Fungsi Keluarga terhadap Prestasi Anak Tunagrahita di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Bangkinang Kabupaten Kampar
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1474Keywords:
Fungsi Keluarga, Anak Tunagrahita, Prestasi AkademikAbstract
Penelitian ini dilakukan di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Bangkinang Kabupaten Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan fungsi keluarga pada anak tunagrahita selanjutnya untuk mengetahui hubungan fungsi keluarga terhadap prestasi anak tunagrahita di SLB Negeri Bangkinang. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif inferensial dengan sampel sebanyak 60 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sensus. Berdasarkan hasil penelitian bahwa dapat disimpulkan pelaksanaan fungsi keluarga terhadap anak tunagrahita berada pada kategori baik. Hal tersebut berdasarkan hasil temuan peneliti bahwa fungsi biologis, afeksi, sosialisasi dan pendidikan, ekonomi, perlindungan dan agama berada pada kategori baik. Berdasarkan hasil analisis uji korelasi product moment terdapat hubungan antara fungsi keluarga dengan prestasi anak tunagrahita, tingkat hubungan pada variabel ini adalah sangat tinggi. Penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan fungsi keluarga terhadap prestasi anak tunagrahita di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Bangkinang Kabupaten Kampar.
Downloads
References
Farraswati, D. I. (2015). Pola Asuh Keluarga Pada Penyandang Tunagrahita Di Desa Karangpatihan Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo. Pendidikan Non Formal FIP, 2-3.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
J.Goode, W. (1983). Sosiologi Keluarga. Jakarta: Bumi Aksara.
Kementerian Kesehatan RI. 2014. Situasi Penyandang Disabilitas. Vol. 2
KIA, D. B. (2011). Pedoman Pelayanan Kesehatan Anak di Sekolah Luar Biasa (SLB) Bagi Petugas Kesehatan. Jakarta: Kemenkes RI.
Nasution, S. (2011). Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Nida, F. L. (2014). Membangun Konsep Diri Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus, 52-53.
Pradiptya, E. (2020). Peran Lingkungan Sekolah Terhadap Pencapaian Prestasi Akademik dan Non Akademik Siswa. Fakultas Ilmu Pendidikan, 21-25.
Rahma, S. (2016). Peran Keluarga Dalam Pendidikan Anak. Albiwar Jurnal Ilmu Dan Teknik Dakwah, 14-17.
Ruliati. (2020). Dukungan Keluarga Terhadap Fungsi Sosial Pada Anak Retardasi Mental. Jurnal Kesehatan , 200-202.
Rustina. (2022). Keluarga Dalam Kajian Sosiologi. Musawa, 244-267.
Somantri, S. (2006). Psikologi Anak Luar Biasa . Bandung: Rafika Aditama.
Sugiyono, P. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (2nd Ed). Alfabeta.
Suparman. (2016). Pengaruh Pendidikan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, Vol 5, Nomor 2, 35-37.
Winaya, N. L. (2019). Prinsip Khusus dan Jenis Layanan Pendidikan Bagi Anak Tunagrahita. Jurnal Santiaji Pendidikan, 117-118.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Nur Azila, Resdati Resdati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).