Pengaruh Media Gambar Interaktif terhadap Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA di Kelas IV SD

Authors

  • Vanessa Putri Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia
  • Mawar Sari Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1461

Keywords:

Minat Belajar, IPA, Median, Interaktif

Abstract

Minat sangat besar pengaruhnya terhadap hasil belajar, karena apabila bahan pelajaran yang dipelajari tidak sesuai dengan minat, siswa tidak akan belajar dengan baik sebab tidak menarik baginya. Dapat di simpulkan minat belajar adalah rasa lebih suka dan ketertarikan pada satu hal atau aktivitas, tanpa ada yang menyuruh. Rendahnya Minat belajar siswa pada pembelajaran Ilmu pengetahuan alam disebabkan karena kurangnya penggunaan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Adapun tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui pengaruh Media Gambar Interaktif Terhadap Minat Belajarr Siswa Pada Pembelajaran IPA di Kelas IV SD Bina Taruna Jaya Medan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian kuantitatif model eksperiment dengan subjek yakni siswa kelas IV SD yang berjumlah 24 siswa. Hasil dalam penelitian ini menunjukan jika persentase Minat belajar siswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya yakni pada prasiklus 58,33% lalu pada siklus I adalah 75% dan 96% pada siklus II. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan Minat belajar mata Pelajaran IPA siswa kelas IV setelah menggunakan Media Gambar Interaktif

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, M., Pelita Bangsa Muhamad Virgi Pratama, U., Pelita Bangsa Niken Ayu Pratiwi, U., Pelita Bangsa Ari Fujiarti, U., & Pelita Bangsa, U. (2024). Pengaruh Media Interaktif Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas 4 SD. Jurnal Jendela Pendidikan, 4(01).

Batista, J., & Junior, B. (2020). Assessment For Learning With Mobile Apps: Exploring The Potential Of Quizizz In The Educational Context. IJDR: International Journal of Development Research, 10(1). https://quizizz.com/about

Charli, L., Ariani, T., & Asmara, L. (2019). Hubungan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 2(2), 52–60. https://doi.org/10.31539/spej.v2i2.727

Gunawan, D. (2020). Pengaruh Media Video Interaktif Terhadap Hasil Belajar Kognitif Kelasa Iv Sd Negeri 2 Karangrejo Trenggalek. Eduproxima (Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 2(1).

Krapp, A., Hidi, S., Renninger, K. A., Valsiner, J., & Deci, E. L. (1992). General Questions In The Study Of Interest. The Role of interest in Learning and Development.

Loviyani Putri, Y., & Rifai, A. (2019). Pengaruh Sikap dan Minat Belajar terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 3(2), 173–184. https://doi.org/10.15294/pls.v2i1.23448

Nabawi, R. (2019). Pengaruh Lingkungan Kerja, Kepuasan Kerja dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(2), 170–183. https://doi.org/10.30596/maneggio.v2i2.3667

Nisa, A. (2015). Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, II(1).

Rahman Hakim, B., & Teknik Elektro, J. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Animasi Flash Pada Standar Kompetensi Memasang Instalasi Penerangan Listrik Bangunan Sederhana Di Smk Walisongo 2 Gempol Subuh Isnur Haryudo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(1), 15–21.

Rofi’ah, N., Ardiansyah, A., & Mustafida, F. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Gambar Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Negeri 1 Garum. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam. http://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/index

Rulismi, D., Sahil, A., & Dali, Z. (2024). Effectiveness of the Use of Quizizz Media on Students’ Learning Interest. Futurity Education, 4(2), 245–262. https://doi.org/10.57125/fed.2024.06.25.13

Safitri, A. (2020). Penggunaan Media Gambar Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas Iv Di Sd Negeri 3 Ranomeeto. In Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan (Vol. 20, Issue 1).

Setyowati, E., Hidayati, I. S., & Hermawan, T. (2020). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Pemahaman Konsep Dalam Pembelajaran Matematika Di Mts Darul Ulum Muhammadiyah Galur. Intersections: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(2).

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D (3rd ed.). Sutopo.

Wang, Z., & Adesope, O. (2016). Exploring the effects of seductive details with the 4-phase model of interest. Learning and Motivation, 55, 65–77. https://doi.org/10.1016/j.lmot.2016.06.003

Downloads

Published

2024-09-01

How to Cite

Putri, V., & Sari, M. (2024). Pengaruh Media Gambar Interaktif terhadap Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA di Kelas IV SD. Journal of Education Research, 5(4), 4269–4276. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1461

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check