Relevansi Nilai Pendidikan Karakter dalam Kitab Ta’limul Mutaallim dengan Profil Pelajar Pancasila

Authors

  • Jauharul Ulum Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, Universitas Negeri Semarang, Indonesia, Indonesia
  • Didi Pramono Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, Universitas Negeri Semarang, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1510

Abstract

Pendidikan adalah proses untuk mencari jati diri agar menjadi manusia yang berpengetahuan dan berkarakter, Pondok Pesantren Maulana Ishaq memadukan Kitab Ta’lim Mutaalim dan Profil Pelajar Pancasila untuk memberikan pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pendidikan karakter berbasis Kitab Ta’lim Mutaallim dan Profil Pelajar Pancasila yang diterapkan Pondok Pesantren dan MA Vokasi Maulana Ishaq. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan sumber data dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data primer dan sekunder dianalisis menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Pendidikan karakter di Pondok Pesantren Maulana Ishaq diterapkan melalui program diniyah, ubudiyah, dan ro’an, sementara MA Vokasi Maulana Ishaq menghabituasikan pendidikan karakter melalui kegiatan ubudiyah dan menanam pohon. Faktor pendukung keberhasilan program ini adalah budaya pesantren yang kuat, hubungan baik antara lembaga dan masyarakat, serta peran kyai dan guru sebagai pusat pengetahuan yang dihormati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi Kitab Ta’lim Mutaallim dan Profil Pelajar Pancasila efektif dalam membentuk karakter siswa di Ponpes dan MA Vokasi Maulana Ishaq.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afipah, H., & Imamah, I. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila terhadap Enam Dimensi Karakter di PAUD. Journal of Education Research, 4(3), 1534–1542. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.456

Asimaki, A. (2014). Habitus: An Attempt at a Thorough Analysis of a Controversial Concept in Pierre Bourdieu’s Theory of Practice. Social Sciences, 3(4), 121. https://doi.org/10.11648/j.ss.20140304.13

Ayub, S., Rokhmat, J., Busyairi, A., & Tsuraya, D. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Sebagai Upaya Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 1001–1006. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1373

Az-Zarnuji, S. (2009). Terjemah Ta’lim Mutaallim (H. Abdullah (ed.)). Mutiara Ilmu Surabya.

Bourdieu, P. (2020). Pertanyaan-Pertanyaan Sosiologi (yusron (ed.)). Irchisod.

Crossley, N. (2013). Habit and Habitus. Body and Society, 19(2–3), 136–161. https://doi.org/10.1177/1357034X12472543

Fatkhurrozi, F., Shidiq, N., & Lailiyah, S. (2016). Konsep Pendidikan Karakter Perspektif Syekh Burhanuddin Az-Zarnuji dalam Kitab Ta’lim Muta’allim dan Relevansinya terhadap Pendidikan Islam Saat Ini. Jurnal Profesi Pendidikan Dan Keguruan ALPHATEACH, 1(2), 29–57. http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/1376/1/skripsi_Aisyah Kresnaningtyas 111-12-196.pdf

Idri Purbajati, H. (2019). Relevansi Kitab Ta’lim Muta’allim dengan Pendidikan Masa Kini (Tinjauan Faktor-faktor Pendidikan) (Issue 1).

Irfan Faruq. (2024). Nilai – nilai Pendidikan Akhlak pada Kitab Ta’lim Muta’allim dan Aktualisasinya terhadap Pendidikan Karakter di Indonesia. Bandung Conference Series: Islamic Education, 4(1), 448–452. https://doi.org/10.29313/bcsied.v4i1.12429

Julaeha, S. (2019). Problematika Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 157. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.367

Lutfi, I. A., & Pramono, D. (2023). Internalisasi Pendidikan Karakter dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. In Journal of Education Research (Vol. 4, Issue 3).

Marzuqi, A. (2022). Aqidatul Awam. Pustaka Zaidi.

Mushofa, M. (2023). Kandungan Kitab Ta’lim Muta’alim dan Relevansinya Dengan Pendidikan Kontemporer. Indonesian Journal of Education and Social Sciences, 2(1), 22–33. https://doi.org/10.56916/ijess.v2i1.355

Naim, A. (2022). Internalisasi Pendidikan Karakter melalui Pembelajaran kitab Ta’lim al-Mutallim di MA Nurul Muttaqin Wedi Kapas Bojonegoro. http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/5515

Pramono, D. (2018). The Authority of Kyai Toward the Santri: A Review of Gender Construction at Pondok Pesantren. Komunitas, 10(1), 92–100. https://doi.org/10.15294/komunitas.v10i1.8142

Ramadhan, & Haikal Rizki, A. A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Pondok Pesantren DDI Mangkoso. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 84–90. https://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/edium/article/view/7524/1758

Sa’diyah, B., Yusuf, M., & Roudhotul Jannah, S. (n.d.). Pendidikan Karakter dalam Kitab Ta’limul Muta’allim dan Relevansinya dengan Program Pendidikan Karakter di Indonesia. https://journal.stitmhpali.ac.id/index.php/ah

Salirawati, D. (2021). Identifikasi Problematika Evaluasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 4(1), 17–27. https://doi.org/10.24246/juses.v4i1p17-27

Syamsudin Abu Abdillah. (2020). Fathul Qarib (I. A. Zain (ed.)). DKI.

Wahyudi, R., Hariyati, N., & Mariana, N. (2024). Implementasi Manajemen Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMPN Kabupaten Magetan. 5(3), 3311–3317.

Yang, Y. (2014). Bourdieu, Practice and Change: Beyond the criticism of determinism. Educational Philosophy and Theory, 46(14), 1522–1540. https://doi.org/10.1080/00131857.2013.839375

Zainuri, A., Purnamasari, A., Meyrinda, J., Raden Fatah Palembang, U., & Sumatera Selatan, I. (2023). Pelaksanaan Kurikulun Merdeka belajar di Pondook Pesantren Latansa Palembang Darussalam. CENDEKIA : Jurnal Studi Keislaman, 9(1).

Zamhari, M., & Masamah, U. (2016). Relevansi Metode Pembentukan Pendidikan karakter dalam kitab ta’lim al-Muta’allim teRhadap dunia Pendidikan Modern (Vol. 11, Issue 2).

Downloads

Published

2024-08-28

How to Cite

Ulum, J., & Pramono, D. (2024). Relevansi Nilai Pendidikan Karakter dalam Kitab Ta’limul Mutaallim dengan Profil Pelajar Pancasila. Journal of Education Research, 5(3), 4206–4220. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1510

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check