Kepemimpinan Profesionalisme Kepala Sekolah Berbasis Servant Leadership dalam Perkembangan Manajemen Mutu Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1478Keywords:
Peran Kepemimpinan, Servant leadership, Manajemen Mutu PendidikanAbstract
Penelitian ini memiliki latar belakamg terkait kinerja kepala sekolah di era modern dengan sosok profesionalisme yang bertujuan untuk pengeksplorasian peran kepemimpinan profesinalisme kepala sekolah berbasis Servant Leadership dalam meningkatkan manajemen mutu pendidikan. Kepemimpinan pelayan, yang menempatkan kebutuhan pengikut di atas kebutuhan pribadi pemimpin dan fokus pada pengembangan serta kesejahteraan komunitas sekolah, dianggap mampu menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih inklusif dan efektif. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini mengumpulkan data dari wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen di beberapa sekolah yang telah mengimplementasikan model kepemimpinan ini. Hasil pembahasan penelitian ini menunjukkan bahwa kepala sekolah yang menerapkan Servant Leadership berhasil menciptakan budaya kolaboratif dan meningkatkan partisipasi semua pemangku kepentingan dalam proses pendidikan. Selain itu, kepemimpinan ini juga terbukti meningkatkan motivasi dan komitmen guru, yang berdampak positif pada kualitas pembelajaran dan pencapaian siswa. Temuan ini memberikan wawasan penting bagi para pemimpin pendidikan tentang efektivitas Servant Leadership dalam manajemen mutu pendidikan dan menawarkan rekomendasi praktis untuk implementasi lebih lanjut.
Downloads
References
Abdullah, Mulyana. 2017. “Manajemen Mutu Pendidikan Di Sekolah Peran Kepimpinan Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru, Dan Partisipasi Masyarakat Dalam Peningkatana Mutu Pendidikan Di Sekolah.” Jurnal Penelitian Pendidikan 17 (3): 190–98. https://doi.org/10.17509/jpp.v17i3.9612.
Christian, Andreas Avelino, Ag Sri Purnami, and Rahmat Mulyono. 2024. “Manajemen Mutu Terpadu Pada Lembaga Pendidikan Sebagai Bidang Garap Manajemen Pendidikan.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 9 (1): 14–26. https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12343.
Harahap, Arbiuddin Syahputra Hakim, and Dian Vita Dilla. 2019. “Pengaruh Motivasi Dan Servant Leadership Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Organizational Citizenship Behavior (OCB) Sebagai Variabel Intervening Pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sungai Dareh.” JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL 1 (1): 101–13. https://doi.org/10.38035/jmpis.v1i1.247.
Jailani, M. Syahran, Harlina Harja, Harpen Yosmardi, Ermawati Ermawati, and Dwi Kurniawaty. 2024. “Manajemen Mutu Terpadu Di Sekolah.” Jurnal Pendidikan Tambusai 8 (1). https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.13580.
Muzakir, Ully. 2013. “Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Tinggi.” Visipena 4 (2): 130–45. https://doi.org/10.46244/visipena.v4i2.218.
Nasution, Wahida Raihan. 2022. “Konsepsi Manajemen, Manajemen Mutu Dan Manajemen Mutu Pendidikan.” ALACRITY : Journal of Education, March, 26–34. https://doi.org/10.52121/alacrity.v2i1.53.
Putri, Sherli Fitriyani, Edward Edward, and Ade Octavia. 2022. “Pengaruh Servant Leadership, Motivasi Intrinsik Dan Komitmen Afektif Terhadap Kinerja Pegawai Di Kantor Camat Danau Teluk.” Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi 4 (2): 211–23. https://doi.org/10.31933/jemsi.v4i2.1208.
Rabiah, Sitti. 2019. “Manajemen Pendidikan Tinggi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Jurnal Sinar Manajemen 6 (1): 58–67. https://doi.org/10.56338/jsm.v6i1.551.
Rahmadani, Sari, Harri Kurniawan, and Ria Okfrima. 2023. “Peran Servant Leadership Terhadap Perilaku Kerja Inovatif Pegawai Pemerintahan Kota.” Psyche 165 Journal, February, 8–13. https://doi.org/10.35134/jpsy165.v16i1.217.
Rahman, A. n.d. “Urgensi Pedagogik Dalam Pembelajaran Dan Implikasinya DalamPendidikan.” Http://Journal.Iaincurup.Ac.Id/Index.Php/Belajea/Issue/View/91 Vol 3, No 1 (2018). http://dx.doi.org/10.29240/bjpi.v3i1.
Rahmawati, Salma Nur Azizah, and Achmad Supriyanto. 2020. “Pentingnya Kepemimpinan Dan Kerjasama Tim Dalam Implemeentasi Manajemen Mutu Terpadu.” JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan) 5 (1): 1–9. https://doi.org/10.26740/jdmp.v5n1.p1-9.
Rohman, Nur. 2017. “Peran Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Perspektif Manajemen Mutu Terpadu Studi Kasus Di SDUT Bumi Kartini Jepara.” Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam 14 (2). https://doi.org/10.34001/tarbawi.v14i2.625.
Sa’diyah, Rika-, Nurhidayah Siregar, Siti Shofiyah, and Anisah Meidiana. 2020. “Peran Manajemen Mutu Terpadu Dalam Pendidikan.” Emanasi : Jurnal Ilmu Keislaman Dan Sosial 3 (2). https://adpiks.or.id/ojs/index.php/emanasi/article/view/33.
Supangat, Supangat, and Lita Delastri. 2023. “Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan Di Perguruan Tinggi.” Journal of Comprehensive Science (JCS) 2 (12): 1480–91. https://doi.org/10.59188/jcs.v2i12.556.
Tihul, Inan. 2019. “Manajemen Mutu Terpadu Pada Institusi Pendidikan.” Jurnal Alasma: Media Informasi Dan Komunikasi Ilmiah 1 (1): 107–30.
Yusmina, Erra, Murniati Ar, and Niswanto. 2014. “IMPLEMENTASI Manajemen Mutu Terpadu Dalam Peningkatan Kinerja Sekolah Pada SMK Negeri 1 Banda Aceh” Jurnal Administrasi Pendidikan : Program Pascasarjana Unsyiah 2 (2). https://jurnal.usk.ac.id/JAP/article/view/2520.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Hasra Hasra, Wulan Novianty Asyarah, Azainil Azainil

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).