Struktur dan Nilai Pendidikan dalam Buku Inventarisasi Cerita Rakyat Jombang Jilid 2
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.146Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur dan nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam cerita rakyat kabupaten Jombang. Sumber data penelitian ini adalah cerita rakyat yang berkembang di Kabupaten Jombang yang sudah didokumentasikan dalam sebuah buku Inventarisasi Cerita Rakyat Jombang jilid 2 oleh Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Pengumpulan data dilakukan melalui baca dan catat. Teknik analisis data menggunakan Teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa dalam cerita rakyat Jombang yang terkandung di buku Inventarisasi Cerita Rakyat Jombang Jilid 2 memiliki struktur intrinsik dari tema, alur, tokoh, latar dan amanat, sedangkan nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam cerita Rakyat Kabupaten Jombang meliputi, (1) nilai pendidikan moral, (2) nilai pendidikan budaya, (3) nilai pendidikan religius, (4) nilai pendidikan sejarah, (5) nilai kepahlawanan (semangat perjuangan).
Downloads
References
A, Teeuw. 2003. Sastra dan Ilmu sastra. Jakarta : Pustaka Jaya
Danandjaja, James. 1994. Antropologi Psikologi. Teori, metode dan sejarah. Perkembangannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Danandjaja, James. 2002. Folklor Indonesia, Ilmu Gosip, Dongeng, dan Lain-lain. Jakarta: Temprit.
Dola, Abdullah. 2007. Apresiasi Prosa Fiksi dan Drama. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Gusal, La Ode. 2015. Nilai-nilai Pendidikan Dalam Cerita Rakyat Sulawesi Tenggara Karya La Ode Sidu. Jurnal Humanika. 3 (15).
Isnanda, Romi. 2015. Struktur dan Nilai-Nilai Pendidikan dalam Cerita Rakyat Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatra Barat. Jurnal Gramatika, Vol.1, No.2, 2015.
Juwati. 2018. Sastra Lisan Bumi Silampari: Teori, Metode, dan Penerapannya. Yogyakarta: Deepublish.
Keraf, Gorys. 2009. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Koentjaraningrat. 1987. Sejarah Teori Antropologi. Jakarta: Universitas terbuka.
Kristanto. 2014. Pemanfaatan Cerita Rakyat Sebagai Penanaman Etika Untuk Membentuk Pendidikan Karakter Bangsa. Jurnal Mimbar Sekolah Dasar. 1 (1): 59-64.
Nurgiyantoro, Burhan. 2002. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Susena, Franz Magnis. 2000. 12 Tokoh Etika Abad ke-20. Yogyakarta: Kanisius.
Stanton, Robert. 2007. Teori Fiksi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tarigan, Henry Guntur. 1985. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.
Warsiman. 2015. Menyibak Tirai Sastra. Malang: Universitas Brawijaya Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Yulianah Prihatin, Raras Hafiidha Sari, Alfian Setya Nugraha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).