Relevansi Nilai Pendidikan Karakter dalam Kitab Ta’limul Mutaallim dengan Profil Pelajar Pancasila
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1510Abstract
Pendidikan adalah proses untuk mencari jati diri agar menjadi manusia yang berpengetahuan dan berkarakter, Pondok Pesantren Maulana Ishaq memadukan Kitab Ta’lim Mutaalim dan Profil Pelajar Pancasila untuk memberikan pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pendidikan karakter berbasis Kitab Ta’lim Mutaallim dan Profil Pelajar Pancasila yang diterapkan Pondok Pesantren dan MA Vokasi Maulana Ishaq. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan sumber data dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data primer dan sekunder dianalisis menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Pendidikan karakter di Pondok Pesantren Maulana Ishaq diterapkan melalui program diniyah, ubudiyah, dan ro’an, sementara MA Vokasi Maulana Ishaq menghabituasikan pendidikan karakter melalui kegiatan ubudiyah dan menanam pohon. Faktor pendukung keberhasilan program ini adalah budaya pesantren yang kuat, hubungan baik antara lembaga dan masyarakat, serta peran kyai dan guru sebagai pusat pengetahuan yang dihormati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi Kitab Ta’lim Mutaallim dan Profil Pelajar Pancasila efektif dalam membentuk karakter siswa di Ponpes dan MA Vokasi Maulana Ishaq.
Downloads
References
Afipah, H., & Imamah, I. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila terhadap Enam Dimensi Karakter di PAUD. Journal of Education Research, 4(3), 1534–1542. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.456
Asimaki, A. (2014). Habitus: An Attempt at a Thorough Analysis of a Controversial Concept in Pierre Bourdieu’s Theory of Practice. Social Sciences, 3(4), 121. https://doi.org/10.11648/j.ss.20140304.13
Ayub, S., Rokhmat, J., Busyairi, A., & Tsuraya, D. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Sebagai Upaya Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 1001–1006. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1373
Az-Zarnuji, S. (2009). Terjemah Ta’lim Mutaallim (H. Abdullah (ed.)). Mutiara Ilmu Surabya.
Bourdieu, P. (2020). Pertanyaan-Pertanyaan Sosiologi (yusron (ed.)). Irchisod.
Crossley, N. (2013). Habit and Habitus. Body and Society, 19(2–3), 136–161. https://doi.org/10.1177/1357034X12472543
Fatkhurrozi, F., Shidiq, N., & Lailiyah, S. (2016). Konsep Pendidikan Karakter Perspektif Syekh Burhanuddin Az-Zarnuji dalam Kitab Ta’lim Muta’allim dan Relevansinya terhadap Pendidikan Islam Saat Ini. Jurnal Profesi Pendidikan Dan Keguruan ALPHATEACH, 1(2), 29–57. http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/1376/1/skripsi_Aisyah Kresnaningtyas 111-12-196.pdf
Idri Purbajati, H. (2019). Relevansi Kitab Ta’lim Muta’allim dengan Pendidikan Masa Kini (Tinjauan Faktor-faktor Pendidikan) (Issue 1).
Irfan Faruq. (2024). Nilai – nilai Pendidikan Akhlak pada Kitab Ta’lim Muta’allim dan Aktualisasinya terhadap Pendidikan Karakter di Indonesia. Bandung Conference Series: Islamic Education, 4(1), 448–452. https://doi.org/10.29313/bcsied.v4i1.12429
Julaeha, S. (2019). Problematika Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 157. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.367
Lutfi, I. A., & Pramono, D. (2023). Internalisasi Pendidikan Karakter dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. In Journal of Education Research (Vol. 4, Issue 3).
Marzuqi, A. (2022). Aqidatul Awam. Pustaka Zaidi.
Mushofa, M. (2023). Kandungan Kitab Ta’lim Muta’alim dan Relevansinya Dengan Pendidikan Kontemporer. Indonesian Journal of Education and Social Sciences, 2(1), 22–33. https://doi.org/10.56916/ijess.v2i1.355
Naim, A. (2022). Internalisasi Pendidikan Karakter melalui Pembelajaran kitab Ta’lim al-Mutallim di MA Nurul Muttaqin Wedi Kapas Bojonegoro. http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/5515
Pramono, D. (2018). The Authority of Kyai Toward the Santri: A Review of Gender Construction at Pondok Pesantren. Komunitas, 10(1), 92–100. https://doi.org/10.15294/komunitas.v10i1.8142
Ramadhan, & Haikal Rizki, A. A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Pondok Pesantren DDI Mangkoso. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 84–90. https://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/edium/article/view/7524/1758
Sa’diyah, B., Yusuf, M., & Roudhotul Jannah, S. (n.d.). Pendidikan Karakter dalam Kitab Ta’limul Muta’allim dan Relevansinya dengan Program Pendidikan Karakter di Indonesia. https://journal.stitmhpali.ac.id/index.php/ah
Salirawati, D. (2021). Identifikasi Problematika Evaluasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 4(1), 17–27. https://doi.org/10.24246/juses.v4i1p17-27
Syamsudin Abu Abdillah. (2020). Fathul Qarib (I. A. Zain (ed.)). DKI.
Wahyudi, R., Hariyati, N., & Mariana, N. (2024). Implementasi Manajemen Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMPN Kabupaten Magetan. 5(3), 3311–3317.
Yang, Y. (2014). Bourdieu, Practice and Change: Beyond the criticism of determinism. Educational Philosophy and Theory, 46(14), 1522–1540. https://doi.org/10.1080/00131857.2013.839375
Zainuri, A., Purnamasari, A., Meyrinda, J., Raden Fatah Palembang, U., & Sumatera Selatan, I. (2023). Pelaksanaan Kurikulun Merdeka belajar di Pondook Pesantren Latansa Palembang Darussalam. CENDEKIA : Jurnal Studi Keislaman, 9(1).
Zamhari, M., & Masamah, U. (2016). Relevansi Metode Pembentukan Pendidikan karakter dalam kitab ta’lim al-Muta’allim teRhadap dunia Pendidikan Modern (Vol. 11, Issue 2).
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Jauharul Ulum, Didi Pramono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).