Internalisasi Nilai-Nilai Religius Pada Profil Pelajar Pancasila Terhadap Transformasi Pembelajaran Era Digital di SD/MI
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1459Keywords:
Pelajar Pancasila, Nilai-Nilai Religius, Pembelajaran Digital, Pendidikan KarakterAbstract
Profil pelajar Pancasila mengemban salah satu visi misi penting dari Kemendikbud melalui kurikulum Merdeka untuk setiap instansi Pendidikan, terutama di SD/MI. Penelitian ini dimaksudkan untuk menginvestigasi secara metakognitif internalisasi nilai-nilai religius pada pelajar Pancasila dan dampaknya terhadap transformasi pembelajaran era digital di Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian kualitatif ini menggunakan metodologi studi literatur untuk mengeksplorasi berbagai sumber, termasuk jurnal penelitian dan dokumen kebijakan. Data dianalisis menggunakan analisis isi, dengan fokus pada tema-tema yang berkaitan dengan nilai-nilai religius dan integrasinya dalam profil pelajar Pancasila. Temuan menekankan pentingnya mengintegrasikan nilai-nilai agama sejak dini dalam pengembangan karakter yang searah dengan nilai-nilai Pancasila di tengah tantangan dan peluang era digital.
Downloads
References
Ahmad Tafsir. (1992). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Remaja Rosdakarya.
Alfira Nur Khairani, M. R. (2022). Penerapan Strategi Karakter Religius Peserta Didik Untuk Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. https://doi.org/10.30997/dt.v9i2.6317
Ana Maritsa, Unik Hanifah Salsabila, Muhammad Wafiq, Putri Rahma Anindya, M. A. M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303
Anwar, M. K. (2017). Pembelajaran Mendalam untuk Membentuk Karakter Siswa sebagai Pembelajar. 02(2), 97–104. https://doi.org/10.24042/tadris.v2i2.1559
Aprilia, S., & Aini, R. (2023). Analisis Nilai-Nilai Religius pada Film “ Surga yang Tak Dirindukan 2 .” 85–94.
Badan Standar, Kurikulum, D. A. P. (n.d.). Dimensi , Elemen , dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka.
Dasar, D. S. (2024). Profil Pelajar Pancasila.
Hartanto, R. S. W. (n.d.). Studi Literatur : Pengembangan Media Pembelajaran Dengan Software Autocad Rizal Septa Wahyu Hartanto Hasan Dani Abstrak.
Hilmiyatul Aliyaha, S. M. (2024). Tinjauan Literatur : Peran Teknologi Digital dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran ( JTPP ). 01(04), 681–687.
Ilwan, M., Asmahi, A., & Maiziani, F. (2022). Pengembangan Desain Pesan Podcast Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris. 2(2), 85–95.
Informatika, D. A. (2022). Pemanfaatan Teknologi Internet untuk Penguatan Pancasila di Era Digital – Ditjen Aptika.
Irodati, F. (2022). CAPAIAN INTERNALISASI NILAI-NILAI RELIGIUS PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. 1, 45–55.
Jamaludin, Shofia Nurun Alanur, Sunarto Amus, H. (2022). Penerapan Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Kampus Mengajar Di Sekolah Dasar. 8(3), 698–709.
Kahfi, A. (n.d.). Implikasinya Terhadap Karakter Siswa Di Sekolah Implementation Of Pancasila Student Profile And Implications For Student Character At School. 138–151.
Kemendiknas. (2011). Pedoman Sekolah Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. kemendiknas.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan T. R. I. (2024). Pengertian dan Penerapan Profil Pelajar Pancasila. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia.
Kementerian Pendidikan, K., Riset, D. T., & Badan Standar, Kurikulum, D. A. P. (2022). Salinan Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 009/H/KR/2022 (Issue 021).
Khasanah, F. F. S. W. D. A. K. (n.d.). Analisis Kebijakan Program Penguatan Pendidikan Karakter. 2, 466–474.
Kurniawan, A. M., & Azizah, A. N. (2022). Konsep Kurikulum Berbasis Proyek Pelajar Pancasila. 1(3), 176–181.
Mahfud, M. (2022). Character Education Policy Through Pancasila Student Profiles In The Context Of Social Change : Literature Review Pelajar Pancasila Dalam Konteks Perubahan Sosial : Literature Review. 1–25.
Nugraha, I. (2022). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Penguatan Karakter Pancasila di Kalangan Pelajar. 1(3), 158–169.
Permatasari, L., Amrullah, M., Darmawan, M., Wardana, K., & Sidoarjo, U. M. (2023). Penguatan Pendidikan Karakter Religius Siswa. 4(1), 43–55.
Salsabila, U. H., Ilmi, M. U., Aisyah, S., & Saputra, R. (2020). Peran Teknologi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Era Disrupsi. 03(01), 104–112.
Santika, R., & Dafit, F. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila sebagai Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. 7(6), 6641–6653. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5611
Sathishkumar, V., & Mahalakshmi, K. (2020). E-Learning during Lockdown of Covid-19 Pandemic : A Global Perspective E-Learning during Lockdown of Covid-19 Pandemic : A Global Perspective. November.
Senata Adi Prasetia, M. F. (2021). Reorientasi, Peran dan Tantangan Pendidikan Islamdi Tengah Pandemi. 21–37.
Sundari, E., Studi, P., Perangkat, R., Indonesia, U. P., Digital, E., & Digital, T. (2024). Cendikia Pendidikan. 4(4).
Suprapno. (2019). Budaya Religius sebagai Sarana Kecerdasan Spiritual. Literasi Nusantara.
Susilawati, E., Sarifuddin, S., Data, P., & Pendidikan, K. (2021). Internalisasi Nilai Pancasila Dalam Pembelajaran Melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbantuan Platform Merdeka Mengajar. 25, 155–168.
Thong, V., Wulandari, A., Adawiyah, R., Natasya, K., & Maharani, T. A. (2023). Peluang dan Tantangan Pendidikan Berbasis Digital Tinjauan Literatur. 3(3), 211–220.
Umar, M., Fakultas, D., Sosial, I., & Negeri, U. (2019). Urgensi Nilai-Nilai Religius Dalam Kehidupan Masyarakat. 3(1), 71–77.
Widiandari, F., Khoiri, N., & Syahnaz, A. (2023). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Penguatan Nilai-Nilai Religiusitas Remaja Pada Era Digital. 5(4).
Zainudin, A. (n.d.). Penanaman Nilai-Nilai Religius Dalam Membentuk Akhlakkarimah Bagi Peserta Didikdi Mi Ar-Rahimkecamatan Arjasa Kabupaten Jember. 19–38.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Tuti Marlina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).