Stimulasi Peningkatan Kemampuan Problem Solving pada Anak Usia 4-5 Tahun melaui Media Busy Jar
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1449Keywords:
Problem-solving, Busy jar, anak usia diniAbstract
Problem solving merupakan bagian perkembangan kognitif untuk mengatasi permaslahaan dalam kehidupan manusia. Rendahnya kemampuan problem solving akan mempengaruhi kualitas kehidupan manusia termasuk anak-anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan problem solving melalui media busy jar pada anak usia. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan model penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian dilakukan dengan dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 22 anak usia 4-5 tahun. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Peningkatan kemampuan problem solving dikatakan berhasil apabila presentase kemampuan problem solving anak mencapai target dari jumlah anak secara keseluruhan. Hal ini dibuktikan pada saat pra siklus tindakan kelas problem solving belum berkembang sesuai harapan, kemampuan problem solving mulai berkembang dengan baik pada siklus satu setelah diadakannya penelitian tindakan kelas kemampuan problem solving anak mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Hasil penelitian membuktikan bahawa media Busy Jar dapat meningkatkan kemampuan problem solving.
Downloads
References
Aspia, Ispi & Anggarasari, N. H. (2024). Funtastic Game sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Problem Solving pada Anak Usia Dini. As-Sabiqun: Jurnal Pendidikan Anak Islam, 6(3), 382–392. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v6i3.4624
Busch, Justin T.A& Legarge, C. H. (2019). Using data to solve problems: Children reason flexibly in response to different kinds of evidence. Journal of Experimental Child Psychology, 183(1), 172–188. https://doi.org/10.1016/j.jecp.2019.01.007
Fadhilah, S. (2021). Psikologi Pendidikan: Implikasi dan pembelajaran. PT Rajagrafindo Persada.
Fitri, Heleni & Sembiring, A. K. (2018). Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Tinjau dari Tingkat Pendidikan Ibu Di Paud Kasih Ibu Kecamatan Rumbai. Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 169–178. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v1i2.1175
Haenilah, Y. eEN. (2015). Kurikulum dan pembelajaran PAUD. Media Akademi.
Lase, M. B., Siantajani, Y., & Harefa, D. (2020). Pembelajaran Problem Solving Dalam Mengembangkan Psikomotorik Anak Usia Dini di Era Revolusi 4.0. Real Didache: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 5(1), 98–105. https://ojs.sttrealbatam.ac.id/index.php/didache
Latif, M., Zukhairia., Zubaidah, R., & Afandi, M. (2014). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Karisma Putra Utama.
Lestari, D. L. (2020). Pentingnya mendidik problem solving pada anak melalui bermain. Jurnal Pendidikan Anak, 9(2), 100–108.
Marlina, S Qalbu Z & Putra, R. . (2020). Efektivitas kemerdekaan Belajar Melalui Bermain Terhadap Karakter Anak TK Baituridha Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(2), 83–90. https://doi.org/10.33369/jip.5.2.%25p
Munawwirah, B. D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Dengan Puzzle Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 5 - 6 Tahun. TEMATIK: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 17–23. https://doi.org/10.26858/tematik.v7i1.19634
Nadila, P. (2021). Pentingnya Melatih Problem Solving Pada Anak Usia Dini Melalui Bermain. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 21(1), 51–55.
Standart Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), (2013).
Purnomo, E. A &Mawarsar, V. . (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Model Pembelajaran Ideal Problem Solving Berbasis Project Based Learning. Jurnal JKPM, 1(1), 25–31. https://doi.org/10.1055/sos-sd-002-01051
Ratna, S., & Imamah, I. (2023). Kemampuan Problem Solving Anak Usia Dini melalui Bermain Puzzle pada PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7913–7924. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5868
Setyowati, N. D. (2018). Penerapan Permainan Kreatif Mencari Harta Karun Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Pada Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 3(2). https://doi.org/10.29407/pn.v3i2.11872
Syaodih, E., Setiasih, O., Romadina, N. F., & Handayani, H. (2018). Profil Keterampilan Pemecahan Masalah Anak Usia Dini Dalam Pembelajaran Proyek Di Taman Kanak-Kanak. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(1), 29–36. https://doi.org/10.21009//jpud.121.03
Veronica, N. (2019). Kemampuan Mengelompokan Benda Berdasarkan Jenisnya. UM Surabaya Publishing.
Yuhasriati & Wahyuni, D. (2016). Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Bermain Rancang Bangun Balok di PAUD IT al FATIH kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–10.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Wiwit Umiyati, Anti Isnaningsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).