Internalisasi Nilai-Nilai Religius Pada Profil Pelajar Pancasila Terhadap Transformasi Pembelajaran Era Digital di SD/MI

Authors

  • Tuti Marlina Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Al Fithrah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1459

Keywords:

Pelajar Pancasila, Nilai-Nilai Religius, Pembelajaran Digital, Pendidikan Karakter

Abstract

Profil pelajar Pancasila mengemban salah satu visi misi penting dari Kemendikbud melalui kurikulum Merdeka untuk setiap instansi Pendidikan, terutama di SD/MI. Penelitian ini dimaksudkan untuk menginvestigasi secara metakognitif internalisasi nilai-nilai religius pada pelajar Pancasila dan dampaknya terhadap transformasi pembelajaran era digital di Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian kualitatif ini menggunakan metodologi studi literatur untuk mengeksplorasi berbagai sumber, termasuk jurnal penelitian dan dokumen kebijakan. Data dianalisis menggunakan analisis isi, dengan fokus pada tema-tema yang berkaitan dengan nilai-nilai religius dan integrasinya dalam profil pelajar Pancasila. Temuan menekankan pentingnya mengintegrasikan nilai-nilai agama sejak dini dalam pengembangan karakter yang searah dengan nilai-nilai Pancasila di tengah tantangan dan peluang era digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Tafsir. (1992). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Remaja Rosdakarya.

Alfira Nur Khairani, M. R. (2022). Penerapan Strategi Karakter Religius Peserta Didik Untuk Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. https://doi.org/10.30997/dt.v9i2.6317

Ana Maritsa, Unik Hanifah Salsabila, Muhammad Wafiq, Putri Rahma Anindya, M. A. M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303

Anwar, M. K. (2017). Pembelajaran Mendalam untuk Membentuk Karakter Siswa sebagai Pembelajar. 02(2), 97–104. https://doi.org/10.24042/tadris.v2i2.1559

Aprilia, S., & Aini, R. (2023). Analisis Nilai-Nilai Religius pada Film “ Surga yang Tak Dirindukan 2 .” 85–94.

Badan Standar, Kurikulum, D. A. P. (n.d.). Dimensi , Elemen , dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka.

Dasar, D. S. (2024). Profil Pelajar Pancasila.

Hartanto, R. S. W. (n.d.). Studi Literatur : Pengembangan Media Pembelajaran Dengan Software Autocad Rizal Septa Wahyu Hartanto Hasan Dani Abstrak.

Hilmiyatul Aliyaha, S. M. (2024). Tinjauan Literatur : Peran Teknologi Digital dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran ( JTPP ). 01(04), 681–687.

Ilwan, M., Asmahi, A., & Maiziani, F. (2022). Pengembangan Desain Pesan Podcast Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris. 2(2), 85–95.

Informatika, D. A. (2022). Pemanfaatan Teknologi Internet untuk Penguatan Pancasila di Era Digital – Ditjen Aptika.

Irodati, F. (2022). CAPAIAN INTERNALISASI NILAI-NILAI RELIGIUS PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. 1, 45–55.

Jamaludin, Shofia Nurun Alanur, Sunarto Amus, H. (2022). Penerapan Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Kampus Mengajar Di Sekolah Dasar. 8(3), 698–709.

Kahfi, A. (n.d.). Implikasinya Terhadap Karakter Siswa Di Sekolah Implementation Of Pancasila Student Profile And Implications For Student Character At School. 138–151.

Kemendiknas. (2011). Pedoman Sekolah Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. kemendiknas.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan T. R. I. (2024). Pengertian dan Penerapan Profil Pelajar Pancasila. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia.

Kementerian Pendidikan, K., Riset, D. T., & Badan Standar, Kurikulum, D. A. P. (2022). Salinan Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 009/H/KR/2022 (Issue 021).

Khasanah, F. F. S. W. D. A. K. (n.d.). Analisis Kebijakan Program Penguatan Pendidikan Karakter. 2, 466–474.

Kurniawan, A. M., & Azizah, A. N. (2022). Konsep Kurikulum Berbasis Proyek Pelajar Pancasila. 1(3), 176–181.

Mahfud, M. (2022). Character Education Policy Through Pancasila Student Profiles In The Context Of Social Change : Literature Review Pelajar Pancasila Dalam Konteks Perubahan Sosial : Literature Review. 1–25.

Nugraha, I. (2022). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Penguatan Karakter Pancasila di Kalangan Pelajar. 1(3), 158–169.

Permatasari, L., Amrullah, M., Darmawan, M., Wardana, K., & Sidoarjo, U. M. (2023). Penguatan Pendidikan Karakter Religius Siswa. 4(1), 43–55.

Salsabila, U. H., Ilmi, M. U., Aisyah, S., & Saputra, R. (2020). Peran Teknologi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Era Disrupsi. 03(01), 104–112.

Santika, R., & Dafit, F. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila sebagai Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. 7(6), 6641–6653. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5611

Sathishkumar, V., & Mahalakshmi, K. (2020). E-Learning during Lockdown of Covid-19 Pandemic : A Global Perspective E-Learning during Lockdown of Covid-19 Pandemic : A Global Perspective. November.

Senata Adi Prasetia, M. F. (2021). Reorientasi, Peran dan Tantangan Pendidikan Islamdi Tengah Pandemi. 21–37.

Sundari, E., Studi, P., Perangkat, R., Indonesia, U. P., Digital, E., & Digital, T. (2024). Cendikia Pendidikan. 4(4).

Suprapno. (2019). Budaya Religius sebagai Sarana Kecerdasan Spiritual. Literasi Nusantara.

Susilawati, E., Sarifuddin, S., Data, P., & Pendidikan, K. (2021). Internalisasi Nilai Pancasila Dalam Pembelajaran Melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbantuan Platform Merdeka Mengajar. 25, 155–168.

Thong, V., Wulandari, A., Adawiyah, R., Natasya, K., & Maharani, T. A. (2023). Peluang dan Tantangan Pendidikan Berbasis Digital Tinjauan Literatur. 3(3), 211–220.

Umar, M., Fakultas, D., Sosial, I., & Negeri, U. (2019). Urgensi Nilai-Nilai Religius Dalam Kehidupan Masyarakat. 3(1), 71–77.

Widiandari, F., Khoiri, N., & Syahnaz, A. (2023). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Penguatan Nilai-Nilai Religiusitas Remaja Pada Era Digital. 5(4).

Zainudin, A. (n.d.). Penanaman Nilai-Nilai Religius Dalam Membentuk Akhlakkarimah Bagi Peserta Didikdi Mi Ar-Rahimkecamatan Arjasa Kabupaten Jember. 19–38.

Downloads

Published

2024-09-13

How to Cite

Marlina, T. (2024). Internalisasi Nilai-Nilai Religius Pada Profil Pelajar Pancasila Terhadap Transformasi Pembelajaran Era Digital di SD/MI. Journal of Education Research, 5(4), 4436–4442. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1459

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check