Pengaruh Kualitas Pelayanan Pendidikan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan di SMP
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1445Keywords:
Kualitas Pelayanan Pendidikan, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas PelangganAbstract
Masyarakat menyadari bahwa pendidikan sangat penting untuk masa mendatang. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk: (1) menganalisis pengaruh kualitas pelayanan pendidikan terhadap kepuasan pelanggan (2) menganalisis pengaruh kualitas pelayanan pendidikan terhadap loyalitas pelanggan. dan (3) menganalisis pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan. Pelanggan yang dimaksud adalah para orang tua/wali siswa SMP Negeri 1 Pangkah Kabupaten Tegal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif sebab dalam penelitian data-datanya berupa angka yang akan dianalisis dengan menggunakan statistik serta teknik analisis data berupa regresi linier sederhana. Adapun populası dalam penelitian ini adalah semua siswa SMP Negeri 1 Pangkah Kabupaten Tegal pada tahun ajaran 2023/2024 sebanyak 948 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling sebanyak 255 sampel. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder melalui pengumpulan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kualitas pelayanan pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, hipotesis kedua, yaitu terdapat pengaruh yang signifikan kualitas pelayanan pendidikan terhadap loyalitas pelanggan. Selanjutnya hasil hipotesis terakhır yaitu terdapat pengaruh signifikan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan di SMP Negeri 1 Pangkah Kabupaten Tegal.
Downloads
References
Ariani, D. W. 2003. Manajemen Kualitas: Pendekatan Sisi Kualitatif. Jakarta: Ghalia Indonesia
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta
Ahmaddien, Iskandar., Syarkani, Yofi. (2019). Statistika Terapan dengan Sistem SPSS. Bandung: ITB Press.
Darsono, Licen. 2004. Loyalty dan Disloyalty: Sebuah Pandangan Komprehensif dalam Analisa Loyalitas Pelanggan. Jurnal Kinerja Vol.8, No.2, Th.2004, Hal.163-173. Tersedia di https://www.neliti.com/publications/143659/loyalty-disloyalty-sebuah-pandangan-komprehensif-dalam-analisa-loyalitas-pelanggan diakses tanggal 2 Oktober
Ayubi, Dian. 2010. Fokus Pada Pelanggan. https://libertymr.wordpress.com/2013/09/04/unsur-tqm-fokus-pada-pelanggan/
Friedman, et al. 2007. Customer Satisfaction and Loyalty. US: Prentice-Hall, Inc.
Gasperz, V. 2006. Total Quality Management. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Griffin, Jill. 1995. Customer Loyalty: How to earn it, How to keep it, USA: a Division of Simon and Schukers Inc.
Hellier, Philip. Customer Repurchase Intention A General Structural Equation Model. European Journal of Marketing Vol. 37 No. 11/12, 2003 pp. 1762-1800 MCB UP Limited, tersedia http://www.emeraldinsight.com/0309-0566.htm diakses tanggal 3 Oktober 2023
Indrayani, Emmi. 2004. Loyalitas Merek Sebagai Dasar Strategi Penentuan Harga: Sebuah Kajian. Majalah Ilmiah Ekonomika Volume 13 Nomor 3, Agustus 2010 : 75 – 129 diakses tanggal 3 Oktober 2023 pukul 11.57
Jim dan Zam. 2010. Manajemen Strategi Dunia Pendidikan. Manajemen Strategi https://jurnal.unigal.ac.id/managementreview/article/view/4524/3532 Diaksetanggal 07
Kotler, Philip. 2004. Manajemen Pemasaran: Edisi Kesepuluh Alih bahasa: Hendra teguh, Ronny A. Rusli, dan Benyamin Molan, Jakarta: Erlangga
Mardalis, Ahmad. 2005. Meraih Loyalitas Pelanggan: Jurnal Manajemen dan Bisnis Akreditasi No.23a/ DIKTI/KEP/ 2004 ISSN 1410-4571 Vol.9, No.2, Desember 2005 tersedia di www.ums.ac.id
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2024 Dakhori Dakhori, Dewi Apriliani, Hanung Sudibyo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).