Analisis Butir Soal Asesmen Sumatif Akhir Semester Fikih di Madrasah Tsanawiyah

Authors

  • Febrilia Khoiri Dewi Azizah Pendidikan Agama Islam, Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta, Indonesia
  • Joko Subando Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1498

Keywords:

analisis soal, asesmen sumatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa sukar butir soal, mengetahui daya beda soal dan mengetahui keberfungsian distraktor butir soal fikih pada siswa Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Blimbing, Wonorejo, Polokarto, Sukoharjo. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah 26 siswa kelas VIII. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori tes klasik dengan bantuan Anates V4. Hasil penelitian menunjukkan: tingkat kesukaran soal asesmen masih belum ideal karena lebih didominasi kategori soal mudah, dari daya pembedanya, soal asesmen ini tidak baik dan perlu untuk direvisi/tidak digunakan pada tes selanjutnya, dan efektivitas pengecoh soal ini lebih didominasi dengan pengecoh yang tidak berfungsi. Soal ini tergolong soal yang mudah dan tidak menantang bagi peserta didik dan perlu dilakukan perbaikan pada kualitas soal, khususnya dalam hal daya pembeda dan efektivitas pengecoh untuk meningkatkan kualitas penilaian. Analisis butir soal membantu meningkatkan efektivitas dan keadilan evaluasi pendidikan serta mendukung pengembangan profesional guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Asysyahru, W. (2020). Analisis Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) Mata Pelajaran Fikih Kelas IX di Madrasah Aliyah NU Salafiyah Kenduren Tahun Pelajaran 2019/2020 [Skripsi Sarjana, Dipublikasikan].

Al-Fathiyah, Fathimah, S. (2019). Analisis Butir Soal Pelajaran Bahasa Arab. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 4(1), 76–100.

Ardiansyah. (2022). Analisis Butir Soal Tes Uraian pada Mata Pelajaran SKI Kelas IX MTsS TI Candung Tahun Ajaran 2020/2021. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 11(1), 1–8. https://doi.org/10.58230/27454312.113

Fiska, J. M., Hidayati, Y., Qomaria, N., & Hadi, W. P. (2021). Analisis Butir Soal Ulangan Harian Ipa Menggunakan Software Anates Pada Pendekatan Teori Tes Klasik. Natural Science Education Research, 4(1), 65–76. https://doi.org/10.21107/nser.v4i1.8133

Halik, A. S., Mania, S., & Nur, F. (2019). Analisis Butir Soal Ujian Akhir Sekolah (Uas) Mata Pelajaran Matematika Pada Tahun Ajaran 2015/2016 Smp Negeri 36 Makassar. Al Asma : Journal of Islamic Education, 1(1), 11. https://doi.org/10.24252/asma.v1i1.11249

Juafsan Liadia Cici, Tuti Sarwita, dan Irfandi, U. B. B. G. (2022). Survei Tingkat Presepsi Guru dan Orang Tua Terhadap Pembelajaran Daring (Terhadap Jaringan) Selama Covid 19 Pada SMA 1 Baitusalam Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 3(2).

Nilmasari, N. (2014). Memahami Studi Dokumen Dalam Penelitian Kualitatif. Wacana, 13(2), 1–5.

Rahmaini, A., & Taufiq, A. N. (2018). Analisis Butir Soal Pendidikan Agama Islam Di SMK N 1 Sedayu Tahun Ajaran 2017/2018 (Analisis Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda dan Fungsi Distraktor pada Soal Pilihan Ganda Kelas XI). Jurnal Mudarrisuna, 8(1), 1–24. https://www.jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/mudarrisuna/article/view/2787

Rishan, M., & Sulaiman, S. (2023). Analisis Butir Soal Tipe Multiple Choice Ujian Akhir Semester Ganjil Kelas X Tahun Ajaran 2022/2023 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Padang. Islamika, 5(3), 981–997. https://doi.org/10.36088/islamika.v5i3.3517

Rusmayani. (2020). Analisis Butir Soal Penilaian Akhir Semester Genap Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Bintang Persada Tabanan-Bali. Widya Balina, 5(1), 41–49. https://doi.org/10.53958/wb.v5i1.50

Subando, J. (2021). Teknik Analisis Data Kuantitatif Teori dan Aplikasi dengan SPSS. Lakeisha.

Sukiman. (2012). Pengembangan Sistem Evaluasi. Insan Madani.

Sulistiawan, C. H. (2016). Kualitas Soal Ujian Sekolah Matematika Program Ipa Dan Kontribusinya Terhadap Hasil Ujian Nasional. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(1), 1–10. https://doi.org/10.21831/pep.v20i1.7516

Sunarti, & Rahmawati, S. (2014). Penilaian dalam Kurikulum 2013: Membantu Guru dan Calon Guru Mengetahui Langkah-Langkah Penilaian Pembelajaran. CV. Andi Offset.

Uno, B. H., & Koni, S. (2012). Asesment Pembelajaran. Bumi Aksara.

Downloads

Published

2024-08-15

How to Cite

Azizah, F. K. D., & Subando, J. (2024). Analisis Butir Soal Asesmen Sumatif Akhir Semester Fikih di Madrasah Tsanawiyah. Journal of Education Research, 5(3), 3750–3759. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1498

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check