Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru

Authors

  • Maenah Maenah Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Taufiqulloh Taufiqulloh Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Hanung Sudibyo Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1452

Keywords:

Media Pembelajaran, PowerPoint Interaktif, Kompetensi Profesional

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis kebutuhan guru, peserta didik dan sekolah akan media pembelajaran PowerPoint Interaktif, (2) Membuat desain pengembangan. (3) Menguji kelayakan pengembangan, (4) Mengembangkan media pembelajaran PowerPoint Interaktif untuk meningkatkan kompetensi profesional guru. Peneltian ini menggunakan model penelitian Research and Development (R&D) dengan pendekatan kualitatif memungkinkan peneliti untuk menjelajahi persepsi dan pemahaman individu secara detail untuk mendapatkan pemahaman tentang pengembangan media pembelajaran  PowerPoint Interaktif dan peningkatan kompetensi guru. Berdasarkan hasil penelitian dapat kesimpulan bahwa analisis kebutuhan guru akan media media pembelajaran PowerPoint Interaktif antara lain. (1) Analisis kebutuhan peserta didik, dan sekolah akan media pembelajaran PowerPoint Interaktif antara lain peserta didik membutuhkan media pembelajaran yang dapat memotivasi dan membantu membantu mereka memahami materi dengan lebih mudah serta membantu mereka mengembangkan keterampilan abad ke-21, seperti komunikasi, kolaborasi, dan pemecahan masalah. (2) Desain pengembangan media pembelajaran PowerPoint Interaktif untuk meningkatkan kompetensi profesional guru yaitu menentukan jenis media pembelajaran, membuat Storyboard yang membantu memvisualisasikan alur cerita, urutan materi, dan elemen-elemen penting dalam media pembelajaran,  Membuat slide presentasi yang menarik dan interaktif untuk menarik perhatian siswa dan membantu memahami materi pelajaran dengan lebih mudah. (3) Kelayakan pengembangan media pembelajaran PowerPoint Interaktif   terdiri dari 6 indikator yang divalidasi oleh ahli ahli media dengan hasil sebagai berikut: kesesuaian isi dengan tujuan pembelajaran: 83.33% (sangat layak), ketepatan dan kelengkapan materi:76.39% (layak), kejelasan penyampaian materi: 87.50% (sangat layak), kecocokan media dengan sasaran pengguna: 89.58% (sangat layak), kualitas media: 81.82%, (sangat layak) dan keefektifan media dalam membantu pembelajaran: 80.77% (sangat layak). (4) pengembangan media pembelajaran PowerPoint Interaktif untuk meningkatkan kompetensi profesional guru SD Negeri Sitail Kecamatan Jatinegara memperoleh hasil sebagai berikut: observasi guru kelas 1 skor 160 (87,4% amat baik), kelas 2  skor 160 (84,2% baik), kelas 3 skor 162 (85,3% baik), dan kelas 4 skor 165 (86,8% amat baik).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adri, M. (2017). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Pembelajaran. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Andari D. A.Murni A. W. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Smart Card Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Perkalian. Journal of Indonesian Education.

Ariesto Hadi Sutopo, (2021). Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pendidikan, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Arsyad, Azhar. (2019). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Baharuddin M. R.Anggraini R. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Microsoft Excel pada Mata Kuliah Perangkat Lunak Aplikasi. Jurnal Literasi Digital.

Bella Carla (2024). Ringkasan Materi Bangun Ruang Kelas 6 SD beserta Penjelasannya. https://mamikos.com/info/ringkasan-materi-bangun-ruang-kelas-6-sd-pljr/. Post 19 Januari 2024.

Daryanto. (2017). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kedua, Balai Pustaka.

Nurhakim (2018). Studi Pemanfaatan Web Site E-Learning dan Pengaruhnya terhadap Motivasi, Kinerja dan Hasil Belajar pada Guru dan Siswa SMK di Provinsi Jawa Tengah.

Evelopment Country. (2018) Definisi Pengembangan. (Blongspot Evelopment Country.co.id).

Fadhilah Dwi Amalia (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis TIK Dalam Bidang Pendidikan. https://kumparan.com/. Post 4 Juni 2022 11:27 WIB.

Furqan. (2018). Pengertian Media Pembelajaran dan Ciri-ciri Media Pendidikan. Jurnal Literasiologi.

Mamikos (2024). https://mamikos.com/info/pengertian-kompetensi-kry/?halaman=5. Pengertian Kompetensi Adalah Kemampuan, Jenis dan Contohnya. 01 Januari 2024

Downloads

Published

2024-07-30

How to Cite

Maenah, M., Taufiqulloh, T., & Sudibyo, H. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru . Journal of Education Research, 5(3), 3272–3282. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1452

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>