Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap Perilaku Inovatif Guru SMA
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1477Keywords:
Kepemimpinan Transformasional,, Motivasi Kerja, Perilaku InovatifAbstract
Perilaku inovatif guru merupakan upaya untuk merespon perubahan yang terjadi di masyarakat secara cepat dengan berusaha mengikuti perkembangan pengetahuan, dan teknologi baru yang menuntut kemampuan guru untuk memadukannya dalam metode pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) seberapa besar pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap perilaku inovatif guru, (2) seberapa besar pengaruh motivasi kerja terhadap perilaku inovatif guru, dan (3) Menganalisis dan mendeskripsikan seberapa besar pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap perilaku inovatif guru di SMA Negeri 3 Slawi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif yang meneliti populasi ataupun sampel tertentu, menggunakan alat ukur (instrumen) penelitian dan analisis data kuantitatif/statistik untuk menguji dan membuktikan hipotesis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Metode survei adalah proses yang mengambil sampel dari populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang mengajar di SMA Negeri 3 Slawi yang berjumlah 50 orang guru yang terdiri dari laki-laki sejumlah 22 orang dan perempuan sejumlah 28 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (nilai p (0.001) menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku inovatif guru, (2) Motivasi Kerja memperoleh nilai p (0.003) menunjukkan bahwa motivasi kerja guru memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku inovatif guru, (3) Kepemimpinan transformasional dan motivasi kerja guru memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku inovatif guru. Namun, motivasi kerja guru memiliki pengaruh yang lebih besar dibandingkan dengan kepemimpinan transformasional.
Downloads
References
Adica. (2023) Pengertian, Tugas dan Fungsi Kepala Sekolah. https://www.silabus. web.id/kepala-sekolah/. diakses tanggal 22 November 2023.
Asmani (2019). Peran Perilaku Inovatif sebagai Variabel Intervening anatara Knowledge Creation dan Keunggulan Bersaing. Jurnal Ecodemica, Vol. 2 No. 2.
Bahri, Syaiful. (2020). Metodologi Penelitian Bisnis Lengkap dengan Teknik Pengolahan Data SPSS. Yogyakarta: CV. Andi Offset
Basri, Hasan. (2019). Transformational Leadership: Ilustrasi di Bidang Organisasi Pendidikan, Jakarta: PT. Grafindo Persada.
Fitriyani (2023). Transformasi adalah Perubahan Rupa, Berikut Sinonim dan Contoh Penggunaannya https://www.liputan6.com/hot/read/5181244/ transformasi-adalah-perubahan-rupa-berikut-sinonim-dan-contoh-penggunaannya. Diakses tanggal 21 November 2023.
Girsang, Semari Eva Elita, dan Dkk. (2022). Konsep Inovasi Pendidikan. Padang: Get Press Indonesia.
Hakim. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Transformatif Terhadap Organisasi Pendidikan. Jurnal Studi Islam. Diakses tanggal 21 November 2023.
Hamzah (2018) Kepemimpinan dalam Organisasi, ter. Ati Cahayani, Jakarta Barat: Indeks.
Haryono (2019). Pengembangan Implementasi Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru dan Karyawan di MTs Muhammadiyah Surakarta, (Tesis: Tidak Diterbitkan, 2017), 1, dalam www.eprint.umas.ac.id, diakses 22 November 2023.
Heryanto, Heryanto (2021) “Hubungan Guru Kreatif Dan Inovatif Dalam Pembelajaran Dengan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sdn 106833 Desa Wonosari Tanjung Morawa Deli Serdang.” Jurnal Curere 5, no. 1.
Husein (2018). Kepemimpinan Kepala Sekolah, Bandung: CV. Pustaka Setia.
Insan, A.N (2019). Kepemimpinan Transformasional. Bandung: Alfabeta.
Kariwari (2020). Pengaruh Iklim Organisasi, Kepemimpinan Transformasional, Self Efficacy Terhadap Perilaku Kerja Inovatif PT Serasi Autoraya Denpasar. E-Jurnal Manajemen, 5(3), 13-29.
