Pengembangan Media Pembelajaran Berbantukan Media Animaker untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI pada Materi Bangun Ruang

Authors

  • Kholikin Kholikin Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Sutji Mulyani Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Hanung Sudibyo Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1454

Keywords:

Pengembangan, Animaker, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui proses pengembangan media pembelajaran materi bangun ruang, (2) mengetahui hasil pengembangan media berbantu media Animaker dalam pembelajaran materi bangun ruang, dan (3) mengetahui hasil hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri Sitail Kecamatan Jatinegara Kabupaten Tegal pada materi bangun ruang mengunakan media pembelajaran berbantu media Animaker. Peneltian ini menggunakan model penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Jenis produk yang dihasilkan adalah media pembelajaran Animaker pada materi bangun ruang. Desain penelitian pengembangan media pembelajaran yang dilakukan merujuk pada pengembangan ADDIE yang dimofifikasi menjadi ADD (Analisis, Desain dan Development). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Proses pengembangan media pembelajaran materi bangun ruang siswa menggunakan tahapan analisis, desain dan pengembangan. Pada tahapan analisis terdiri dari analisis kebutuhan siswa, analisis karakteristik siswa dan analisis materi pembelajaran. Pada tahapan desain atau perancangan terdiri dari pemilihan format media dan pengembangan Storyboard. Sedangkan pada tahapan pengembangan terdiri dari validasi ahli materi bangun ruang berbantu animaker, validasi ahli bahasa, validasi ahli media dan validasi isi  instrumen butir soal. Pengembangan media berbantu media Animaker dalam pembelajaran materi bangun ruang siswa SD kelas VI SD Negeri Sitail Kecamatan Jatinegara Kabupaten Tegal melibatkan ahli dalam memvalidasi instrumen. Validasi ahli materi bangun ruang berbantu animaker penilai I memperoleh nilai  85.00 (layak) sedangkan pennilai II memperoleh nilai 88.75 (sangat layak), validasi ahli bahasa penilai memperoleh nilai 85 (layak) dan penilai II memperoleh nilai 90 (Sangat Layak), validasi ahli media penilai I memperoleh nilai 85.00 (layak) dan penilai II memperoleh nilai 83.75 (layak). Sedangkan validasi isi  instrumen butir soal penilai memperoleh nilai  81.25 (layak)   dan penilai II memperleh nilai 84.37 (layak). Hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri Sitail Kecamatan Jatinegara Kabupaten Tegal pada materi bangun ruang mengunakan media pembelajaran berbantu media Animaker memperoleh rata-rata penilaian harian sebesar 80.40. Jumlah siswa tuntas sebanyak 23 siswa dari 25 siswa, sedangkan persentase ketuntasan sebesar 92%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adminsekolah (2022). “3 Manfaat Penggunaan Media Pembelajaran”. https://adminsekolah.net/3-manfaat-penggunaan-media pembelajaran/March 04, 2022.

Andari D. A.Murni A. W. (2019). “Penggunaan Media Pembelajaran Smart Card Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Perkalian”. Journal of Indonesian Education.

Ariesto Hadi Sutopo, (2021). “Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pendidikan”, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Arumdani I. M.Adi B. W. Muhammad Sabandi (2018). “Pengaruh Pemanfaatan Situs Google Sebagai Sumber Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI di SMA Negeri 3 Surakarta”. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi.

Baharuddin M. R.Anggraini R. (2021). “Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Microsoft Excel pada Mata Kuliah Perangkat Lunak Aplikasi”. Jurnal Literasi Digital.

Bella Carla (2024). “Ringkasan Materi Bangun Ruang Kelas 6 SD beserta Penjelasannya”. https://mamikos.com/info/ringkasan-materi-bangun-ruang-kelas-6-sd-pljr/. Post 19 Januari 2024.

CNN Indonesia. (2023) "Pengertian, Sifat, dan Rumus-Rumus Balok Lengkap”. https://www.cnnindonesia.com/edukasi/20230224175548-569-917575/pengertian-sifat-dan-rumus-rumus-balok-lengkap-dengan-penjelasan.

Corry Samosir (2024) “Mengenal Bagian-Bagian Bangun Ruang, Materi Matematika Kelas 6 SD”. https://kids.grid.id/read/473990148/mengenal-bagian-bagian-bangun-ruang-materi-matematika-kelas-6-sd- Post Kamis, 11 Januari 2024 | 11:20 WIB

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2003. Kamus Besar Edisi Kedua, Balai Pustaka.

Evelopment Country. (2018) “Definisi Pengembangan”. (Blongspot Evelopment Country.co.id).

Fadhilah Dwi Amalia (2022). “Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis TIK dalam Bidang Pendidikan”. https://kumparan.com/. Post 4 Juni 2022 11:27 WIB.

Fitriyani Puspa Samodra. (2023). “Ciri-ciri Kubus, Rumus, dan Contoh Soalnya, Wajib Dipahami”. https://www.liputan6.com/hot/read/5221696/ciri-ciri-kubus-rumus-dan-contoh-soalnya-wajib-dipahami?page=2. Diperbarui 02 Mar 2023, 10:50 WIB.

Gani A. (2020). “Motivasi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru”. Jurnal Literasiologi.

Mustofa Abi Hamid, dkk. (2020). “Media Pembelajaran”. Google Buku. Yayasan Kita Menulis.

Mustofa Abi Hamid, media pemebalajaran (medan: Yayasan Kita Menulis, 2020).

Rizki Wahyuningtyas dan Bambang Suteng Sulasmono, “Pentingnya Media dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar,” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 2, no. 1 (15 April 2020): 25, https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.77.

Rizqi Ilyasa Aghni, “Fungsi Dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akuntansi,” Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia 16, no. 1 (3 Juli 2018): 100, https://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20173.

Rohmalina Wahab. (2018), Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Rusydi. (2020). “Paradigma Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Integrasi Ilmu: Komparasi Pemikiran Imam Suprayogo Dan Azhar Arsyad”. Lughawiyah: Journal of Arabic Education and Linguistics.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata (2017) Metode Penelitian Pendidikan (Cetakan ke-12). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sungkono S.Apiati V.Santika S. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Augmented Reality. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika.

Talizaro Tafonao, “Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa,” Jurnal Komunikasi Pendidikan 2, no. 2 (2 Agustus 2018): 108, https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2002 Tentang Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan, dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

Uswatun Hasanah, “Media Dan Sumber Belajar IPS Bagi Anak Usia Sd/MI,” IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching 2, no. 1 (2018): 168, https://doi.org/10.21043/ji.v2i1.4293.

Warsita B. (2018). Kecenderungan Global Dan Regional Dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Pendidikan. Jurnal Teknodik.

Widianto W. Degeng I. N. S.Sitompul N. C. (2022). “Pengembangan Media Pembelajaran Game Animasi Berbasis Enable Macro Powerpoint Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas VII SMP 1 Pasirian”. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika).

Downloads

Published

2024-07-30

How to Cite

Kholikin, K., Mulyani, S., & Sudibyo, H. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantukan Media Animaker untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI pada Materi Bangun Ruang. Journal of Education Research, 5(3), 3290–3300. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1454

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>