Pengembangan Model Bermain Musik Ritmis Lengdokber untuk Membangun Karakter Disiplin Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1463Keywords:
Musik Ritmis Lengdokber, Karakter Disiplin, Peserta DidikAbstract
Pembelajaran musik ritmis lengdokber merupakan salah satu media dalam upaya membangun karakter disiplin peserta didik yang terjadi di sekolah. Melalui Pendekatan kualitatif fakta-fakta diperoleh dan menjadi data yang dibutuhkan dengan melakukan observasi langsung , wawancara dengan nara sumber, dan observasi kelas, untuk mendapatkan laporan yang akurat dalam penelitian. Adapun implementasi pembelajaran musik ritmis lengdokber tersebut masih mengalami kendala-kendala dalam praktek langsung oleh peserta didik yang disebabkan kurangnya pemahaman tentang wawasan alat musik dan birama dalam teori musik yang dipelajari selama ini. Pada penelitian ini difokuskan dengan pengembangan karakter disiplin diri dalam pembelajaran seni musik di SD Negeri Capar Kecamatan Jatinegara Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2023/2024 , melalui kegiatan bermain musik ritmis lengdokber . Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif . Subyek penelitiannya adalah peserta didik yang masih duduk di kelas IV, V, dan VI yang belum disiplin. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Prosedur pengumpulan data melalui tahap persiapan dan pelaksanaan. Analisis data yang dilakukan menggunakan analisi Nvivo. Kesimpulan penelitian ini , peserta didik yang terlibat dalam bermain musik ritmis lengdokber dalam pembelajaran seni musik menjadi lebih disiplin akibat dari kegiatan yang diikutinya. Disiplin yang didapatkan peserta didik ditingkatkan melalui komunikasi yang efektif, penegakan aturan sekolah dan peningkatan pemahaman tentang materi yang dipelajarinya.
Downloads
References
Anni, C. T. Dkk. 2006. Psikologi Belajar. Semarang: MKK UNNES BSNP. 2007. A z z e t , Buku Pegangan Guru ( 2002 ), Integrasi Budi Pekerti ke dalam PKn, Depdikbud :
Jakarta : Intan Pariwara
Christianto, Nastiti. 2011. Angket Aktivitas Belajar
http://www.slideshare.net.(diunduh 2/3/2024)
Damadi,H. 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa, CV. Budi Utama , Yogyakarta
Dini, J. P. A. U. "Pengembangan model pembelajaran saintifik berbasis kearifan lokal untuk perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun." Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini (2021): 1557-1565
Depdikbud. 1999. Alat Penilaian Kemampuan Guru.Jakarta: Dijen Dikti
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan .1997, Kamus Besar Bahasa Indonesia Jakarta : Balai Pustaka
Kosasih,E, 2022. Pengembangan Bahan Ajar , PT. Bumi Aksara , Jakarta
Wijaya, H., & Arismunandar, A. (2018). Pengembangan model pembelajaran kooperatif tipe stad berbasis media sosial. Jurnal Jaffray, 16(2), 175-196.
Widyaningsih , Octaviany, and Devita Cahyani Nugrahen. "Pengembangan model pembelajaran blended learning untuk Sekolah Dasar." Jurnal Pendidikan Dasar 10.2 (2019): 143-156
Hamalik, O. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Hamalik, O. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara Khasanah, K. 2011. Pembelajaran Musik di SD
http://edukasi.kompasiana.com/2011/01/03/pembelajaran-musik.di-sd/.
(diunduh 26/12/11)
Kozma, R. B. (1991). "Learning with media." Review of Educational Research,61(2),179-212
Lie, Anitah. 2010. Cooperative Learning. Jakarta: Gramedia
Munib, A. dkk. 2007. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press
Narimo dan Eka K. 2010. Seni Budaya dan Keterampilan Untuk SD/MI Kelas IV. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasiopnal Nomor 23 Tahun 2006 (Setandar Tentang Kompetensi LulusanUntuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah). 2006. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Kurikulum Tingkat Satuan
Narwanti, Sri .2011 Pendidikan Karakter , Jakarta : Yogyakarta : Familia ( Grup Relasi Inti Media
Nashir, Haedar . 2013 . Pendidikan Karakter Berbasis Agama dan Kebudayaan : Yogyakarta , Multi Presindo
Nasution. 2003. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif, Bandung : Tarsito Nasution Paryanto, J. dkk. 2010. Seni Budaya dan Keterampilan. Surakarta: Mediatama
Permendiknas Nomor 23 Tahun 2006 (Setandar Tentang Kompetensi Lulusan Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah). 2006. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SD-MI Kelas
V. Badan Standarisasi Nasional(BNSP). Departemen Pendidikan Nasional.
Power, B. dan Christopher, K. 2001. The classroom practice of creative arts education in NSW primary school: a descriptive account. International Jurnal of Education & the Art. http://www.ijea.org//. (Diakses 29/12/12)
Rifa’i, Achmad dan Catharina Tri Anni. 2009. Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES PRESS
Rahardi,Aristo : Media Pembelajaran , ( 2003 ) Depdiknas : Jakart
Rima, Y. 2010. Mengenal Alat Musik. Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Sagala, Syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: ALFABETA Sadiman, A. dkk. 2009. Media Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada Safrina, R. 2002. Pendidikan Seni Musik.Bandung: CV.Maulana
Siddiq, M. Djauhar,dkk. 2008. Pengembangan Bahan Pembelajaran SD.
Jakarta:Depdiknas
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana, N. 2010. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Syah, I. Hr. 2010. Pendidikan Seni Musik di SD. http://edukasi.kompasiana.com/2010/12/30/pedidikan-seni-musik-di- sd/. (Diunduh 25/12/11)
Syamsudin, A & Nandang Budiman. 2003. Profesi Keguruan 2. Jakarta: uiversitas Terbuka
Sukarman, Herry : Dasar-dasar Didaktik dan Penerapannya dalam Pembelajaran , ( 2003 ) Depdiknas : Jakarta
Suprayekti, Interaksi Belajar Mengajar ,( 2003 ) Depdinas : Jakarta
Thabroni, M & Arif, M. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Jogjaakarta: Ar-Ruzz Media
Wibowo, M. E. 2010. Panduan Penulisan Karya Ilmiah.Semarang: Universitas Negeri Semarang
Yonny, A. dkk. 2010. Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Famila: Yogyakart Yahya, Yudrik, Wawasan Kependidikan, ( 2003 ), Depdiknas : Jakarta
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2024 Nurwadi Nurwadi, Basukiyatno Basukiyatno, Maufur Maufur

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).