Kartono (2018). Pengaruh Gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap Kinerja Guru pada SMA Adzkia Islamic School. Jurnal Ilmiah, Manajemen Sumber Daya Manusia, 2(3).
Komang (2018). Pengaruh Kepemimpinan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru. Jurnal. Penjaskesrek, 7(2), 218-232.
Komariah (2018) Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Multi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Perwanida Kota Blitar dan Sekolah Dasar Alam Al Ghifari Kota Blitar. diakses tanggal 22 November 2023.
Kumparan. (2023). Pengertian Transformasi dan Contohnya dalam Kehidupan. https://kumparan.com/ragam-info/pengertian-transformasi-dancontohnya -dalam-kehidupan-20yyzhAyrAw. Diakses tanggal 21 November 2023.
Kurniasih, Imas. (2019). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Surabaya: Kata Pena.
Malayu (2023) Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Di Smp Negeri 4 Yogyakarta.https://eprints.uny.ac.id/34694/1/Asnal%20 Mala_%2008 10124 4008.pdf.
Mariana, Mariana. (2018) “Profesionalitas Guru Dalam Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 1 Lawang Wetan Musi Banyuasin.” Muaddib: Islamic Education Journal 1, no. 1: 63–72.
Marno (2018). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Sma Negeri Se-Kota Bima. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 1-17.
Mutohar, (2020). Manajemen Mutu Sekolah: Strategi Peningkatan Mutu dan Daya Saing Lembaga Pendidikan Islam, cet. I, Yogjakarta: ar Ruzz Media.
Ngalimun. (2019). Ilmu Komunikasi Sebuah Pengantar Praktis. Yogyakarta: PT Pustaka Baru Pers.
Noperman, Feri. (2020). Inovasi Pembelajaran. Sleman: Laksbang Pustaka.
Notosudjono, Didik. (2022). Peningkatan Perilaku Inovatif Guru. Malang: Media Nusa Creative.
Raihani (2023). Kepemimpinan Transformasional dan Budaya Organisasi: Ilustrasi di Bidang Pendidikan, Jakarta: Mitra Wacana Media.
Rusdiana (2018). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Di Sma Al Kautsar Bandar Lampung. http://repository.radenintan .ac.id/11190/1/ SKRIPSI%20%202.pdf. diakses 24 November 2023.
Sardiman (2019) “Penerapan Gaya Kepemimpinan Transformasional Dalam Manajemen PAUD di Kecamatan Sidorejo Salatiga”. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 8 No. 2. Mei 2018.
Sedarmayanti (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Iklim Sekolah Dan Komitmen Profesional Guru Terhadap Kinerja Guru (Studi Kasus Di Mts Ma’arif Nu Kabupaten Banyumas). Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Akuntansi, 22(4), 492-500.
Shirley. (2023). Kepemimpinan Transformasional: Definisi, Ciri, Bedanya dengan Transaksional. https://www.kitalulus.com/bisnis/kepemimpinan-transformasional-adalah, diakses tanggal 22 November 2023.
Sudarwan (2019). Pengaruh Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2166-2172.
Sugiyono, (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods), Bandung: Alfabeta CV
Supardi (2023). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Kompetensi Pedagogik, Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Mutu Pendidikan Pada Sekolah Dasar Negeri Di Kota Pekanbaru. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan), 7(1), 54-6.
Suriagiri, Drs. (2020). Kepemimpinan Transformasional. Lhokseumawe: CV. Radja Publika
Uno, H. (2022). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara
Yadi, (2022). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah. https://pakyadimbs.wordpress.com/2022/10/23/kepemimpinantransformasional-kepala-sekolah-3/. diakses 22 November 2023.
Yuli (2021). Menjadi Kepala Sekolah Ideal, Efektif & Efesien. 2019. Batu: Literasi Nusantara.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Setyaningrum R, Taufiqulloh Taufiqulloh, Habibi B

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).