Penggunaaan Metode Pembelajaran Problem Besed Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Demokrasi Indonesia pada Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1480Keywords:
Demokrasi, PTK, Based Learning, Metode Pembelajaran, Moral, PendidikanAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman materi demokrasi Indonesia pada mahasiswa. Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan saat ini merupakan tangtangan yang harus dihadapi bangsa Indonesia. Pemerintah harus mempersiapkan kader-kader penerus bangsa yang berkualitas dan memiliki sumberdaya manusia yang tinggi untuk menghadapi tantangan tersebut. Langkah awal untuk mempersiapkan kader-kader penerus yang berkualitas tersebut adalah melalui perbaikan-perbaikan dalam dunia pendidikan. Kesimpulan: Setelah rangkaian Penelitian tindakan kelas yang dilakukan terlihat adanya perubahan yang merupakan hasil penelitian dalam rangka usaha meningkatan pemahaman mahasiswa dalam memahami materi Demokrasi Indonesia. Hasil penelitian: Penerapan metode Problem Based Learning telah meningkatkan pemahaman mahasiswa materi Demokrasi Indonesia dari 20% menjadi 80%.
Downloads
References
Alisa, Y., Yennita, Y., & Irawati, S. (2017). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Smp Menggunakan Model Problem Based Learning. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 113–120. https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.113-120
Amir, M. T. (2016). Inovasi pendidikan melalui problem based learning. Prenada Media.
Arikunto. (2019). Metodelogi Penelitian, Suatu Pengantar Pendidikan. Rineka Cipta, Jakarta
Lexy J. Moleong, Dr. M.A.(2019). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi), PT. Remaja Rosda Karya
Creswell, John W.Creswell, J. David (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approach. Research in Social Science: Interdisciplinary Perspectives
Fristadi, R., & Bharata, H. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Problem Based Learning. 597–602.
Parasamya, C. E., & Wahyuni, A. (2017). Upaya peningkatan hasil belajar fisika siswa melalui penerapan model pembelajaran problem based learning (pbl). Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika, 2(1), 42–49. http://www.jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-fisika/article/view/2145
Setiawan, D., & Susilo, H. (2015). Peningkatan Keterampilan Metakognitif Mahasiswa Program Studi Biologi Melalui Penerapan Jurnal Belajar Dengan Strategi Jigsaw Dipadu Pbl Berbasis Lesson Study Pada Matakuliah Biologi Umum. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2015, 2009, 359–369.
Sugiono. (2016). Metode Penelitan Kuantitatif, kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta
Tan, O. S. (2021). Problem-based learning innovation: Using problems to power learning in the 21st century.
Wahyudin Nur Nasution. (2017). Strategi Pembelajaran (Asrul Daulay (ed.); Cetakan Pe). PERDANA PUBLISHING. http://repository.uinsu.ac.id/5094/1/1. Strategi Pembelajaran.pdf
Wee, L. K. N., & Kek, M. Y. C. A. (2002). Authentic problem-based learning: Rewriting business education. Prentice Hall.
Widayanti, H. W., & Alfi, M. (2013). Peningkatan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas Viia Mts Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Indonesia, XXII, 32–35.
Yandhari, I. A. V., Alamsyah, T. P., & Halimatusadiah, D. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahahan Masalah Matematis Siswa Kelas IV. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2), 146–152. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i2.19671
Zaenul maarif. (2015). Logika Komunikasi, Jakarta., PT rajagrafindo persada
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Supriyanto Supriyanto, Ali Imron

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).