Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Karir pada Siswa SMK
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1503Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan karir pada siswa SMK Muhammadiyah 1 Temanggung, baik faktor internal maupun eksternal, serta menganalisis interaksi antara faktor-faktor tersebut. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, penelitian ini melibatkan 69 siswa kelas XII dari berbagai jurusan di SMK Muhammadiyah 1 Temanggung. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat dan bakat merupakan faktor dominan dalam pemilihan karir, dengan 68,1% siswa memilih karir berdasarkan minat dan bakat mereka. Orang tua juga berperan signifikan dalam keputusan karir siswa dengan 15,9% pengaruh. Faktor eksternal lainnya termasuk informasi tentang dunia kerja, pengaruh teman sebaya, saran guru, dan lokasi pekerjaan. Temuan ini sejalan dengan teori Holland yang menekankan pentingnya kesesuaian antara tipe kepribadian individu dan lingkungan kerja. Penelitian ini menyarankan pentingnya bimbingan karir di sekolah untuk membantu siswa membuat keputusan karir yang lebih terinformasi dan matang.
Downloads
References
Amalia, Z., Fauzi, A., & Mardi, M. (2021). Pengaruh Penghargaan Finansial, Pertimbangan Pasar Kerja, dan Lingkungan Kerja Terhadap Pemilihan Karir Sebagai Akuntan Pada Mahasiswa Akuntansi Di Jakarta. Jurnal Ilmiah Edunomika, 5(02), 731-745.
Asri, R., Yusuf, A. M., & Afdal, A. (2021). Peningkatan Kematangan Karir Siswa Dengan Teori Holland. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 6(2), 121-132.
Brown, S. D., & Lent, R. W. (2012). Career development and counseling: Putting theory and research to work: John Wiley & Sons.
Diananda, A. (2019). Psikologi remaja dan permasalahannya. ISTIGHNA: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 1(1), 116-133.
Fadli, R. P., Alizamar, A., & Afdal, A. (2017). Persepsi siswa tentang kesesuaian perencanaan arah karir berdasarkan pilihan keahlian siswa sekolah menengah kejuruan. Konselor, 6(2), 74-82.
Fatimah, N. A. S., Wahyuni, S., & Mahidin, M. (2023). Pengaruh guru BK dengan layanan informasi terhadap pemilihan karir di kelas XII di SMK Imelda Medan ta 2022/2023. LOKAKARYA, 2(1), 17-27.
Fatimah, S. (2020). Implementasi Layanan Bimbingan Karir Menggunakan Teori Donald E. Super Pada Siswa Kelas X MAS PAB I Sampali. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Holland, J. L. (1997). Making vocational choices: A theory of vocational personalities and work environments: Psychological Assessment Resources.
Hurlock, E. B. (1980). Edisi kelima. Psikologi Perkembangan (suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan). Jakarta: Erlangga.
Hurlock, E. B. (2011). Perkembangan Anak (Erlangga: Erlanggsa.
Juwitaningrum, I. (2013). Program bimbingan karir untuk meningkatkan kematangan karir siswa SMK. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan dan Konseling, 2(2), 132-147.
Lubis, A. I., Mahidin, M., & Syukri, M. (2024). Pengaruh Bimbingan Karir Terhadap Kemantapan Keputusan Karir Siswa Kelas XII SMK Swasta Bandung 1. Maisyatuna, 5(1), 30-38.
Maslihah, S. (2009). Peran Pelatihan Orientasi Karir Dalam Meningkatkan Pengetahuan Orientasi Karir Remaja Kelas X SMAN 4 Bandung. Tesis.
Moleong, L. J. (2007). Metodologi penelitian kualitatif edisi revisi.
Noor, T. R. (2019). Remaja dan Pemahaman Agama. Vicratina: Jurnal Ilmiah Keagamaan, 3(2), 54-70.
Nurmalasari, Y., & Erdiantoro, R. (2020). Perencanaan Dan Keputusan Karier: Konsep Krusial Dalam Layanan BK Karier. Quanta, 4(1), 44-51.
Risqiyain, L. H., & Purwanta, E. (2024). Pengembangan multimedia interaktif informasi karier untuk meningkatkan kematangan karier siswa sekolah menengah kejuruan. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 4(3), 14.
Rosyidah, H. F. (2024). Konsep Diri Masa Remaja Akhir Dalam Pengambilan Keputusan Karier Siswa Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8(2), 571-580.
Santika, A., Simanjuntak, E. R., Amalia, R., & Kurniasari, S. R. (2023). Peran pendidikan sekolah menengah kejuruan dalam memposisikan lulusan siswanya mencari pekerjaan. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 14(1), 84-94.
Sari, A. K., Yusuf, A. M., Iswari, M., & Afdal, A. (2021). Analisis teori karir krumboltz: Literature Review. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 12(1).
Sari, M., & Khairuddin, K. (2024). Mekanisme perencanaan studi lanjut siswa madrasah aliyah swasta persiapan Medan. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(2), 40-55.
Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Super, D. E. (1980). A life-span, life-space approach to career development. Journal of vocational behavior, 16(3), 282-298.
Winkel, W. (2021). Bimbingan dan konseling di institusi pendidikan.
Yenes, E., Afdal, A., & Yusuf, A. M. (2021). Bimbingan Karir Bagi Siswa SMK Sebagai Persiapan Memasuki Dunia Kerja. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 6(2), 95-101.
Yuniar, A., & Winingsih, E. (2023). Pengaruh Status Ekonomi Orang Tua dan Efikasi Diri Terhadap Pengambilan Keputusan Karir Siswa Kelas X di SMK Negeri 2 Kota Mojokerto.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Hariyanto Hariyanto, Tri Kuat, Suprap Suprap, Arif Nur Rohmad, Ali Nur Faizin, Hadi Hadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).