusShodikoh, A., & Pebrianti, A. R. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sdn Meruya Selatan 06 Pagi. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 312–325.
Nasution, F. M., Nasution, H., & Harahap, A. M. (2023). Kecerdasan Emosional dalam Perspektif Daniel Goleman (Analisis Buku Emotional Intelligence). AHKAM, 2(3), 651–659.
Putri, M. P., Asrori, M., & Astuti, I. (2015). Korelasi Kecerdasan Emosional dengan Interaksi Sosial Siswa Kelas VII MTs Negeri 2 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 4(9).
Rahmi, N. (2016). Efektivitas Bimbingan Kelompok dengan Teknik Assertive Training untuk Meningkatkan Kompetensi Interpersonal Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Kandangan. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 6(1).
Ramadhani, R., & Aisyah, S. (2020). Students’ Mathematical Problem Abilities Improvement Using Blended Learning Reviewed From The Initial Ability of Students. Indonesian Journal of Education and Mathematical Science, 1(2), 92–99.
Revida, Erika; Aisyah, S. et all. (2021). Manajemen Pelayanan Publik (J. Karim, Abdul; Simarmata (ed.); 1st ed., p. 164). Yayasan Kita Menulis. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=ilssEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA69&ots=AijKnYbAD6&sig=7ATOUbfKCKSwgCILX1tCxINw7AM&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
Sahir, S. H., Hasibuan, A., Aisyah, S., Sudirman, A., Kusuma, A. H. P., Salmiah, S., Afriany, J., & Simarmata, J. (2020). Gagasan Manajemen. Yayasan Kita Menulis.
Sani, A., Aisyah, S., Budiyantara, A., Informatika, T., Grafika, T., Negeri, P., Kreatif, M., & Sosial, I. K. (2022). EXAMINING STUDENTS ’ BEHAVIORAL USE OF CAMPUS JOURNALS. 199–206.
Shohila, M. U., & Riswani, R. (2022). Efektivitas Bimbingan Kelompok dengan Teknik Asertif Training untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa. Jurnal Administrasi Pendidikan Dan Konseling Pendidikan, 3(1), 22–38.
Widiyanti, R. (2013). Penerapan Latihan Asertif untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Ngadirojo. State University of Surabaya.
Yunardi, Y. (2014). Sistem Pendidikan di Thailand. Kantor Atase Pendidikan, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Bangkok. Atdikbudbangkok. Org.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Ardiansyah Ramadhan, Sri Ngayomi, Fauzi Hasibuan, Mandra Saragih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).