Implikasi dan Konsep Dasar Evaluasi dalam Pembelajaran Nahwu dan Shorof di Pesantren

Authors

  • Muhammad Jailani Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Ayu Miranda Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Moh. Taufikurrahman Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Mhd Ibnu Hanan Al Faruqi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1457

Abstract

Evaluasi merupakan alat untuk mengukur keberhasilan belajar siswa. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk memahami konsep dan implikasinya dalam pembelajaran nahwu shorof di Pondok Pesantren Al-Irsyad Tengaran 7 Kota Batu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk menjelaskan temuan berdasarkan penelitian sebelumnya guna memahami fenomena yang dialami partisipan. Hasil dari Evaluasi meliputi pengukuran dan penilaian, bersifat kualitatif dan kuantitatif, serta mempunyai fungsi mengukur kemajuan, menyusun rencana, dan menggunakan hasil evaluasi. Fungsi evaluasi meliputi aspek psikologis, didaktik dan administratif. Ruang lingkupnya meliputi evaluasi program pendidikan, pelaksanaan dan hasil pendidikan. Model evaluasi dibagi menjadi tujuh kelompok: Tyler, pengukuran, kesesuaian, CIPP, gap, formatif, dan sumatif. Objek evaluasi meliputi masukan, transformasi, dan keluaran. Teknik evaluasi terdiri dari tes dan non tes. Di Pondok Pesantren Al-Irsyad evaluasi nahwu dan shorof dilakukan melalui tes lisan, tertulis dan observasi harian. Hasil evaluasi membantu guru merancang dan meningkatkan pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akmalia, R., Oktapia, D., Hasibuan, E. E., Hasibuan, I. T., Azzahrah, N., & Harahap, T. S. A. (2023). Pentingnya Evaluasi Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 4089–4092. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11661

Amin, N. F. (2023). Konsep Dasar Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Matluba: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 1(1), 65–76. https://ejournal.iainh.ac.id/index.php/matluba/article/view/320

Arifin, Z. (2014). Evaluasi Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2001). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. PT Bumi Aksara.

Damayanti, R. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. PT Bumi Aksara.

Daryanto. (2012). Evaluasi Pendidikan. Rineka Cipta.

Farida, I. (2017). Evaluasi Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.

Febriana, R. (2019). Evaluasi Pembelajaran. PT Bumi Aksara.

FIP-UPI, T. P. I. P. (2007). ILmu dan Aplikasi Pendidikan: Bag 1 Ilmu Pendidikan Teoritis. Imperial Bhakti Utama.

Haka, N. B., Yohana, R., & Puspita, L. (2020). Technological Pedagogical Content Knowledge Mahasiswa Calon Guru Biologi dalam Menyusun Perangkat Evaluasi Pembelajaran. Vektor: Jurnal Pendidikan IPA, 1(2), 73–88. http://vektor.iain-jember.ac.id

Hidayat, A. F. S., Nukman, N., Sofian, G. Y., & Annisa, M. N. (2024). Keterampilan Berbahasa Arab dalam Literatur Akademik Indonesia: Tren Penelitian dalam Jurnal Terakreditasi SINTA (2018-2022). Borneo Journal of Language and Education, 4(1), 50–64. https://doi.org/https://doi.org/10.21093/benjole.v4i1.8085

Hidayat, T., & Asyafah, A. (2019). Konsep Dasar Evaluasi dan Implikasinya dalam Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 159–181. https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i1.3729

Khasanah, U. (2021). Manajemen Pembelajaran Nahwu Shorof di Pondok Pesantren Apik Kesugihan. Cakrawala: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Dan Studi Sosial, 5(1), 107–133. https://doi.org/10.33507/cakrawala.v5i1.291

Malawi, I., & Maruti, E. S. (2016). Evaluasi Pendidikan. CV. Ae Media Grafika.

Muhimmatul Choiroh. (2021). Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Media E-Learning. Jurnal Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab, 3(1), 41–47. https://doi.org/10.47435/naskhi.v3i1.554

Novalinda, R., Ambiyar, A., & Rizal, F. (2020). Pendekatan Evaluasi Program Tyler: Goal-Oriented. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(1), 137. https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i1.1644

Putra, S. R. (2013). Desain Evaluasi Belajar Berbasis Kinerja. DIVA Press.

Ramadhani, D. A. (2019). Evaluasi Pengajaran Bahasa Arab dengan Media Online di Perguruan Tinggi. Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 2(1), 85. https://doi.org/10.35931/am.v2i1.105

Sadali, S. (2020). Eksistensi Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam. Atta’dib Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 53–70. https://doi.org/10.30863/attadib.v1i2.964

Sudijono, A. (2008). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Rajagrafindo Persada.

Sugiono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sukardi. (2008). Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.

Sulaikho, S., Wargadinata, W., Nurhadi, N., & Munir, M. S. (2023). Pembuatan Konten YouTube Sebagai Upaya Mempercepat Pemahaman Shorof. Borneo Journal of Language and Education, 3(2), 138–147. https://doi.org/10.21093/benjole.v3i2.6443

Downloads

Published

2024-09-24

How to Cite

Jailani, M., Miranda, A., Taufikurrahman, M., & Al Faruqi, M. I. H. (2024). Implikasi dan Konsep Dasar Evaluasi dalam Pembelajaran Nahwu dan Shorof di Pesantren. Journal of Education Research, 5(4), 4496–4506. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1457

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check

Most read articles by the same author(s)