Menggali Strategi Visual dan Naratif @tokomerekah dalam Membangun Brand Identitas di Instagram

Authors

  • Adi Nugroho lmu Komunikasi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Ike Desi Florina lmu Komunikasi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Sarwo Edy lmu Komunikasi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1489

Abstract

Di era digital saat ini, media sosial menjadi alat pemasaran efektif untuk membangun brand identitas. Namun, masih banyak brand yang kesulitan memanfaatkan Instagram secara optimal. @tokomerekah menyadari pentingnya kehadiran kuat di media sosial untuk menarik perhatian dan membangun hubungan dengan konsumen. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi konten Instagram @tokomerekah, berfokus pada strategi visual dan naratif untuk membangun brand identitas menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengamatan difokuskan pada konten seperti foto, video, desain grafis, dan elemen naratif seperti caption dan cerita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui tema estetika vintage yang konsisten, @tokomerekah berhasil menciptakan citra unik dan menarik bagi remaja dan dewasa. Strategi visual dan naratif ini efektif dalam membangun identitas brand dan mempertahankan loyalitas konsumen, serta memperkuat posisi @tokomerekah sebagai destinasi unik di industri kafe Semarang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustian. (2023). The Influence of Influencer Marketing in Increasing Brand Awareness and Sales for SMEs. Technology and Society Perspectives (TACIT), 1(2), 68-78.

Alwan, F. (2023). Perancangan Visual Storytelling Media Sosial Sebagai Upaya Peningkatan Brand Awareness Di Mojadiapp. Jurnal Barik, Vol. 5 (1), 168-182.

Dewi, G. A. (2022). Strategi Dan Penerapan Desain Konten Marketing Di Instagram Sebagai Brand Awareness Jealous Beauty Solution. Jurnal Desain Komunikasi Visual, Vol. 2 (1).

Haidar, N. F. (2021). Analisis Konten Visual Post Instagram Riliv Dalam Membentuk Customer Engagement. Jurnal Barik, Vol. 2 (2), 121-134.

Hananto, B. A. (2019). Identitas Visual Digital Brand Dalam Sosial Media Sebuah Evaluasi Konsistensi Image Dan Type Karya Mahasiswa Dalam . Prosiding Seminar Nasional Desain dan Arsitektur (SENADA), Vol. 2.

Julianto, I. N. (2019). Nilai Interaksi Visual Dalam Perkembangan Medium Komunikasi Pada Era Revolusi Industri 4.0. Senada (Seminar Nasional Desain dan Arsitektur), Vol. 2.

Putri, V. K. (2024). Teori Paradigma Naratif: Pengertian dan Contohnya. pp. https://www.kompas.com/skola/read/2024/05/20/100000769/teori-paradigma-naratif--pengertian-dan-contohnya.

Riyanto, A. D. (2024). Hootsuite (We are Social): Data Digital Indonesia 2024. pp. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-data-digital-indonesia-2024/.

Saraswati, D. A. (2020). Strategi Digital Content Marketing pada Akun Media Sosial Instagram Mojok.co dalam Mempertahankan Brand Engagement. Biokultur, Vol. 9 (2), 114-128.

Siporay, F. R. (2022). Analisis Isi Konten Post Akun Instagram @Menantea.Toko Dalam Membangun Engagement Followers. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, Vol. 5 (1).

Sulaeman, A. (2023). Desain Konten Instagram: Panduan Lengkap untuk Meningkatkan Tampilan dan Daya Tarik Akun Anda. pp. https://desain.or.id/desain-konten-instagram/.

Susanti. (2024). Pengaruh Autentisitas Storytelling Influencer Instagram Terhadap Brand Awareness Roti Lokal Bandung. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, Vol. 4 (2), 3600-3616.

Tantama, J. (2013). Studi Paradigma Naratif Walter Fisher Pada Aktivitas. Jurnal Komunikasi dan Bisnis.

Triyas, A. P. (2024). Analisis Representasi Influencer dalam Memunculkan Budaya Hiperrealitas Mahasiswa . Jurnal Penelitian Inovatif (JUPIN), Vol. 4 (3), 1033-1044.

We Are Social. (2024). Digital 2024: 5 Billion Social Media Users. pp. https://wearesocial.com/id/blog/2024/01/digital-2024-5-billion-social-media-users/.

Downloads

Published

2024-07-29

How to Cite

Nugroho, A., Florina , I. D., & Edy, S. (2024). Menggali Strategi Visual dan Naratif @tokomerekah dalam Membangun Brand Identitas di Instagram. Journal of Education Research, 5(3), 3158–3169. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1489

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check