Implikasi dan Konsep Dasar Evaluasi dalam Pembelajaran Nahwu dan Shorof di Pesantren
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1457Abstract
Evaluasi merupakan alat untuk mengukur keberhasilan belajar siswa. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk memahami konsep dan implikasinya dalam pembelajaran nahwu shorof di Pondok Pesantren Al-Irsyad Tengaran 7 Kota Batu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk menjelaskan temuan berdasarkan penelitian sebelumnya guna memahami fenomena yang dialami partisipan. Hasil dari Evaluasi meliputi pengukuran dan penilaian, bersifat kualitatif dan kuantitatif, serta mempunyai fungsi mengukur kemajuan, menyusun rencana, dan menggunakan hasil evaluasi. Fungsi evaluasi meliputi aspek psikologis, didaktik dan administratif. Ruang lingkupnya meliputi evaluasi program pendidikan, pelaksanaan dan hasil pendidikan. Model evaluasi dibagi menjadi tujuh kelompok: Tyler, pengukuran, kesesuaian, CIPP, gap, formatif, dan sumatif. Objek evaluasi meliputi masukan, transformasi, dan keluaran. Teknik evaluasi terdiri dari tes dan non tes. Di Pondok Pesantren Al-Irsyad evaluasi nahwu dan shorof dilakukan melalui tes lisan, tertulis dan observasi harian. Hasil evaluasi membantu guru merancang dan meningkatkan pembelajaran.
Downloads
References
Akmalia, R., Oktapia, D., Hasibuan, E. E., Hasibuan, I. T., Azzahrah, N., & Harahap, T. S. A. (2023). Pentingnya Evaluasi Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 4089–4092. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11661
Amin, N. F. (2023). Konsep Dasar Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Matluba: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 1(1), 65–76. https://ejournal.iainh.ac.id/index.php/matluba/article/view/320
Arifin, Z. (2014). Evaluasi Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. (2001). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. PT Bumi Aksara.
Damayanti, R. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. PT Bumi Aksara.
Daryanto. (2012). Evaluasi Pendidikan. Rineka Cipta.
Farida, I. (2017). Evaluasi Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.
Febriana, R. (2019). Evaluasi Pembelajaran. PT Bumi Aksara.
FIP-UPI, T. P. I. P. (2007). ILmu dan Aplikasi Pendidikan: Bag 1 Ilmu Pendidikan Teoritis. Imperial Bhakti Utama.
Haka, N. B., Yohana, R., & Puspita, L. (2020). Technological Pedagogical Content Knowledge Mahasiswa Calon Guru Biologi dalam Menyusun Perangkat Evaluasi Pembelajaran. Vektor: Jurnal Pendidikan IPA, 1(2), 73–88. http://vektor.iain-jember.ac.id
Hidayat, A. F. S., Nukman, N., Sofian, G. Y., & Annisa, M. N. (2024). Keterampilan Berbahasa Arab dalam Literatur Akademik Indonesia: Tren Penelitian dalam Jurnal Terakreditasi SINTA (2018-2022). Borneo Journal of Language and Education, 4(1), 50–64. https://doi.org/https://doi.org/10.21093/benjole.v4i1.8085
Hidayat, T., & Asyafah, A. (2019). Konsep Dasar Evaluasi dan Implikasinya dalam Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 159–181. https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i1.3729
Khasanah, U. (2021). Manajemen Pembelajaran Nahwu Shorof di Pondok Pesantren Apik Kesugihan. Cakrawala: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Dan Studi Sosial, 5(1), 107–133. https://doi.org/10.33507/cakrawala.v5i1.291
Malawi, I., & Maruti, E. S. (2016). Evaluasi Pendidikan. CV. Ae Media Grafika.
Muhimmatul Choiroh. (2021). Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Media E-Learning. Jurnal Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab, 3(1), 41–47. https://doi.org/10.47435/naskhi.v3i1.554
Novalinda, R., Ambiyar, A., & Rizal, F. (2020). Pendekatan Evaluasi Program Tyler: Goal-Oriented. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(1), 137. https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i1.1644
Putra, S. R. (2013). Desain Evaluasi Belajar Berbasis Kinerja. DIVA Press.
Ramadhani, D. A. (2019). Evaluasi Pengajaran Bahasa Arab dengan Media Online di Perguruan Tinggi. Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 2(1), 85. https://doi.org/10.35931/am.v2i1.105
Sadali, S. (2020). Eksistensi Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam. Atta’dib Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 53–70. https://doi.org/10.30863/attadib.v1i2.964
Sudijono, A. (2008). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Rajagrafindo Persada.
Sugiono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sukardi. (2008). Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.
Sulaikho, S., Wargadinata, W., Nurhadi, N., & Munir, M. S. (2023). Pembuatan Konten YouTube Sebagai Upaya Mempercepat Pemahaman Shorof. Borneo Journal of Language and Education, 3(2), 138–147. https://doi.org/10.21093/benjole.v3i2.6443
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Jailani, Ayu Miranda, Moh. Taufikurrahman, Mhd Ibnu Hanan Al Faruqi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).