Penggunaaan Metode Pembelajaran Problem Besed Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Demokrasi Indonesia pada Mahasiswa

Authors

  • Supriyanto Supriyanto Pendidikan Kimia, Universitas Muhamadiyah Semarang, Indonesia
  • Ali Imron Statistika, Universitas Muhamadiyah Semarang , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1480

Keywords:

Demokrasi, PTK, Based Learning, Metode Pembelajaran, Moral, Pendidikan

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman materi demokrasi Indonesia pada mahasiswa. Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan saat ini merupakan tangtangan yang harus dihadapi bangsa Indonesia. Pemerintah harus mempersiapkan kader-kader penerus bangsa yang berkualitas dan memiliki sumberdaya manusia yang tinggi untuk menghadapi tantangan tersebut. Langkah awal untuk mempersiapkan kader-kader penerus yang berkualitas tersebut adalah melalui perbaikan-perbaikan dalam dunia pendidikan. Kesimpulan: Setelah rangkaian Penelitian tindakan kelas yang dilakukan terlihat adanya perubahan yang merupakan hasil penelitian dalam rangka usaha meningkatan pemahaman mahasiswa dalam memahami materi Demokrasi Indonesia. Hasil penelitian: Penerapan metode Problem Based Learning telah meningkatkan pemahaman mahasiswa materi Demokrasi Indonesia dari 20% menjadi 80%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alisa, Y., Yennita, Y., & Irawati, S. (2017). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Smp Menggunakan Model Problem Based Learning. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 113–120. https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.113-120

Amir, M. T. (2016). Inovasi pendidikan melalui problem based learning. Prenada Media.

Arikunto. (2019). Metodelogi Penelitian, Suatu Pengantar Pendidikan. Rineka Cipta, Jakarta

Lexy J. Moleong, Dr. M.A.(2019). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi), PT. Remaja Rosda Karya

Creswell, John W.Creswell, J. David (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approach. Research in Social Science: Interdisciplinary Perspectives

Fristadi, R., & Bharata, H. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Problem Based Learning. 597–602.

Parasamya, C. E., & Wahyuni, A. (2017). Upaya peningkatan hasil belajar fisika siswa melalui penerapan model pembelajaran problem based learning (pbl). Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika, 2(1), 42–49. http://www.jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-fisika/article/view/2145

Setiawan, D., & Susilo, H. (2015). Peningkatan Keterampilan Metakognitif Mahasiswa Program Studi Biologi Melalui Penerapan Jurnal Belajar Dengan Strategi Jigsaw Dipadu Pbl Berbasis Lesson Study Pada Matakuliah Biologi Umum. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2015, 2009, 359–369.

Sugiono. (2016). Metode Penelitan Kuantitatif, kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta

Tan, O. S. (2021). Problem-based learning innovation: Using problems to power learning in the 21st century.

Wahyudin Nur Nasution. (2017). Strategi Pembelajaran (Asrul Daulay (ed.); Cetakan Pe). PERDANA PUBLISHING. http://repository.uinsu.ac.id/5094/1/1. Strategi Pembelajaran.pdf

Wee, L. K. N., & Kek, M. Y. C. A. (2002). Authentic problem-based learning: Rewriting business education. Prentice Hall.

Widayanti, H. W., & Alfi, M. (2013). Peningkatan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas Viia Mts Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Indonesia, XXII, 32–35.

Yandhari, I. A. V., Alamsyah, T. P., & Halimatusadiah, D. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahahan Masalah Matematis Siswa Kelas IV. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2), 146–152. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i2.19671

Zaenul maarif. (2015). Logika Komunikasi, Jakarta., PT rajagrafindo persada

Downloads

Published

2024-08-21

How to Cite

Supriyanto, S., & Imron, A. (2024). Penggunaaan Metode Pembelajaran Problem Besed Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Demokrasi Indonesia pada Mahasiswa . Journal of Education Research, 5(3), 3951–3957. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1480

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check