Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model Project Based Learning dalam Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran IPA Kelas VIII SMP

Authors

  • Natiqoh Nurkhasanah Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Burhan Eko Purwanto Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Basukiyatno Basukiyatno Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1464

Keywords:

Pengembangan, Lembar Kerja Peserta Didik, Model Project Based Learning, Kemampuan Berfikir Kreatif, Pembelajaran IPA

Abstract

Cara mengajar guru yang sering menggunakan gambar dan pemberian materi dengan metode ceramah membuat peserta didik cenderung kurang memahami materi yang disampaikan dan membuat peserta didik menjadi pasif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan, pengaruh dan efektifitas penerapan  Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) Berbasis Model Project Based Learning yang dapat meningkatkan kemampuan berfikir kreatif  pada pembelajaran IPA siswa kelas  VIII  SMP Negeri 1 Pangkah Kabupaten Tegal.  Penelitian ini menggunakan metode research and development  menggunakan model ADDIE. Produk yang dikembangkan berupa LKPD Berbasis Model Project Based Learning (PjBL) yang diuji melalui Uji Validitas, uji keefektifan dan uji kepraktisan. Adapun subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 1 Pangkah, SMP Negeri 2 Pangkah, dan SMP Negeri 3 Pangkah.. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu lembar validasi untuk mengetahui tingkat kevalidan LKPD yang dikembangkan yang diperoleh dari tim ahli, pretes dan postes hasil belajar untuk mengetahui tingkat keefektifan LKPD dan tingkat keampuan berfikir kreatif, serta angket respon guru dan respon siswa untuk mengetahui tingkat kepraktisan LKPD yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan LKPD berbasis Project Based Learning pada materi Struktur dan Fungsi Tubuh Makhluk Hidup sub materi Sistem Pernapasan   penilaian ahli materi memdapat rerata skor  sebesar 86,66%, ahli desain rerata skor sebesar 92% kategori sangat layak, ahli IPA rerata skor presentase sebesar 96%  sangat layak. Respon guru rerata skor sebesar 87,88% kategori sangat layak. Respon siswa pada Uji Coba lapangan awal  rerata skor sebesar 85,56%  kategori sangat layak,  uji coba lapangan diperluas  rerata skor  sebesar 87,29%  kategori sangat layak dan uji coba lapangan operasional di SMP N 2 Pangkah rerata 86,55% kategori sangat layak , uji coba lapangan operasional di SMP N 3 Pangkah  rerata skor  sebesar 85,68%  kategori sangat layak. Keefektifan  LKPD Berbasis Model Project Based Learning  terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif pembelajaran IPA bagi siswa kelas   VIII  SMP Negeri 1 Pangkah  Kabupaten Tegal berdasarkan penilaian N Gain pada uji coba lapngan awal/ terbatas diperileh nilai 0,52 kategori sedang cukup efektif. Uji coba lapngan diperluas diperileh nilai 0,80 kategori tinggi, efektif. Uji coba lapngan operasional di SMP N 2 Pangkah diperileh nilai 0,84 dengan kategori tinggi, efektif. Uji coba lapngan operasional di SMP N 3 Pangkah diperileh nilai 0,79 kategori tinggi, efektif untuk menambah kemampuan siswa. Pada kemampuan berfikir kreatif secara umum dalam penelitian dalam kategori baik. Kesimpulannya Pengembangan LKPD berbasis PjBL efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran IPA kelas VIII di SMP Negeri 1 Pangkah dan disarankan LKPD untuk dimanfaatkan di sekolah lain di kelas VIII.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Murni, A. W., & Yasin, F. N. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Proyek pada Materi Siklus Air Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6196–6210. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1696

Ngalimun, 2018. Strategi dan Model Pembelajaran, (Yogyakarta: PT. Aswaja Pressindo, hlm.191

Puri D ,. & Miralis (2015). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Mind Mapping Pada Materi Laju Reaksi Untuk Melatihkan Berfikir Kreatif Peserta Didik kelas XI SMA Unesa Journal Of Chemikal Education 4. 341

Rachmawati, dkk., Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Taman Kanak• Kanak, (Jakarta: Kencana, 2010),

Sani. 2017. , Pembela}aran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013, (Jakarta: Bumi Aksara, 2017), Hlm.172

Sari, L., Taufina, T., & Fachruddin, F. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Menggunakan Model PJBL di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 813–820. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.434

Shoimin, Aris, 2017. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam kurikulum Merdeka. Yogyakarta Ar-Ruzz Media

Siswa, K. B. (2021). IRSYADUNA: Jurnal Studi Kemahasiswaan Vol. 1, No. 1, April 2021 P-ISSN : - ; E-ISSN : - https://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/irsyaduna. 1(1), 1–13

Astutik, Sri dkk “Effectiveness Of Collaborative Students Worksheet To Improve Students Affective Scientific Collaborative And Science Process Skills”,Internal Journal Of Education And Research. Vol. 5, No. 1 (2017), h.152

Sugiyono (1016), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, danR&D, (Bandung: Alvabeta, 2016), h. 172-173

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian, (Jakarta: Rineka Cipta, 2002 ), h. 193

Supardi, 2015. "Peran Berpikir Kreatif dalam Proses Pembelajaran Matematika", Jurnal Formatif, Vol. 2, No. 3, (2015), h. 254

Thamrin Tayeb, 2017. Analisis dan manfaat model Pembelajaran. Alaudina Vo.4. No,2.48

Warsono dan Heriyanto, 2013 Pembelajaran aktif: Teori dan asesmen, (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2013), hlrn. 157

Wena, Made. 2015. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer ; suatu Tinjauan Konseptula Operasional . Jakarta , Bumi Aksara

Winny Liliawati, "Pembekalan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA Melalui Pembelajaran Fisika Berbasis Masalah", Jurnal Penga}aran MIPA, Vol. 16, No. 2, (2011 ), h. 94

Downloads

Published

2024-08-13

How to Cite

Nurkhasanah, N., Purwanto, B. E., & Basukiyatno, B. (2024). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model Project Based Learning dalam Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran IPA Kelas VIII SMP. Journal of Education Research, 5(3), 3672–3687. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1464

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>