Pengembangan Model Bermain Musik Ritmis Lengdokber untuk Membangun Karakter Disiplin Peserta Didik

Authors

  • Nurwadi Nurwadi Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal
  • Basukiyatno Basukiyatno Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal
  • Maufur Maufur Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1463

Keywords:

Musik Ritmis Lengdokber, Karakter Disiplin, Peserta Didik

Abstract

Pembelajaran musik ritmis lengdokber merupakan salah satu media dalam upaya membangun karakter disiplin peserta didik yang terjadi di sekolah. Melalui Pendekatan kualitatif fakta-fakta diperoleh dan menjadi data yang dibutuhkan dengan melakukan observasi langsung , wawancara dengan nara sumber, dan observasi kelas, untuk mendapatkan laporan yang akurat dalam penelitian. Adapun implementasi pembelajaran musik ritmis lengdokber tersebut masih mengalami kendala-kendala dalam praktek langsung oleh peserta didik yang disebabkan kurangnya pemahaman tentang wawasan alat musik dan birama dalam teori musik yang dipelajari selama ini. Pada penelitian ini difokuskan dengan pengembangan karakter disiplin diri dalam pembelajaran seni musik di SD Negeri Capar Kecamatan Jatinegara Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2023/2024 , melalui kegiatan bermain musik ritmis lengdokber . Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif . Subyek penelitiannya adalah peserta didik yang masih duduk di kelas IV, V, dan VI yang belum disiplin. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Prosedur pengumpulan data melalui tahap persiapan dan pelaksanaan. Analisis data yang dilakukan menggunakan analisi Nvivo. Kesimpulan penelitian ini , peserta didik yang terlibat dalam bermain musik ritmis lengdokber dalam pembelajaran seni musik menjadi lebih disiplin akibat dari kegiatan yang diikutinya. Disiplin yang didapatkan peserta didik ditingkatkan melalui komunikasi yang efektif, penegakan aturan sekolah dan peningkatan pemahaman tentang materi yang dipelajarinya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anni, C. T. Dkk. 2006. Psikologi Belajar. Semarang: MKK UNNES BSNP. 2007. A z z e t , Buku Pegangan Guru ( 2002 ), Integrasi Budi Pekerti ke dalam PKn, Depdikbud :

Jakarta : Intan Pariwara

Christianto, Nastiti. 2011. Angket Aktivitas Belajar

http://www.slideshare.net.(diunduh 2/3/2024)

Damadi,H. 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa, CV. Budi Utama , Yogyakarta

Dini, J. P. A. U. "Pengembangan model pembelajaran saintifik berbasis kearifan lokal untuk perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun." Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini (2021): 1557-1565

Depdikbud. 1999. Alat Penilaian Kemampuan Guru.Jakarta: Dijen Dikti

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan .1997, Kamus Besar Bahasa Indonesia Jakarta : Balai Pustaka

Kosasih,E, 2022. Pengembangan Bahan Ajar , PT. Bumi Aksara , Jakarta

Wijaya, H., & Arismunandar, A. (2018). Pengembangan model pembelajaran kooperatif tipe stad berbasis media sosial. Jurnal Jaffray, 16(2), 175-196.

Widyaningsih , Octaviany, and Devita Cahyani Nugrahen. "Pengembangan model pembelajaran blended learning untuk Sekolah Dasar." Jurnal Pendidikan Dasar 10.2 (2019): 143-156

Hamalik, O. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Hamalik, O. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara Khasanah, K. 2011. Pembelajaran Musik di SD

http://edukasi.kompasiana.com/2011/01/03/pembelajaran-musik.di-sd/.

(diunduh 26/12/11)

Kozma, R. B. (1991). "Learning with media." Review of Educational Research,61(2),179-212

Lie, Anitah. 2010. Cooperative Learning. Jakarta: Gramedia

Munib, A. dkk. 2007. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press

Narimo dan Eka K. 2010. Seni Budaya dan Keterampilan Untuk SD/MI Kelas IV. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasiopnal Nomor 23 Tahun 2006 (Setandar Tentang Kompetensi LulusanUntuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah). 2006. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Kurikulum Tingkat Satuan

Narwanti, Sri .2011 Pendidikan Karakter , Jakarta : Yogyakarta : Familia ( Grup Relasi Inti Media

Nashir, Haedar . 2013 . Pendidikan Karakter Berbasis Agama dan Kebudayaan : Yogyakarta , Multi Presindo

Nasution. 2003. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif, Bandung : Tarsito Nasution Paryanto, J. dkk. 2010. Seni Budaya dan Keterampilan. Surakarta: Mediatama

Permendiknas Nomor 23 Tahun 2006 (Setandar Tentang Kompetensi Lulusan Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah). 2006. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SD-MI Kelas

V. Badan Standarisasi Nasional(BNSP). Departemen Pendidikan Nasional.

Power, B. dan Christopher, K. 2001. The classroom practice of creative arts education in NSW primary school: a descriptive account. International Jurnal of Education & the Art. http://www.ijea.org//. (Diakses 29/12/12)

Rifa’i, Achmad dan Catharina Tri Anni. 2009. Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES PRESS

Rahardi,Aristo : Media Pembelajaran , ( 2003 ) Depdiknas : Jakart

Rima, Y. 2010. Mengenal Alat Musik. Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Sagala, Syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: ALFABETA Sadiman, A. dkk. 2009. Media Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada Safrina, R. 2002. Pendidikan Seni Musik.Bandung: CV.Maulana

Siddiq, M. Djauhar,dkk. 2008. Pengembangan Bahan Pembelajaran SD.

Jakarta:Depdiknas

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana, N. 2010. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Syah, I. Hr. 2010. Pendidikan Seni Musik di SD. http://edukasi.kompasiana.com/2010/12/30/pedidikan-seni-musik-di- sd/. (Diunduh 25/12/11)

Syamsudin, A & Nandang Budiman. 2003. Profesi Keguruan 2. Jakarta: uiversitas Terbuka

Sukarman, Herry : Dasar-dasar Didaktik dan Penerapannya dalam Pembelajaran , ( 2003 ) Depdiknas : Jakarta

Suprayekti, Interaksi Belajar Mengajar ,( 2003 ) Depdinas : Jakarta

Thabroni, M & Arif, M. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Jogjaakarta: Ar-Ruzz Media

Wibowo, M. E. 2010. Panduan Penulisan Karya Ilmiah.Semarang: Universitas Negeri Semarang

Yonny, A. dkk. 2010. Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Famila: Yogyakart Yahya, Yudrik, Wawasan Kependidikan, ( 2003 ), Depdiknas : Jakarta

Downloads

Published

2024-08-13

How to Cite

Nurwadi, N., Basukiyatno, B., & Maufur, M. (2024). Pengembangan Model Bermain Musik Ritmis Lengdokber untuk Membangun Karakter Disiplin Peserta Didik. Journal of Education Research, 5(3), 3659–3671. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1463

Issue

Section

Articles

Categories