Prinsip Pendekatan Proses Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan

Authors

  • Febriana Wulandari Magister Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Mariano Setiawan Magister Pendidikan, Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1484

Keywords:

TQM, Pendekatan Proses, PDCA

Abstract

Manajemen mutu terpadu Pendidikan mulai diimplementasikan dalam dunia pendidikan seiring dengan perkembangan IPTEK yang semakin pesat. Tujuan penelitian ini mengeksplorasi manajemen mutu Pendidikan dan pendekatan proses, langkah-langkah penerapan pendekatan proses, manfaat dari pendekatan proses, serta penerapan pendekatan proses di lembaga pendidikan untuk meningkatkan mutu. Manajemen mutu digunakan untuk perbaikan lembaga secara berkelanjutan. Dalam manajemen mutu terdapat 8 prinsip yang digunakan, akan tetapi masih ada lembaga pendidikan yang belum mengimplementasikan prinsip manajemen mutu khusunya prinsip pendekan proses. Metode yang digunakan menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kepustakaan. Prinsip pendekatan proses memandang bahwa hasil penelitian ini dapat dicapai dengan lebih efektif dan efisien, ketika kegiatan yang dikelola digabungkan menjadi suatu proses yang saling terkait dan berfungsi sebagai sistem yang berkesinambungan. Sistem manajemen mutu berdasarkan prinsip ini sangat penting karena didasarkan pada hubungan proses yang saling terkait yang memungkinkan pencapaian tujuan organisasi dengan kepuasan pihak-pihak yang berkepentingan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu (1) pendekatan proses meliputi input, proses, dan output (2) prinsip pendekatan proses sejalan dengan prinsip Deming yaitu pendekatan PDCA (plan, do, check, act). Pendekatan proses bisa menjadi rekomendasi dalam menentukan tujuan yang diharapkan bagi lembaga pendidikan dalam peningkatan mutu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, M. (2009). Implementasi Sistem Manajemen Mutu. Tesis. Institut Agama Islam Negeri Surakarta, 19.

Ariyani, R. (2017). Implementasi Total Quality Management (Tqm) Di Lembaga Pendidikan Tinggi Islam. An-Nahdhah, 11(1), 1–22.

Asy’ari, H., Zahruddin, Z., & Fauziah, S. (2017). Implementasi Prinsip-Prinsip Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 di SMK Ekonomika Depok Jawa Barat. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 205–233. https://doi.org/10.14421/manageria.2017.22-02

Edwar Sallis. (2010). Total Quality Management in education. In Developing quality systems in education. https://doi.org/10.4324/9780203423660_chapter_5

Hasnadi, H. (2021). Total Quality Management: Konsep Peningkatan Mutu Pendidikan. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 6(2). https://doi.org/10.30998/sap.v6i2.9331

Munzir, M. (2022). Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam. Jurnal Guru Kita PGSD, 6(4), 594. https://doi.org/10.24114/jgk.v6i4.39903

Muryadi, M. (2019). Iplementasi Sistem Manajemen Mutu Berdasarkan ISO 9001:2015 di Sekolah Dasar Katolik Santa Clara Surabaya. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 3(1), 31. https://doi.org/10.26740/jdmp.v3n1.p31-42

Nabila, A. (2022). Konsepsi Manajemen, Manajemen Mutu, Dan Manajemen Mutu Pendidikan. Journal of Education and Social Analysis, 3(1), h.56-63.

Prayatna, Y. A., Yakin, N., & Citriadin, Y. (2023). Implementasi Sistem Manajemen Mutu Pendidikan Islam Di Yayasan Nurul Islam Sekarbela. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1), 438–444. https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4629

Rahman, N., Suharyati, H., & Herfina, H. (2023). Implementasi Manajemen Mutu Terpadu dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 149–161. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.174

Safaraliyeva, D. (2022). Proyección de los principios de Deming a la escuela superior de Kazajistán. Eurasian Journal of Economic and Business Studies, 4(62), 66–87.

Santiawan Nyoman, I. (2021). Mutu Pasraman Padma Bhuana Saraswati Ditinjau Dari 7 Prinsip Manajemen Mutu Iso 9001-2015 Oleh I Nyoman Santiawan. JURNAL Pusat Penjaminan Mutu, 2(1), 91–100.

Septiadi, W. (2019). Tinjauan Total Quality Management (TQM) Pada Lembaga Pendidikan Islam. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 34–51. https://doi.org/10.31538/ndh.v4i1.105

Sobry, M. (2018). Proses Penjaminan Mutu Lembaga Pendidikan Islam melalui Manajemen Mutu Terpadu. EL-HIKMAH: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam, 10(2), 211–222. https://doi.org/10.20414/elhikmah.v10i2.216

Zanqar, F. S. M., Khatibi, A., Azam, S. M. F., & ... (2019). The Impact of Iso Principles of Total Quality Management on Higher Education Quality. European Journal of …, 100–108. https://doi.org/10.5281/zenodo.3351609

Downloads

Published

2024-08-26

How to Cite

Wulandari, F., & Setiawan, M. (2024). Prinsip Pendekatan Proses Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan. Journal of Education Research, 5(3), 4145–4151. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1484

Issue

Section

Articles

Categories