Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah terhadap Peningkatan Kompetensi Profesional Guru

Authors

  • Aulia Firdauz Sekolah Ilmu Tinggi Tarbiyah Togo Ambarsari, Indonesia
  • Suparjo Adi Suwarno Sekolah Ilmu Tinggi Tarbiyah Togo Ambarsari, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1458

Keywords:

Gaya Kepemimpinan, kompetensi profesional, Kempemimpinan Kepala Sekolah

Abstract

Sebagai pemimpin tertinggi di lembaga pendidikan, kepala madrasah bertangungjawab terhadap pengembangan madrasah dan memiliki peranan penting dalam pengelolaan madrasah. Pimpinan madrasah harus memiliki kekuatan kreatif yang diperlukan untuk mengelola lembaga pendidikan dengan efektif dan benar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan kepala madrasah terhadap pengembangan kemampuan profesional guru . Penelitian ini menerapkan metode penelitian kuantitatif. Sumber data utamanya mencangkup populasi dan sampel, jenis skala data, serta instrumen penelitian yang diterapkan. Peneliti menggunakan metode pengambilan sampel acak berjumlah seluruh dewan guru. Instrumen data penelitian ini menggunakan angket (kuiseioner) dan disebarkan kepada seluruh dewan guru . Product moment digunakan untuk menganalisis data. Metode penelitian ini menguji uji validitas dan uji reliabilitas. Dalam penelitian ini, peneliti akan menguji uji asumsi klasik terutama melakukan uji normalitas. Penelitian ini menerapkan analisis linier sederhana untuk mengolah data. Koefisien korelasi dihitung dengan R Square. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t (parsial). Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa gaya kepemimpinan (leadership style) kepala madrasah memainkan peran penting dalam meningkatkan pengembangan profesional guru. Implikasi dari temuan penelitian ini diharapkan kepemimpinan kepala madrasah dapat mengembangkan profesional guru lebih kualitas dan bermutu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 1993. “Manajemen Pengajaran: Secara Manusiawi.”

Ariswanto, A, and A Nurnaningsih. 2020. “Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Madrasah Tsanawiyah As’ Adiyah No. 3 Atapange Wajo Sulawesi Selatan.” Journal on Education (3). doi:10.31004/joe.v2i4.3527.

Hasan, Muhammad. 2017. “Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kinerja Guru Ekonomi Sekolah Menengah Atas Negeri Di Kabupaten Gowa.” Jurnal Economix 5(2): 70–81.

Hekmatullah, Sidik, Alafta Aulia, Ade Rizki Oktavian, Retno Purwani Setyaningrum, Magister Manajemen, and Universitas Pelita. 2021. “Membangun Kepemimpinan Berbasis Nilai-Nilai Pancasila ( Building Leadership Based on Pancasila Values ) Pendahuluan.” 1(1): 169–82.

Janawi, Janawi. 2019. “Kompetensi Guru: Citra Guru Profesional.”

Melly, Melly. 2019. “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Stres Kerja Dan Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru.” Jurnal Ilmu Manajemen 6(2): 114. doi:10.32502/jimn.v6i2.1581.

Munajat, Munajat, Nani Hamdani Amir, Suwandi Suwandi, Roy Setiawan, Isni Hijriana, Novita Novita, Leroy Samy Uguy, et al. 2023. “Manajemen Kepemimpinan: Konsep, Teori, Dan Aplikasi.”

Sugiyono. 2018. “Bab Iii (3).” Metodologi Penelitian: 102.

Suwarno, Suparjo Adi. 2021. - Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: Penerbit Adab. doi:10.18592/moe.v7i2.5429.

Suwarno, Suparjo Adi. 2023. “Kinerja Kepala Madrasah Dalam Melaksanakan Fungsi Manajemen Pendidikan Di MTs Alamiriyyah Blokagung Karangdoro Tegalsari Banyuwangi.” 3: 7012–29.

Windasari, Dyah Hediana. 2017. “Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Di SDN Jarakan Kabupaten Bantul.” Jurnal Pendidikan Ke-SD-an 3(3): 194–98.

Devi, A. D., & Subiyantoro, S. (2021). Implementation of Democratic Leadership Style and Transformational Head of Madrasah in Improving The Quality. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 14–26. https://doi.org/10.31538/ndh.v6i1.1162

Estiani, S. W., & Hasanah, E. (2022). Principal’s Leadership Role in Improving Teacher Competence. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 229–241. https://doi.org/10.31538/ndh.v7i2.2281

Hanafi, Y., Taufiq, A., Saefi, M., Ikhsan, M. A., Diyana, T. N., Thoriquttyas, T., & Anam, F. K. (2021). The new identity of Indonesian Islamic boarding schools in the “new normal”: The education leadership response to COVID-19. Heliyon, 7(3), e06549. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e06549

Huda, A. M., & Rokhman, M. (2021). The Strategy of the Principal in Improving the Quality of Institutional Education. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 72–80. https://doi.org/10.54069/attadrib.v4i2.142

Ilmi, M. U., Setiawan, F., Hikmah, M. N., Kharisma, A., Feryawan, D., & Hanafie, A. A. (2021). The Basic Concepts of Evaluation and Its Implementation in IRE Lessons in The Pandemic Era. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 2(2), 175–190. https://doi.org/10.31538/tijie.v2i2.50

Downloads

Published

2024-09-14

How to Cite

Firdauz, A., & Suwarno, S. A. (2024). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah terhadap Peningkatan Kompetensi Profesional Guru. Journal of Education Research, 5(4), 4443–4450. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1458

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check