Struktur dan Nilai Pendidikan dalam Buku Inventarisasi Cerita Rakyat Jombang Jilid 2

Authors

  • Yulianah Prihatin S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Hasyim Asy'ari, Indonesia
  • Raras Hafiidha Sari S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Hasyim Asy’ari, Indonesia
  • Alfian Setya Nugraha S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Hasyim Asy’ari, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.146

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur dan nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam cerita rakyat kabupaten Jombang. Sumber data penelitian ini adalah cerita rakyat yang berkembang di Kabupaten Jombang yang sudah didokumentasikan dalam sebuah buku Inventarisasi Cerita Rakyat Jombang jilid 2 oleh Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Pengumpulan data dilakukan melalui baca dan catat. Teknik analisis data menggunakan Teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa dalam cerita rakyat Jombang yang terkandung di buku Inventarisasi Cerita Rakyat Jombang Jilid 2 memiliki struktur intrinsik dari tema, alur, tokoh, latar dan amanat, sedangkan nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam cerita Rakyat Kabupaten Jombang meliputi, (1) nilai pendidikan moral, (2) nilai pendidikan budaya, (3) nilai pendidikan religius, (4) nilai pendidikan sejarah, (5) nilai kepahlawanan (semangat perjuangan).

Downloads

Download data is not yet available.

References

A, Teeuw. 2003. Sastra dan Ilmu sastra. Jakarta : Pustaka Jaya

Danandjaja, James. 1994. Antropologi Psikologi. Teori, metode dan sejarah. Perkembangannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Danandjaja, James. 2002. Folklor Indonesia, Ilmu Gosip, Dongeng, dan Lain-lain. Jakarta: Temprit.

Dola, Abdullah. 2007. Apresiasi Prosa Fiksi dan Drama. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Gusal, La Ode. 2015. Nilai-nilai Pendidikan Dalam Cerita Rakyat Sulawesi Tenggara Karya La Ode Sidu. Jurnal Humanika. 3 (15).

Isnanda, Romi. 2015. Struktur dan Nilai-Nilai Pendidikan dalam Cerita Rakyat Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatra Barat. Jurnal Gramatika, Vol.1, No.2, 2015.

Juwati. 2018. Sastra Lisan Bumi Silampari: Teori, Metode, dan Penerapannya. Yogyakarta: Deepublish.

Keraf, Gorys. 2009. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Koentjaraningrat. 1987. Sejarah Teori Antropologi. Jakarta: Universitas terbuka.

Kristanto. 2014. Pemanfaatan Cerita Rakyat Sebagai Penanaman Etika Untuk Membentuk Pendidikan Karakter Bangsa. Jurnal Mimbar Sekolah Dasar. 1 (1): 59-64.

Nurgiyantoro, Burhan. 2002. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Susena, Franz Magnis. 2000. 12 Tokoh Etika Abad ke-20. Yogyakarta: Kanisius.

Stanton, Robert. 2007. Teori Fiksi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tarigan, Henry Guntur. 1985. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.

Warsiman. 2015. Menyibak Tirai Sastra. Malang: Universitas Brawijaya Press.

Downloads

Published

2023-03-01

How to Cite

Prihatin, Y., Sari, R. H., & Nugraha, A. S. (2023). Struktur dan Nilai Pendidikan dalam Buku Inventarisasi Cerita Rakyat Jombang Jilid 2. Journal of Education Research, 4(1), 185–196. https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.146

Issue

Section

Articles

Citation Check