Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model Project Based Learning dalam Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran IPA Kelas VIII SMP
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1464Keywords:
Pengembangan, Lembar Kerja Peserta Didik, Model Project Based Learning, Kemampuan Berfikir Kreatif, Pembelajaran IPAAbstract
Cara mengajar guru yang sering menggunakan gambar dan pemberian materi dengan metode ceramah membuat peserta didik cenderung kurang memahami materi yang disampaikan dan membuat peserta didik menjadi pasif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan, pengaruh dan efektifitas penerapan Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) Berbasis Model Project Based Learning yang dapat meningkatkan kemampuan berfikir kreatif pada pembelajaran IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pangkah Kabupaten Tegal. Penelitian ini menggunakan metode research and development menggunakan model ADDIE. Produk yang dikembangkan berupa LKPD Berbasis Model Project Based Learning (PjBL) yang diuji melalui Uji Validitas, uji keefektifan dan uji kepraktisan. Adapun subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 1 Pangkah, SMP Negeri 2 Pangkah, dan SMP Negeri 3 Pangkah.. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu lembar validasi untuk mengetahui tingkat kevalidan LKPD yang dikembangkan yang diperoleh dari tim ahli, pretes dan postes hasil belajar untuk mengetahui tingkat keefektifan LKPD dan tingkat keampuan berfikir kreatif, serta angket respon guru dan respon siswa untuk mengetahui tingkat kepraktisan LKPD yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan LKPD berbasis Project Based Learning pada materi Struktur dan Fungsi Tubuh Makhluk Hidup sub materi Sistem Pernapasan penilaian ahli materi memdapat rerata skor sebesar 86,66%, ahli desain rerata skor sebesar 92% kategori sangat layak, ahli IPA rerata skor presentase sebesar 96% sangat layak. Respon guru rerata skor sebesar 87,88% kategori sangat layak. Respon siswa pada Uji Coba lapangan awal rerata skor sebesar 85,56% kategori sangat layak, uji coba lapangan diperluas rerata skor sebesar 87,29% kategori sangat layak dan uji coba lapangan operasional di SMP N 2 Pangkah rerata 86,55% kategori sangat layak , uji coba lapangan operasional di SMP N 3 Pangkah rerata skor sebesar 85,68% kategori sangat layak. Keefektifan LKPD Berbasis Model Project Based Learning terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif pembelajaran IPA bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pangkah Kabupaten Tegal berdasarkan penilaian N Gain pada uji coba lapngan awal/ terbatas diperileh nilai 0,52 kategori sedang cukup efektif. Uji coba lapngan diperluas diperileh nilai 0,80 kategori tinggi, efektif. Uji coba lapngan operasional di SMP N 2 Pangkah diperileh nilai 0,84 dengan kategori tinggi, efektif. Uji coba lapngan operasional di SMP N 3 Pangkah diperileh nilai 0,79 kategori tinggi, efektif untuk menambah kemampuan siswa. Pada kemampuan berfikir kreatif secara umum dalam penelitian dalam kategori baik. Kesimpulannya Pengembangan LKPD berbasis PjBL efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran IPA kelas VIII di SMP Negeri 1 Pangkah dan disarankan LKPD untuk dimanfaatkan di sekolah lain di kelas VIII.
Downloads
References
Murni, A. W., & Yasin, F. N. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Proyek pada Materi Siklus Air Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6196–6210. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1696
Ngalimun, 2018. Strategi dan Model Pembelajaran, (Yogyakarta: PT. Aswaja Pressindo, hlm.191
Puri D ,. & Miralis (2015). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Mind Mapping Pada Materi Laju Reaksi Untuk Melatihkan Berfikir Kreatif Peserta Didik kelas XI SMA Unesa Journal Of Chemikal Education 4. 341
Rachmawati, dkk., Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Taman Kanak• Kanak, (Jakarta: Kencana, 2010),
Sani. 2017. , Pembela}aran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013, (Jakarta: Bumi Aksara, 2017), Hlm.172
Sari, L., Taufina, T., & Fachruddin, F. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Menggunakan Model PJBL di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 813–820. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.434
Shoimin, Aris, 2017. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam kurikulum Merdeka. Yogyakarta Ar-Ruzz Media
Siswa, K. B. (2021). IRSYADUNA: Jurnal Studi Kemahasiswaan Vol. 1, No. 1, April 2021 P-ISSN : - ; E-ISSN : - https://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/irsyaduna. 1(1), 1–13
Astutik, Sri dkk “Effectiveness Of Collaborative Students Worksheet To Improve Students Affective Scientific Collaborative And Science Process Skills”,Internal Journal Of Education And Research. Vol. 5, No. 1 (2017), h.152
Sugiyono (1016), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, danR&D, (Bandung: Alvabeta, 2016), h. 172-173
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian, (Jakarta: Rineka Cipta, 2002 ), h. 193
Supardi, 2015. "Peran Berpikir Kreatif dalam Proses Pembelajaran Matematika", Jurnal Formatif, Vol. 2, No. 3, (2015), h. 254
Thamrin Tayeb, 2017. Analisis dan manfaat model Pembelajaran. Alaudina Vo.4. No,2.48
Warsono dan Heriyanto, 2013 Pembelajaran aktif: Teori dan asesmen, (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2013), hlrn. 157
Wena, Made. 2015. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer ; suatu Tinjauan Konseptula Operasional . Jakarta , Bumi Aksara
Winny Liliawati, "Pembekalan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA Melalui Pembelajaran Fisika Berbasis Masalah", Jurnal Penga}aran MIPA, Vol. 16, No. 2, (2011 ), h. 94
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Natiqoh Nurkhasanah, Burhan Eko Purwanto, Basukiyatno Basukiyatno

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).