Analisis Kemampuan Guru dalam Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pembelajaran IPAS di UPT SDN 013 Kumantan

Authors

  • Salma Juita Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
  • Rizki Ananda Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
  • Syahrul Rizal Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1460

Keywords:

Analisis Kemampuan Guru, Pembelajaran Berdiferensiasi, Pembelajaran IPAS

Abstract

Dalam kurikulum merdeka guru diwajibkan untuk mampu menerapkan pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan guru dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran IPAS di UPT SDN 013 Kumantan. Subjek dalam penelitian ini adalah dua orang guru yaitu wali kelas IV dan wali kelas V. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah kemampuan guru UPT SDN 013 Kumantan dalam penerapan berdiferensiasi ini sudah baik. Dalam perencanaan kegiatan pembelajaran berdiferensiasi guru melakukan pengelompokan peserta didik guru membuat bahan ajar yang akan digunakan dan menyesuaikannya dengan gaya belajar peserta didik. Pelaksanaan kegiatan pembelajaran berdiferensiasi sudah sesuai dengan perencanaan yang dirancang diawali dari pembagian kelompok belajar, konten yang dipelajari, proses saat belajar dan produk. Evaluasi kegiatan pembelajaran berdiferensiasi guru memberikan tugas- tugas untuk melihat sejauh mana kemampuan peserta didik. Kendala guru dalam mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran berdiferensiasi ini adalah susahnya mengontrol atau mengatur peserta didik dengan gaya belajar yang berbeda dengan waktu yang bersamaan. Upaya yang dilakukan untuk menghadapi kendala dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi ini adalah dengan lebih meningkatkan atau lebih ekstra lagi dalam pengamatan atau memantau peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung & Iskandar. (2014). Mengembangkan Profesionalitas Guru (Upaya Meningkatkan Kompetensi dan Profesionalisme Kinerja Guru). Jakarta: Bee Media Pustaka.

Agustina. B. R. (2023). Survey Kemampuan Guru dalam Menerapkan Pembelajaran Berdiferensiasi di SDN Gugus I Kecamatan Mataram. Universitas Mataram, Mataram, Indonesia. Jurnal Pendidikan Generasi Nusantara (Jpgenus).

Amannasrullah Amin, (2019). Hubungan Kompetensi Guru dengan Interaksi Edukatif dalam Perspektif Peserta Didik. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam.

Aprima, D. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. Skripsi

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.

Asril, dkk., (2019). Analisis Hubungan Kompetensi Bahasa Indonesia Terhadap Pedagogic Mahapeserta didik Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Premiere Educandum Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran.

Bayumi, dkk. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berdiferensiasi. Yogyakarta: Cv Budi Utama Bumi Aksara.

Dego, A., dkk,. (2019). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru IPS di SMP Negeri 1 Kabupaten Pulau Morotai. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689– 1699. Https://Doi.Org/10.24036/Scs.V6i2.151.

Depdiknas. (2004). Kerangka Dasar Kurikulum 2004. Jakarta.

Dudung, A. (2018). Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan, 5(1): 9 19.

Dwijendra & Ganesha, (2022). Analisis Perubahan Kurikulum Ditinjau dari Kurikulum Sebagai Suatu Ide. Jurnal Education.

Dwintari, J. W. (2017). Kompetensi Kepribadian Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(2), 51-57.

Fellang, I., dkk. (2021). The Supervision Role of Madrasah Heads In Supporting Teacher Competency Improvement. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 6(6).

Fitra, (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Perspektif Progresivisme pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Filsafat Indonesia, Vol 5, No 3.

Gusteti, M.U. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pembelajaran Matematika di Kurikulum Merdeka. Skripsi.

H.B. Uno. (2021). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta.

Haryanto. (2019). Professional Development of Teachers For Curriculum Reform in Indonesia. Journal of Education and Learning, 13(4), 476-482.

Hermawan, H. (2020). Kurikulum Merdeka Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(2), 137-144.

Kamal, M,. (2019). Guru! Suatu Kajian Teoritis dan Praktis. (Bandar Lampung: Cv. Anugrah Utama Raharja.

Kemdikbud. (2020). Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013 Revisi 2019. Retrieved From Https://Bse.Kemdikbud.Go.Id/.

Kemdikbud. (2020). Petunjuk Teknis Pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Mariati, P., dkk. (2021). Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction).

Marlina, M. (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. Cv. Afifa Utama.

Marlina. (2020). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. Cv. Afifa Utama.

Novak, J. D. (2020). Learning, Creating, And Using Knowledge: Concept Maps As Facilitative Tools In Schools And Corporations. Routledge.

Novauli. F,. (2015). Kompetensi Guru dalam Peningkatan Prestasi Belajar pada SMP Negeri Dalam Kota Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan. Pascasarja Universitas Syiah Kuala.

Pardede, S. (2020). Analysis Of Influencing Factors Toward Capability Improvement Of Information And Communication Technology (ICT) Integration Of Teachers. Issue 4 Ser. Iv, 10, 24–33. Https://Doi.Org/10.9790/7388-1004042433.

Poerwandari, E. K. (2017). Pendekatan Kualitatif untuk Penelitian Perilaku Manusia. Lpsp3 UI.

Pratama, R. A. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 2 Pada Materi Menggambar Grafik Fungsi di SMP. Patra Dharma 2 Balik papan. Jurnal Dimensi, 1(1).

Rahardjo, S. & Gudnanto. (2016). Pemahaman Individu Teknik Non Tes. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Rohman, A. D., dkk. (2023). Penggunaan Media Kartu Transformasi Energi pada Mata Pelajaran IPAS dalam Meningkatkan Sikap Berpikir Kritis Peserta didik Kelas IV MII Degayu 02 Pekalongan. Prosiding Semai 2. Seminar Nasional Pgmi 2023, 35–43.

Sherly., dkk. (2020). Manajemen Pendidikan: Tinjauan Teori Dan Praktis. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.

Sopianti, D. (2022). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas XI di SMAN 5 Garut. Skripsi.

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Cv. Alfabeta.

Sulastri, S., dkk. (2020). Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal Of Education Research, 1(3): 258-264.

Suprihatiningrum, & Jamil. (2016). Strategi Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Suprihatiningrum, J. (2016). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Cv Andi Ofset,

Syam, M. A. (2019) Analisis Perilaku Bullying dan Penanganannya (Studi Kasus Salah Seorang Pelaku Bullying di SMP Negeri 4 Sendana.. Universitas Negeri Makassar.

Widodo, S. A., dkk. ((2021). Peran Sekolah Penggerak dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Administrasi Pendidikan, 23(1), 11-20.

Downloads

Published

2024-12-12

How to Cite

Juita, S., Ananda, R., & Rizal, S. (2024). Analisis Kemampuan Guru dalam Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pembelajaran IPAS di UPT SDN 013 Kumantan. Journal of Education Research, 5(4), 6198–6206. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1460

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check