Implementasi Practical Life Skill dalam Menumbuhkan Rasa Kesadaran Diri pada Anak Usia Dini

Authors

  • Wulan Indri Pawestri Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Hadi Cahyono Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Muhammad ‘Azzam Muttaqin Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1488

Keywords:

practical life skill, rasa kesadaran diri, anak usia dini

Abstract

Kesadaran diri adalah dimana individu dapat memahami diri sendiri dengan tepat, dan proses internalisasi informasi yang diterima, dan  pada akhirnya menjadi nilai yang diyakini serta tercermin dalam perilaku sehari-hari. Salah satu kegiatan yang dapat menumbuhkan rasa kesadaran diri pada anak yaitu practical life skill. Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan implementasi practical life dalam menumbuhkan rasa kesadaran diri pada anak. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif, lokasi penelitian di TK Dharma Wanita Tempuran, kecamatan Sawoo, Ponorogo, dengan subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas, dan anak kelompok A usia 1-4  tahun. Penelitian ini di lakukan selama kurang lebih 2 bulan. data yang diperoleh  melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu implementasi practical life skill dapat menumbuhkan rasa kesadaran diri pada anak. Anak dapat melakukan aktivitasnya secara mandiri, dsiplin, memahami peraturan, dan memiliki rasa percaya diri, dan mengendalikan perasaan diri sendiri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggara, H. W., Mahardhani, A. J., & Cahyono, H. (2019). Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Mewujudkan Disiplin Siswa di SMK N 1 Jenangan Ponorogo. Prosiding Seiminar Nasonal Pendidikan Dan Pembelajaran 2019, 482–487.

Anisa, C. M., & Wulansari, B. Y. (2023). Outing Class Untuk Mengembangkan Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun di Eduwisata Ndalem Kerto. Jurnal Indopedia (Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 1(3), 762–771. https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/97

Aprilia, A. R., & Rohita, R. (2021). Kegiatan Practical Life: Upaya Penanaman Kemandirian Pada Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(2), 48.

Asmaroini, A. P., Utami, P. S., & Cahyono, H. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Perkuliahan di Prodi PPKn Universitas Muhammadiyah Ponorogo pada Masa Covid-19. Integralistik, 32(1), 33–44. https://doi.org/10.15294/integralistik.v33i1.26074

Esmiati, A. N., Prihartanti, N., & Partini, P. (2020). Efektivitas pelatihan kesadaran diri untuk meningkatkan kedisiplinan siswa. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 8(1), 113. https://doi.org/10.22219/jipt.v8i1.11052

Fitri, I., Raden, U., & Palembang, F. (n.d.). Peningkatan Kemandirian Anak Melalui Pembelajaran Practical Life Di Tk Annisa.

Gettman, D. (2016). Reverensi Indikator Kemandirian. Dasar, Metode Pengajaran Montessori Tingkat, 2(1), 7–35.

Hadiawati, L. (2017). Pembinaan Keagamaan Sebagai Upaya Meningkatkan Kesadaran Siswa Melaksanakan Ibadah Shalat (Penelitian Di Kelas X Dan XI SMK Plus Qurrotaayun Kecamatan Samarang Kabupaten Garut. " Jurnal Pendidikan UNIGA, 18-25.

Hardianti, D. K. (2024). Penerapan Pembelajaran Practical Life Dalam Menstimulasi Kemandirian Anak Di Pocenter Application Of Practical Life Learning In Stimulating Children’s Independence At Pocenter.

Istiqamah, N., & Zirmansyah, Z. (2024). Implementasi Pendekatan Science, Technology, Engineering, Art, Mathematic, Montessori, Islamic (STEAMMI) Dalam Model Pembelajaran Kelompok Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 6(2), 58. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v6i2.2634

Jada Wa, dkk. (2022). Jurnal Lentera Anak. Lentera Anak, 1 No. 2(2), 63–77.

