Fungsi Keluarga terhadap Prestasi Anak Tunagrahita di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Bangkinang Kabupaten Kampar

Authors

  • Nur Azila Universitas Riau, Indonesia
  • Resdati Resdati Universitas Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1474

Keywords:

Fungsi Keluarga, Anak Tunagrahita, Prestasi Akademik

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Bangkinang Kabupaten Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan fungsi keluarga pada anak tunagrahita selanjutnya untuk mengetahui hubungan fungsi keluarga terhadap prestasi anak tunagrahita di SLB Negeri Bangkinang. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif inferensial dengan sampel sebanyak 60 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sensus. Berdasarkan hasil penelitian bahwa dapat disimpulkan pelaksanaan fungsi keluarga terhadap anak tunagrahita berada pada kategori baik. Hal tersebut berdasarkan hasil temuan peneliti bahwa fungsi biologis, afeksi, sosialisasi dan pendidikan, ekonomi, perlindungan dan agama berada pada kategori baik. Berdasarkan hasil analisis uji korelasi product moment terdapat hubungan antara fungsi keluarga dengan prestasi anak tunagrahita, tingkat hubungan pada variabel ini adalah sangat tinggi. Penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan fungsi keluarga terhadap prestasi anak tunagrahita di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Bangkinang Kabupaten Kampar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Farraswati, D. I. (2015). Pola Asuh Keluarga Pada Penyandang Tunagrahita Di Desa Karangpatihan Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo. Pendidikan Non Formal FIP, 2-3.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

J.Goode, W. (1983). Sosiologi Keluarga. Jakarta: Bumi Aksara.

Kementerian Kesehatan RI. 2014. Situasi Penyandang Disabilitas. Vol. 2

KIA, D. B. (2011). Pedoman Pelayanan Kesehatan Anak di Sekolah Luar Biasa (SLB) Bagi Petugas Kesehatan. Jakarta: Kemenkes RI.

Nasution, S. (2011). Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Nida, F. L. (2014). Membangun Konsep Diri Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus, 52-53.

Pradiptya, E. (2020). Peran Lingkungan Sekolah Terhadap Pencapaian Prestasi Akademik dan Non Akademik Siswa. Fakultas Ilmu Pendidikan, 21-25.

Rahma, S. (2016). Peran Keluarga Dalam Pendidikan Anak. Albiwar Jurnal Ilmu Dan Teknik Dakwah, 14-17.

Ruliati. (2020). Dukungan Keluarga Terhadap Fungsi Sosial Pada Anak Retardasi Mental. Jurnal Kesehatan , 200-202.

Rustina. (2022). Keluarga Dalam Kajian Sosiologi. Musawa, 244-267.

Somantri, S. (2006). Psikologi Anak Luar Biasa . Bandung: Rafika Aditama.

Sugiyono, P. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (2nd Ed). Alfabeta.

Suparman. (2016). Pengaruh Pendidikan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, Vol 5, Nomor 2, 35-37.

Winaya, N. L. (2019). Prinsip Khusus dan Jenis Layanan Pendidikan Bagi Anak Tunagrahita. Jurnal Santiaji Pendidikan, 117-118.

Downloads

Published

2024-08-12

How to Cite

Azila, N., & Resdati, R. (2024). Fungsi Keluarga terhadap Prestasi Anak Tunagrahita di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Bangkinang Kabupaten Kampar. Journal of Education Research, 5(3), 3555–3566. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1474

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check