Menggali Strategi Visual dan Naratif @tokomerekah dalam Membangun Brand Identitas di Instagram
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1489Abstract
Di era digital saat ini, media sosial menjadi alat pemasaran efektif untuk membangun brand identitas. Namun, masih banyak brand yang kesulitan memanfaatkan Instagram secara optimal. @tokomerekah menyadari pentingnya kehadiran kuat di media sosial untuk menarik perhatian dan membangun hubungan dengan konsumen. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi konten Instagram @tokomerekah, berfokus pada strategi visual dan naratif untuk membangun brand identitas menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengamatan difokuskan pada konten seperti foto, video, desain grafis, dan elemen naratif seperti caption dan cerita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui tema estetika vintage yang konsisten, @tokomerekah berhasil menciptakan citra unik dan menarik bagi remaja dan dewasa. Strategi visual dan naratif ini efektif dalam membangun identitas brand dan mempertahankan loyalitas konsumen, serta memperkuat posisi @tokomerekah sebagai destinasi unik di industri kafe Semarang.
Downloads
References
Agustian. (2023). The Influence of Influencer Marketing in Increasing Brand Awareness and Sales for SMEs. Technology and Society Perspectives (TACIT), 1(2), 68-78.
Alwan, F. (2023). Perancangan Visual Storytelling Media Sosial Sebagai Upaya Peningkatan Brand Awareness Di Mojadiapp. Jurnal Barik, Vol. 5 (1), 168-182.
Dewi, G. A. (2022). Strategi Dan Penerapan Desain Konten Marketing Di Instagram Sebagai Brand Awareness Jealous Beauty Solution. Jurnal Desain Komunikasi Visual, Vol. 2 (1).
Haidar, N. F. (2021). Analisis Konten Visual Post Instagram Riliv Dalam Membentuk Customer Engagement. Jurnal Barik, Vol. 2 (2), 121-134.
Hananto, B. A. (2019). Identitas Visual Digital Brand Dalam Sosial Media Sebuah Evaluasi Konsistensi Image Dan Type Karya Mahasiswa Dalam . Prosiding Seminar Nasional Desain dan Arsitektur (SENADA), Vol. 2.
Julianto, I. N. (2019). Nilai Interaksi Visual Dalam Perkembangan Medium Komunikasi Pada Era Revolusi Industri 4.0. Senada (Seminar Nasional Desain dan Arsitektur), Vol. 2.
Putri, V. K. (2024). Teori Paradigma Naratif: Pengertian dan Contohnya. pp. https://www.kompas.com/skola/read/2024/05/20/100000769/teori-paradigma-naratif--pengertian-dan-contohnya.
Riyanto, A. D. (2024). Hootsuite (We are Social): Data Digital Indonesia 2024. pp. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-data-digital-indonesia-2024/.
Saraswati, D. A. (2020). Strategi Digital Content Marketing pada Akun Media Sosial Instagram Mojok.co dalam Mempertahankan Brand Engagement. Biokultur, Vol. 9 (2), 114-128.
Siporay, F. R. (2022). Analisis Isi Konten Post Akun Instagram @Menantea.Toko Dalam Membangun Engagement Followers. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, Vol. 5 (1).
Sulaeman, A. (2023). Desain Konten Instagram: Panduan Lengkap untuk Meningkatkan Tampilan dan Daya Tarik Akun Anda. pp. https://desain.or.id/desain-konten-instagram/.
Susanti. (2024). Pengaruh Autentisitas Storytelling Influencer Instagram Terhadap Brand Awareness Roti Lokal Bandung. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, Vol. 4 (2), 3600-3616.
Tantama, J. (2013). Studi Paradigma Naratif Walter Fisher Pada Aktivitas. Jurnal Komunikasi dan Bisnis.
Triyas, A. P. (2024). Analisis Representasi Influencer dalam Memunculkan Budaya Hiperrealitas Mahasiswa . Jurnal Penelitian Inovatif (JUPIN), Vol. 4 (3), 1033-1044.
We Are Social. (2024). Digital 2024: 5 Billion Social Media Users. pp. https://wearesocial.com/id/blog/2024/01/digital-2024-5-billion-social-media-users/.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Adi Nugroho, Ike Desi Florina , Sarwo Edy

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).