Pengaruh Kepemimpinan, Iklim Sekolah, Motivasi, terhadap Kinerja dan Disiplin Guru

Authors

  • Hamzah Hamzah Universitas Katholik Widya Mandira Kupang, Indonesia
  • Henny A Manafe Universitas Katolik Widya Mandira Kupang, Indonesia
  • Agapitus H Kaluge Universitas Katolik Widya Mandira Kupang, Indonesia
  • Simon S Niha Universitas Katolik Widya Mandira Kupang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1499

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah, iklim sekolah, dan motivasi kerja terhadap kinerja guru dengan disiplin kerja sebagai variabel intervening. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode angket yang berisi daftar pernyataan mengenai setiap variabel yang diteliti. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh sebanyak enam puluh responden. Analisis data pada penelitian ini menggunakan program SmartPLS empat titik nol. Pengujian hipotesis dengan pendekatan PLS, dilakukan dengan dua tahap, yaitu pengujian outer model dan inner model. Penelitian ini menggunakan metode analisis survei.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: gaya kepemimpinan Kepala MAN Kota Kupang berpredikat cukup, iklim sekolah MAN Kota Kupang berpredikat cukup, motivasi kerja pada MAN Kota Kupang berpredikat cukup, kinerja guru MAN Kota Kupang berpredikat baik, gaya kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru, iklim sekolah berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru, motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru, gaya kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh signifikan terhadap disiplin kerja, iklim sekolah berpengaruh signifikan terhadap disiplin kerja, motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap disiplin kerja, disiplin kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru, gaya kepemimpinan kepala sekolah, iklim sekolah, motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru melalui disiplin kerja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adinata, U. W. (2015). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Motivasi, dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan KJKS BMT Tamzis Bandung. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Entrepreneurship vol 9 no. 2.

Arikunto S. 2013. “Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik”. Jakarta: Rineka Cipta

Baihaqi, M. I. (2015). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru di MA Ma’arif Selorejo Blitar. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan & Pembelajaran, 7(2), 97–106. https://doi.org/10.30957/konstruk.v7i2.14

Biget S. A, Varone F, Giauque D, Ritz A. 2010. “Motivationg Employees of the Public Sector: Does Public Service Motivation Matter? International Public Management Journal, 13 (3), 213-246”

Buku Kepemimpinan Pendidikan_ALL.pdf. (n.d.).

Caksana, N. P. E. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru dengan Motivasi Kerja sebagai Variabel Intervening pada SMAN 1 Tulungagung. 4(1).

C.H Dethan, S., E. H. J. Foeh, J., & A. Manafe, H. (2023). Pengaruh Motivasi, Lingkungan Kerja, dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Pegawai Melalui Kepuasan Kerja sebagai Variabel Mediasi (Kajian Studi Literatur Manajemen Sumber Daya Manusia). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 4(4), 675–687. https://doi.org/10.31933/jemsi.v4i4.1460

Dwapatesty, E., Gistituati, N., & Rusdinal, R. (2021). Hubungan Gaya Kepemimpinan Karismatik terhadap Motivasi Kerja Guru. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), 3000–3006. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1001

Fareira, C., & Ar, H. (2024). Disiplin Kerja Memediasi Reward Dan Punishment Terhadap Kinerja Karyawan Di Ulaam Sukajadi. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik, 11(2), 462–474. https://doi.org/10.37606/publik.v11i2.1159

Hasibuan, SP Melayu, 2012. “Manajemen Sumber Daya Manusia”. Bumi Aksara, edisi ketiga. Jakarta.

Husaini Usman, 2011, Manajemen teori, Praktik, dan Riset Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara

Jasmani & Syaiful, Mustofa. 2013. Supervisi Pendidikan: Terobosan Baru dalam Peningkatan Kinerja Pengawas Sekolah dan Guru. Yogyakarta: Ar-. Ruzz.

Kartono, Kartini. “ Pemimpin dan Kepemimpinan”. Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2010.

Kosasih, N. (2024). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Disiplin Kerja Guru terhadap Kinerja Guru. 4.

Muhammad Jamil. (2019). Analisis Pengaruh Komitmen, Lingkungan Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Pasaman Barat. Majalah Ilmiah UPI YPTK, 33–43. https://doi.org/10.35134/jmi.v26i1.20

Rahmah, D. A., & Syahputra, S. (2024). Penerapan Model Kirkpatrick Untuk Mengevaluasi Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan PT Telkom Indonesia. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik, 11(2), 713–727. https://doi.org/10.37606/publik.v11i2.1124

Rivai V, Mulyadi D. 2011. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Robbins, Stephen P. 2001, “Perilaku Organisasi “, Jilid 1, Prehallindo, Jakarta,.

Rohmana, 2013, “ Ekometrika (Teori dan Aplikasi dengan Eviews” , Lab. Ekonomi dan Koperasi, Bandung.

Rukmana, A. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 9(1), 81–98. https://doi.org/10.32670/coopetition.v9i1.54

Sare, M. S. (2023). Analisis Pengaruh Kepemimpinan, Lingkungan Kerja dan Komunikasi Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil Melalui Disiplin Kerja Sebagai Variabel Intervening (Kajian Studi Literatur Manajemen Sumber Daya Manusia). 4(4).

Santoso, 2012. “ Panduan Lengkap SPSS Versi 20”, PT Alex Media Komputindo, Jakarta.

Sedarmayanti. 2001. “Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja”. Jakarta: Mandar Maju

Sedarmayanti. 2011, “ Manajemen Sumber Daya Manusia dan Produktifitas Kerja”. Mandar Maju, Bandung,

Setyawati, N. R. (n.d.). Peran Guru Dalam Menumbuhkan Minat Membaca Dan Menulis Braille Pada Siswa Tunanetra.

Sugiyono. 2017. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D”. Cetakan ke-25. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2009. “ Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kunatitatif, Kualitatif, dan R & D”, Alfabeta, Bandung.

Umam, Khaerul. 2010, “Perilaku Organisasi”. Pustaka Setia, Bandung.

Usman, H. 2009. “Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan”. Jakarta: Bumi Aksara

Usman Moch Uzer, 2009, “ Menjadi Guru Profesional”, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Widarjono Agus, 2007, “Ekonometrika Teori dan Aplikasi”, Ekonisia FE UII, Yokyakarta.

Winardi, 1986, “ Pengantar Teori Sistem dan Analisis Sistem”, Mandar Maju, Bandung

Winardi, 2002, “Motivasi dan Pemotivasian dalam Manajemen”, PT Grafindo Persada, Jakarta.

Yamin M, 2006. “Desai Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan”, Gaung Persana Perss, Jakarta.

Yuliejantiningsih Y, 2012. “ Pengaruh Iklim Sekolah. Beban Tugas, Motivasi Berprestasi dan Kepuasan Kerja Guru dengan Kinerja Guru SD”, Jurnal Manajemen Pendidikan.

Downloads

Published

2024-08-27

How to Cite

Hamzah, H., Manafe, H. A., Kaluge, A. H., & Niha, S. S. (2024). Pengaruh Kepemimpinan, Iklim Sekolah, Motivasi, terhadap Kinerja dan Disiplin Guru. Journal of Education Research, 5(3), 4192–4205. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1499

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check