Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Kelas V SD
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1453Keywords:
Pendidikan Karakter, Pembelajaran Bahasa InggrisAbstract
Pendidikan karakter seseorang akan membatasi perbuatan baik dan buruk di lingkungan. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Inggris di kelas V, kendala dan solusi dalam pelaksanaan pendidikan karakter pada pembelajaran bahasa Inggris di kelas V, dan karakter siswa kelas V setelah implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan analisis deskriptif. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil pembahasan adalah (1) implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Inggris dilaksanakan melalui empat tahap kegiatan, yaitu pembukaan, kegiatan inti, tindak lanjut, dan penutup. (2) Kendala seperti keterbatasan waktu pengajaran serta karakter siswa yang berbeda, dengan solusi guru harus pendekatan kepada siswa. (3) Nampaknya karakter religius, jujur, mandiri, kreatif, peduli sosial, dan tanggung jawab. Kepala sekolah dengan guru, staf sekolah, siswa, dan juga orang tua bersatu dalam pembentukan karakter siswa.
Downloads
References
Adisusilo, Sutarjo. 2013. Pembelajaran Nilai-Nilai Karakter: Konstruktivisme dan VCT Sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: Rajawali Pers.
Aisyah, S. 2019. Menanamkan Nilai Kejujuran Sebagai Revolusi Mental Pada Generasi Penerus Bangsa. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1), 101-108. https://doi.org/10.21093/twt.v6i2.2028.
Akhwan, Muzhoffar. 2014. Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi dalam Pembelajaran di Sekolah/Madrasah”. EL-TARBAWI Volume 7, No 1 (hal 61-67).
Alawiyyah, Anisa & Siti Apsoh. 2019. Penanaman Nilai-Nilai Karakter Terintegrasi Self-Confidence pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar. EDUKASI: Jurnal Penelitian dan Artikel Pendidikan, 11(2), 117-132.
Anisa, Ike & Sukasih Ratna Widayanti. 2019. English Academic Writing for The Students of Widya Dharma University of Klaten. International Journal of Active Learning, 4(2), 154-158.
Annisa, Miftah Nurul, dkk. 2020. Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar di Zaman Serba Digital. Jurnal Pendidikan dan Sains, 2(1), 35-48.
Arfiah, S & Sumardjoko. 2017. Penguatan Karakter Tanggung Jawab dan Kemandirian pada Mahasiswa PPKN melalui Perkuliahan Kescoutan dalam Upaya Mempersiapkan Mutu Lulusan Sebagai Pembina Ekstrakurikuler di Sekolah. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 27(2), 76-92. http://journals.ums.ac.id/index.php/jpis/article/view/5721.
Arikunto, S. (2010). Research Procedure a Practical Approach. Jakarta: Rineka Cipta.
Asmani, J. M. (2017). Full Day School Konsep Manajemen & Quality Contro. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Astuti, Annisa Ledi, dkk. 2023. The Values of Honesty and Discipline in Character Education for Early Childhood. International Journal of Innovation and Education Research (IJIER), 2(2), 96-112.
Belinda, Lebyana Norma & Leli Halimah. 2022. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 10(1), 9-17.
Cole, Jenny & Jay Feng. 2015. Effective Strategies for Improving Writing Skills of Elementary English Language Learners. Chinese American Educational Research and Development Association Annual Conference, 2-25.
Fadilah, F. A, & Kurniawan. H. 2021. Early Childhood Independent Character Development in Family Education. Proceeding The 5th Annual International Conference on Islamic Education,5(1).
Gumiandari, S. 2021. Introducing English to Early Childhood Through Singing With The Total Physical Response Method. Acitya: Journal of Teaching and Education, 3(1), 86-94. Https//Doi.Org/10.30650/Ajte.V3il.2138.
Haiq, Umar, dkk. 2020. An Analysis of Independent Character of Primary School Students in Learning from Home During The Covid-19 Pandemic. Widyagogik, 8(1), 55-65.
Linda, Fiqri Kukuh Rahma. 2020. Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Sekolah Dasar. Workshop Nasional Penguatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar, 3(3), 2222-2226.
Mega, Iful Rahmawati & Dody Sugiarto. 2020. Speaking Skills in Correlation with English Speaking Learning Habit and Self Confidence of Vocational High School Students. Journal of Foreign Language Teaching and Learning, 5(2), 173-187.
Nikmah, Alfu & Retno Susilowati. 2020. Pembentukan Karakter Melalui Membaca “Narrative Text” dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di MI Salafiyah Kajen Pati. Elementary Islamic Teacher Journal, 8(1), 122-138.
Octavita, Rr. Astri Indriana & Ria Saraswati. 2017. Integrasi Pendidikan Berkarakter dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Terapan Abdimas, volume 2, 33-40.
Palunga, R., & Marzuki, M. 2017. Peran Guru dalam Pengembangan Karakter Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Depok Sleman. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.21831/Jpk.V7il.20858.
Permendikbud No 20. 2018. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan Formal. Https://Jdih.Kemdikbud.Go.Id/Arsip/Permendikbud_Tahun2018_Nomor20.Pdf.
Permono, H. 2013. Peran Orangtua Dalam Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak Untuk Membangun Karakter Anak Usia Dini. Http://Publikasiilmiah.Ums.Ac.Id/Handle/11617/3994.
Prawiyata, Yugi Diraga. 2017. Penerapan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di SDN 106160 Desa Tanjung Rejo Kecamatan Percut Sei Tuan. Amaliyah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 14-20.
Reksiana. 2018. Kerancuan Istilah Karakter, Akhlak, Moral, dan Etika. Thaqafiyyat, 19(1), 2-30.
Rusmana, Adistia Oktafiani. 2019. Penerapan Pendidikan Karakter di SD. Jurnal Eduscience, 4(2), 74-80.
Sutrisna, Gede. 2021. Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Widya Accarya: Jurnal Kajian Pendidikan FKIP Universitas Dwijendra, 12(1), 117-127.
Syarifah, Siti. 2023. Penerapan Pendidikan Karakter Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 3(4), 88-100.
Syofyan, Harlinda, dkk. 2022. The Character of Responsibility and Honesty: Its Impact on Science Learning Outcomes. Universitas Pendidikan Ganesha, 1-5.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Wynne Inayah Ekasari, Taufiqulloh Taufiqulloh, Yoga Prihatin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).