Prinsip Pendekatan Proses Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1484Keywords:
TQM, Pendekatan Proses, PDCAAbstract
Manajemen mutu terpadu Pendidikan mulai diimplementasikan dalam dunia pendidikan seiring dengan perkembangan IPTEK yang semakin pesat. Tujuan penelitian ini mengeksplorasi manajemen mutu Pendidikan dan pendekatan proses, langkah-langkah penerapan pendekatan proses, manfaat dari pendekatan proses, serta penerapan pendekatan proses di lembaga pendidikan untuk meningkatkan mutu. Manajemen mutu digunakan untuk perbaikan lembaga secara berkelanjutan. Dalam manajemen mutu terdapat 8 prinsip yang digunakan, akan tetapi masih ada lembaga pendidikan yang belum mengimplementasikan prinsip manajemen mutu khusunya prinsip pendekan proses. Metode yang digunakan menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kepustakaan. Prinsip pendekatan proses memandang bahwa hasil penelitian ini dapat dicapai dengan lebih efektif dan efisien, ketika kegiatan yang dikelola digabungkan menjadi suatu proses yang saling terkait dan berfungsi sebagai sistem yang berkesinambungan. Sistem manajemen mutu berdasarkan prinsip ini sangat penting karena didasarkan pada hubungan proses yang saling terkait yang memungkinkan pencapaian tujuan organisasi dengan kepuasan pihak-pihak yang berkepentingan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu (1) pendekatan proses meliputi input, proses, dan output (2) prinsip pendekatan proses sejalan dengan prinsip Deming yaitu pendekatan PDCA (plan, do, check, act). Pendekatan proses bisa menjadi rekomendasi dalam menentukan tujuan yang diharapkan bagi lembaga pendidikan dalam peningkatan mutu.
Downloads
References
Arifin, M. (2009). Implementasi Sistem Manajemen Mutu. Tesis. Institut Agama Islam Negeri Surakarta, 19.
Ariyani, R. (2017). Implementasi Total Quality Management (Tqm) Di Lembaga Pendidikan Tinggi Islam. An-Nahdhah, 11(1), 1–22.
Asy’ari, H., Zahruddin, Z., & Fauziah, S. (2017). Implementasi Prinsip-Prinsip Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 di SMK Ekonomika Depok Jawa Barat. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 205–233. https://doi.org/10.14421/manageria.2017.22-02
Edwar Sallis. (2010). Total Quality Management in education. In Developing quality systems in education. https://doi.org/10.4324/9780203423660_chapter_5
Hasnadi, H. (2021). Total Quality Management: Konsep Peningkatan Mutu Pendidikan. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 6(2). https://doi.org/10.30998/sap.v6i2.9331
Munzir, M. (2022). Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam. Jurnal Guru Kita PGSD, 6(4), 594. https://doi.org/10.24114/jgk.v6i4.39903
Muryadi, M. (2019). Iplementasi Sistem Manajemen Mutu Berdasarkan ISO 9001:2015 di Sekolah Dasar Katolik Santa Clara Surabaya. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 3(1), 31. https://doi.org/10.26740/jdmp.v3n1.p31-42
Nabila, A. (2022). Konsepsi Manajemen, Manajemen Mutu, Dan Manajemen Mutu Pendidikan. Journal of Education and Social Analysis, 3(1), h.56-63.
Prayatna, Y. A., Yakin, N., & Citriadin, Y. (2023). Implementasi Sistem Manajemen Mutu Pendidikan Islam Di Yayasan Nurul Islam Sekarbela. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1), 438–444. https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4629
Rahman, N., Suharyati, H., & Herfina, H. (2023). Implementasi Manajemen Mutu Terpadu dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 149–161. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.174
Safaraliyeva, D. (2022). Proyección de los principios de Deming a la escuela superior de Kazajistán. Eurasian Journal of Economic and Business Studies, 4(62), 66–87.
Santiawan Nyoman, I. (2021). Mutu Pasraman Padma Bhuana Saraswati Ditinjau Dari 7 Prinsip Manajemen Mutu Iso 9001-2015 Oleh I Nyoman Santiawan. JURNAL Pusat Penjaminan Mutu, 2(1), 91–100.
Septiadi, W. (2019). Tinjauan Total Quality Management (TQM) Pada Lembaga Pendidikan Islam. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 34–51. https://doi.org/10.31538/ndh.v4i1.105
Sobry, M. (2018). Proses Penjaminan Mutu Lembaga Pendidikan Islam melalui Manajemen Mutu Terpadu. EL-HIKMAH: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam, 10(2), 211–222. https://doi.org/10.20414/elhikmah.v10i2.216
Zanqar, F. S. M., Khatibi, A., Azam, S. M. F., & ... (2019). The Impact of Iso Principles of Total Quality Management on Higher Education Quality. European Journal of …, 100–108. https://doi.org/10.5281/zenodo.3351609
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2024 Febriana Wulandari, Mariano Setiawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).