Karya, L., Islam, P., Dini, A. U., Ponorogo, I., Anisyah, A. I., & Safitri, D. (n.d.). PROSIDING Loka Karya Pendidikan Islam Anak Usia Dini IAIN Ponorogo “Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini” Tahun 2022. Penanaman Sikap Kemandirian Melalui Pembelajaran Practical Life Di TKIT 1 Qurrota A’yun Ponorogo.

Kurniawati, N., & Hayati, T. (2020). Meningkatkan Kemandirian Anak Melalui Kegiatan Practical Life Skill. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 3(1), 49–60. https://doi.org/10.15575/japra.v3i1.8105

Kusumawati, R. (2013). Rina Kusumawati, 2013 The Effectiveness of Attention Through Music (ATM) application to Develop Self-Awareness Children with Emotional Problems Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu. 1–6.

Lesmi, K., & Nuriah, T. (2022). Upaya Guru Dalam Penanaman Kesadaran Diri Terhadap Lingkungan Pada Anak Usia Dini. JP3M: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(2), 456–460. https://doi.org/10.37577/jp3m.v4i2.478

Maryani, R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Practical Life Terhadap Kemandirian Anak Usia Dini Di Paud Kb Muara Timur Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Mesuji.

Mulyadi dan Abd. Syahid. (2020). Faktor Pembentuk Dari Kemandirian Belajar Siswa, Al Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 5 No. 2, 2022, h. 209. In Jurnal Pendidikan Islam: Vol. Vol.5 No,2.

Nursihah, A., Yulianingsih, Y., & Mustafidah, N. (2022). Relasi Kegiatan Practical Life dengan Kemandirian Anak Usia Dini. 13. https://conferences.uinsgd.ac.id/

Oktamarina, L., Febrieanitha Putri, Y., & Fitri, I. (2020). Peningkatan Karakter Disiplin Melalui Kegiatan Practical Life. 4(1).

Putri, I., & Saroinsong, W. (2020). Pengembangan Media Story Activity Berbasis Practical Life Terhadap Kemandirian Anak Pengembangan Media Story Activity Berbasis Practical Life Terhadap Kemandirian Anak. Jurnal PAUD Teratai, 9(1), 1–11.

Rindang Ilma Lestari1, S. (2024). Menumbuhkan Kesadaran Diri Dalam Pendidikan Dasar Islam Dalam Pendekatan Transpersonal Untuk Pertumbuhan Pribadi Anak-Anak Rindang. 09(0), 1–23.

Rizkyani, F., Adriany, V., & Syaodih, E. (2020). Kemandirian Anak Usia Dini Menurut Pandangan Guru Dan Orang Tua. Edukid, 16(2), 121–129. https://doi.org/10.17509/edukid.v16i2.19805

Salam, N. F. S., Manap Rifai, A., & Ali, H. (2021). Faktor Penerapan Disiplin Kerja: Kesadaran Diri, Motivasi, Lingkungan (Suatu Kajian Studi Literatur Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 487–508. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.503

Tri Lilin Natalia Zendrato, B. P. L. (2022). Peran Guru PPKn Dalam Menumbuhkan Kesadaran Diri Siswa Terhadap Tata Tertib Sekolah. EDUCATIVO: JURNAL PENDIDIKAN, 1(1), 34–50. https://doi.org/10.56707/jedarr.v1i1.91

Wijayanti, T., Syamsuddin, M. M., & Pudyaningtyas, A. R. (2019). Upaya Meningkatkan Kemandirian Anak Melalui Practical Life Activity Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Kumara Cendekia, 7(4), 440. https://doi.org/10.20961/kc.v7i4.31774

Downloads

Published

2024-07-28

How to Cite

Pawestri, W. I., Cahyono, H., & Muttaqin, M. ‘Azzam. (2024). Implementasi Practical Life Skill dalam Menumbuhkan Rasa Kesadaran Diri pada Anak Usia Dini. Journal of Education Research, 5(3), 3148–3157. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1488

Issue

Section

Articles

Categories