Pengaruh Kualitas Pelayanan Pendidikan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan di SMP

Authors

  • Dakhori Dakhori Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal
  • Dewi Apriliani Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal
  • Hanung Sudibyo Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1445

Keywords:

Kualitas Pelayanan Pendidikan, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan

Abstract

Masyarakat menyadari bahwa pendidikan sangat penting untuk masa mendatang. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk: (1) menganalisis pengaruh kualitas pelayanan pendidikan terhadap kepuasan pelanggan (2) menganalisis pengaruh kualitas pelayanan pendidikan terhadap loyalitas pelanggan. dan (3) menganalisis pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan. Pelanggan yang dimaksud adalah para orang tua/wali siswa SMP Negeri 1 Pangkah Kabupaten Tegal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif sebab dalam penelitian data-datanya berupa angka yang akan dianalisis dengan menggunakan statistik serta teknik analisis data berupa regresi linier sederhana. Adapun populası dalam penelitian ini adalah semua siswa SMP Negeri 1 Pangkah Kabupaten Tegal pada tahun ajaran 2023/2024 sebanyak 948 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling sebanyak 255 sampel. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder melalui pengumpulan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kualitas pelayanan pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, hipotesis kedua, yaitu terdapat pengaruh yang signifikan kualitas pelayanan pendidikan terhadap loyalitas pelanggan. Selanjutnya hasil hipotesis terakhır yaitu terdapat pengaruh signifikan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan di SMP Negeri 1 Pangkah Kabupaten Tegal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariani, D. W. 2003. Manajemen Kualitas: Pendekatan Sisi Kualitatif. Jakarta: Ghalia Indonesia

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta

Ahmaddien, Iskandar., Syarkani, Yofi. (2019). Statistika Terapan dengan Sistem SPSS. Bandung: ITB Press.

Darsono, Licen. 2004. Loyalty dan Disloyalty: Sebuah Pandangan Komprehensif dalam Analisa Loyalitas Pelanggan. Jurnal Kinerja Vol.8, No.2, Th.2004, Hal.163-173. Tersedia di https://www.neliti.com/publications/143659/loyalty-disloyalty-sebuah-pandangan-komprehensif-dalam-analisa-loyalitas-pelanggan diakses tanggal 2 Oktober

Ayubi, Dian. 2010. Fokus Pada Pelanggan. https://libertymr.wordpress.com/2013/09/04/unsur-tqm-fokus-pada-pelanggan/

Friedman, et al. 2007. Customer Satisfaction and Loyalty. US: Prentice-Hall, Inc.

Gasperz, V. 2006. Total Quality Management. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Griffin, Jill. 1995. Customer Loyalty: How to earn it, How to keep it, USA: a Division of Simon and Schukers Inc.

Hellier, Philip. Customer Repurchase Intention A General Structural Equation Model. European Journal of Marketing Vol. 37 No. 11/12, 2003 pp. 1762-1800 MCB UP Limited, tersedia http://www.emeraldinsight.com/0309-0566.htm diakses tanggal 3 Oktober 2023

Indrayani, Emmi. 2004. Loyalitas Merek Sebagai Dasar Strategi Penentuan Harga: Sebuah Kajian. Majalah Ilmiah Ekonomika Volume 13 Nomor 3, Agustus 2010 : 75 – 129 diakses tanggal 3 Oktober 2023 pukul 11.57

Jim dan Zam. 2010. Manajemen Strategi Dunia Pendidikan. Manajemen Strategi https://jurnal.unigal.ac.id/managementreview/article/view/4524/3532 Diaksetanggal 07

Kotler, Philip. 2004. Manajemen Pemasaran: Edisi Kesepuluh Alih bahasa: Hendra teguh, Ronny A. Rusli, dan Benyamin Molan, Jakarta: Erlangga

Mardalis, Ahmad. 2005. Meraih Loyalitas Pelanggan: Jurnal Manajemen dan Bisnis Akreditasi No.23a/ DIKTI/KEP/ 2004 ISSN 1410-4571 Vol.9, No.2, Desember 2005 tersedia di www.ums.ac.id

Downloads

Published

2024-07-30

How to Cite

Dakhori, D., Apriliani, D., & Sudibyo, H. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pendidikan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan di SMP . Journal of Education Research, 5(3), 3262–3271. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1445

Issue

Section

Articles

Categories