Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1452Keywords:
Media Pembelajaran, PowerPoint Interaktif, Kompetensi ProfesionalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis kebutuhan guru, peserta didik dan sekolah akan media pembelajaran PowerPoint Interaktif, (2) Membuat desain pengembangan. (3) Menguji kelayakan pengembangan, (4) Mengembangkan media pembelajaran PowerPoint Interaktif untuk meningkatkan kompetensi profesional guru. Peneltian ini menggunakan model penelitian Research and Development (R&D) dengan pendekatan kualitatif memungkinkan peneliti untuk menjelajahi persepsi dan pemahaman individu secara detail untuk mendapatkan pemahaman tentang pengembangan media pembelajaran PowerPoint Interaktif dan peningkatan kompetensi guru. Berdasarkan hasil penelitian dapat kesimpulan bahwa analisis kebutuhan guru akan media media pembelajaran PowerPoint Interaktif antara lain. (1) Analisis kebutuhan peserta didik, dan sekolah akan media pembelajaran PowerPoint Interaktif antara lain peserta didik membutuhkan media pembelajaran yang dapat memotivasi dan membantu membantu mereka memahami materi dengan lebih mudah serta membantu mereka mengembangkan keterampilan abad ke-21, seperti komunikasi, kolaborasi, dan pemecahan masalah. (2) Desain pengembangan media pembelajaran PowerPoint Interaktif untuk meningkatkan kompetensi profesional guru yaitu menentukan jenis media pembelajaran, membuat Storyboard yang membantu memvisualisasikan alur cerita, urutan materi, dan elemen-elemen penting dalam media pembelajaran, Membuat slide presentasi yang menarik dan interaktif untuk menarik perhatian siswa dan membantu memahami materi pelajaran dengan lebih mudah. (3) Kelayakan pengembangan media pembelajaran PowerPoint Interaktif terdiri dari 6 indikator yang divalidasi oleh ahli ahli media dengan hasil sebagai berikut: kesesuaian isi dengan tujuan pembelajaran: 83.33% (sangat layak), ketepatan dan kelengkapan materi:76.39% (layak), kejelasan penyampaian materi: 87.50% (sangat layak), kecocokan media dengan sasaran pengguna: 89.58% (sangat layak), kualitas media: 81.82%, (sangat layak) dan keefektifan media dalam membantu pembelajaran: 80.77% (sangat layak). (4) pengembangan media pembelajaran PowerPoint Interaktif untuk meningkatkan kompetensi profesional guru SD Negeri Sitail Kecamatan Jatinegara memperoleh hasil sebagai berikut: observasi guru kelas 1 skor 160 (87,4% amat baik), kelas 2 skor 160 (84,2% baik), kelas 3 skor 162 (85,3% baik), dan kelas 4 skor 165 (86,8% amat baik).
Downloads
References
Adri, M. (2017). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Pembelajaran. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Andari D. A.Murni A. W. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Smart Card Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Perkalian. Journal of Indonesian Education.
Ariesto Hadi Sutopo, (2021). Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pendidikan, Yogyakarta: Graha Ilmu.
Arsyad, Azhar. (2019). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Baharuddin M. R.Anggraini R. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Microsoft Excel pada Mata Kuliah Perangkat Lunak Aplikasi. Jurnal Literasi Digital.
Bella Carla (2024). Ringkasan Materi Bangun Ruang Kelas 6 SD beserta Penjelasannya. https://mamikos.com/info/ringkasan-materi-bangun-ruang-kelas-6-sd-pljr/. Post 19 Januari 2024.
Daryanto. (2017). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kedua, Balai Pustaka.
Nurhakim (2018). Studi Pemanfaatan Web Site E-Learning dan Pengaruhnya terhadap Motivasi, Kinerja dan Hasil Belajar pada Guru dan Siswa SMK di Provinsi Jawa Tengah.
Evelopment Country. (2018) Definisi Pengembangan. (Blongspot Evelopment Country.co.id).
Fadhilah Dwi Amalia (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis TIK Dalam Bidang Pendidikan. https://kumparan.com/. Post 4 Juni 2022 11:27 WIB.
Furqan. (2018). Pengertian Media Pembelajaran dan Ciri-ciri Media Pendidikan. Jurnal Literasiologi.
Mamikos (2024). https://mamikos.com/info/pengertian-kompetensi-kry/?halaman=5. Pengertian Kompetensi Adalah Kemampuan, Jenis dan Contohnya. 01 Januari 2024
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Maenah Maenah, Taufiqulloh Taufiqulloh, Hanung Sudibyo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).