Stimulasi Peningkatan Kemampuan Problem Solving pada Anak Usia 4-5 Tahun melaui Media Busy Jar

Authors

  • Wiwit Umiyati Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama Kebumen, Indonesia
  • Anti Isnaningsih Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama Kebumen, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1449

Keywords:

Problem-solving, Busy jar, anak usia dini

Abstract

Problem solving merupakan bagian perkembangan kognitif untuk mengatasi permaslahaan dalam kehidupan manusia. Rendahnya kemampuan problem solving akan mempengaruhi kualitas kehidupan manusia termasuk anak-anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan problem solving melalui media busy jar pada anak usia. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan model penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian dilakukan dengan dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 22 anak usia 4-5 tahun. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Peningkatan kemampuan problem solving dikatakan berhasil apabila presentase kemampuan problem solving anak mencapai target dari jumlah anak secara keseluruhan. Hal ini dibuktikan pada saat pra siklus tindakan kelas problem solving belum berkembang sesuai harapan, kemampuan problem solving mulai berkembang dengan baik pada siklus satu setelah diadakannya penelitian tindakan kelas kemampuan problem solving anak mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Hasil penelitian membuktikan bahawa media Busy Jar dapat meningkatkan kemampuan problem solving.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aspia, Ispi & Anggarasari, N. H. (2024). Funtastic Game sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Problem Solving pada Anak Usia Dini. As-Sabiqun: Jurnal Pendidikan Anak Islam, 6(3), 382–392. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v6i3.4624

Busch, Justin T.A& Legarge, C. H. (2019). Using data to solve problems: Children reason flexibly in response to different kinds of evidence. Journal of Experimental Child Psychology, 183(1), 172–188. https://doi.org/10.1016/j.jecp.2019.01.007

Fadhilah, S. (2021). Psikologi Pendidikan: Implikasi dan pembelajaran. PT Rajagrafindo Persada.

Fitri, Heleni & Sembiring, A. K. (2018). Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Tinjau dari Tingkat Pendidikan Ibu Di Paud Kasih Ibu Kecamatan Rumbai. Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 169–178. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v1i2.1175

Haenilah, Y. eEN. (2015). Kurikulum dan pembelajaran PAUD. Media Akademi.

Lase, M. B., Siantajani, Y., & Harefa, D. (2020). Pembelajaran Problem Solving Dalam Mengembangkan Psikomotorik Anak Usia Dini di Era Revolusi 4.0. Real Didache: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 5(1), 98–105. https://ojs.sttrealbatam.ac.id/index.php/didache

Latif, M., Zukhairia., Zubaidah, R., & Afandi, M. (2014). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Karisma Putra Utama.

Lestari, D. L. (2020). Pentingnya mendidik problem solving pada anak melalui bermain. Jurnal Pendidikan Anak, 9(2), 100–108.

Marlina, S Qalbu Z & Putra, R. . (2020). Efektivitas kemerdekaan Belajar Melalui Bermain Terhadap Karakter Anak TK Baituridha Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(2), 83–90. https://doi.org/10.33369/jip.5.2.%25p

Munawwirah, B. D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Dengan Puzzle Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 5 - 6 Tahun. TEMATIK: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 17–23. https://doi.org/10.26858/tematik.v7i1.19634

Nadila, P. (2021). Pentingnya Melatih Problem Solving Pada Anak Usia Dini Melalui Bermain. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 21(1), 51–55.

Standart Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), (2013).

Purnomo, E. A &Mawarsar, V. . (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Model Pembelajaran Ideal Problem Solving Berbasis Project Based Learning. Jurnal JKPM, 1(1), 25–31. https://doi.org/10.1055/sos-sd-002-01051

Ratna, S., & Imamah, I. (2023). Kemampuan Problem Solving Anak Usia Dini melalui Bermain Puzzle pada PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7913–7924. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5868

Setyowati, N. D. (2018). Penerapan Permainan Kreatif Mencari Harta Karun Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Pada Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 3(2). https://doi.org/10.29407/pn.v3i2.11872

Syaodih, E., Setiasih, O., Romadina, N. F., & Handayani, H. (2018). Profil Keterampilan Pemecahan Masalah Anak Usia Dini Dalam Pembelajaran Proyek Di Taman Kanak-Kanak. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(1), 29–36. https://doi.org/10.21009//jpud.121.03

Veronica, N. (2019). Kemampuan Mengelompokan Benda Berdasarkan Jenisnya. UM Surabaya Publishing.

Yuhasriati & Wahyuni, D. (2016). Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Bermain Rancang Bangun Balok di PAUD IT al FATIH kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–10.

Downloads

Published

2024-08-02

How to Cite

Umiyati, W., & Isnaningsih, A. (2024). Stimulasi Peningkatan Kemampuan Problem Solving pada Anak Usia 4-5 Tahun melaui Media Busy Jar. Journal of Education Research, 5(3), 3409–3415. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1449

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check