Pengaruh Media Gambar Interaktif terhadap Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA di Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1461Keywords:
Minat Belajar, IPA, Median, InteraktifAbstract
Minat sangat besar pengaruhnya terhadap hasil belajar, karena apabila bahan pelajaran yang dipelajari tidak sesuai dengan minat, siswa tidak akan belajar dengan baik sebab tidak menarik baginya. Dapat di simpulkan minat belajar adalah rasa lebih suka dan ketertarikan pada satu hal atau aktivitas, tanpa ada yang menyuruh. Rendahnya Minat belajar siswa pada pembelajaran Ilmu pengetahuan alam disebabkan karena kurangnya penggunaan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Adapun tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui pengaruh Media Gambar Interaktif Terhadap Minat Belajarr Siswa Pada Pembelajaran IPA di Kelas IV SD Bina Taruna Jaya Medan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian kuantitatif model eksperiment dengan subjek yakni siswa kelas IV SD yang berjumlah 24 siswa. Hasil dalam penelitian ini menunjukan jika persentase Minat belajar siswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya yakni pada prasiklus 58,33% lalu pada siklus I adalah 75% dan 96% pada siklus II. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan Minat belajar mata Pelajaran IPA siswa kelas IV setelah menggunakan Media Gambar Interaktif
Downloads
References
Amalia, M., Pelita Bangsa Muhamad Virgi Pratama, U., Pelita Bangsa Niken Ayu Pratiwi, U., Pelita Bangsa Ari Fujiarti, U., & Pelita Bangsa, U. (2024). Pengaruh Media Interaktif Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas 4 SD. Jurnal Jendela Pendidikan, 4(01).
Batista, J., & Junior, B. (2020). Assessment For Learning With Mobile Apps: Exploring The Potential Of Quizizz In The Educational Context. IJDR: International Journal of Development Research, 10(1). https://quizizz.com/about
Charli, L., Ariani, T., & Asmara, L. (2019). Hubungan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 2(2), 52–60. https://doi.org/10.31539/spej.v2i2.727
Gunawan, D. (2020). Pengaruh Media Video Interaktif Terhadap Hasil Belajar Kognitif Kelasa Iv Sd Negeri 2 Karangrejo Trenggalek. Eduproxima (Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 2(1).
Krapp, A., Hidi, S., Renninger, K. A., Valsiner, J., & Deci, E. L. (1992). General Questions In The Study Of Interest. The Role of interest in Learning and Development.
Loviyani Putri, Y., & Rifai, A. (2019). Pengaruh Sikap dan Minat Belajar terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 3(2), 173–184. https://doi.org/10.15294/pls.v2i1.23448
Nabawi, R. (2019). Pengaruh Lingkungan Kerja, Kepuasan Kerja dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(2), 170–183. https://doi.org/10.30596/maneggio.v2i2.3667
Nisa, A. (2015). Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, II(1).
Rahman Hakim, B., & Teknik Elektro, J. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Animasi Flash Pada Standar Kompetensi Memasang Instalasi Penerangan Listrik Bangunan Sederhana Di Smk Walisongo 2 Gempol Subuh Isnur Haryudo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(1), 15–21.
Rofi’ah, N., Ardiansyah, A., & Mustafida, F. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Gambar Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Negeri 1 Garum. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam. http://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/index
Rulismi, D., Sahil, A., & Dali, Z. (2024). Effectiveness of the Use of Quizizz Media on Students’ Learning Interest. Futurity Education, 4(2), 245–262. https://doi.org/10.57125/fed.2024.06.25.13
Safitri, A. (2020). Penggunaan Media Gambar Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas Iv Di Sd Negeri 3 Ranomeeto. In Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan (Vol. 20, Issue 1).
Setyowati, E., Hidayati, I. S., & Hermawan, T. (2020). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Pemahaman Konsep Dalam Pembelajaran Matematika Di Mts Darul Ulum Muhammadiyah Galur. Intersections: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(2).
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D (3rd ed.). Sutopo.
Wang, Z., & Adesope, O. (2016). Exploring the effects of seductive details with the 4-phase model of interest. Learning and Motivation, 55, 65–77. https://doi.org/10.1016/j.lmot.2016.06.003
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Vanessa Putri, Mawar Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).