Evaluasi Program Literasi Sekolah Menggunakan Model Context Input Process dan Product (CIPP) pada SMA

Authors

  • Ninis Isnaeni Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Dewi Apriliani Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Beni Habibi Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1443

Keywords:

Evaluasi, CIPP, Literasi Sekolah

Abstract

Membaca dan menulis adalah aktivitas yang sudah menjadi hal umum dalam pandangan masyarakat.Minimnya minat membaca dan menulis di kalangan masyarakat Indonesia menjadi kenyataan. Berdasarkan penelitian PISA budaya literasi, yang mencakup kemampuan membaca dan menulis, di Indonesia pada tahun 2018 menempati peringkat keempat terburuk dari 76 negara yang diteliti secara global. Permendikbud ini menghimbau agar setiap pemangku kepentingan pendidikan turut serta dalam menerapkan setiap pembiasaan yang diatur dalam Permendikbud. Salah satu inisiatif yang terus ditekankan oleh pemerintah adalah Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana hasil evaluasi konteks, input, proses dan produk program literasi di SMA Negeri 2 Tegal. Jenis penelitian dalam penulisan tesis ini berupa penelitian kualitatif dengan desain penelitian evaluasi. Penelitian ini akan menghasilkan data deskriptif, berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang- orang dan perilaku yang dapat diamati. Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendetesiskan suatu keadaan atau fenomena-fenomena secara apa adanya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi Context (kontek) program literasi pada SMA Negeri 2 Tegal secara keseluruhan sudah cukup baik tujuan program juga sudah sesuaian dengan kebutuhan peserta didik dan sekolah, evaluasi Input (masukan) program literasi secara keseluruhan sudah cukup baik, Jadwal kegiatan program sudah sesuai dengan panduan program. Evaluasi Process (proses) program literasi secara keseluruhan sudah cukup baik, dilihat dari hasil evaluasi proses program yaitu waktu dan tempat pelaksanaan program literasi, ruang lingkup program pelayanan programhambatan program. Evaluasi Product secara keseluruhan sudah cukup baik dan menunjukan keberhasilan program, dilihat dari hasil evaluasi produk yaitu adanya kesesuaian target dan hasil program, perubahan perilaku peserta didik dalam gemar membaca, peningkatan hasil belajar dan prestasi peserta didik yang terus meningkat. Dari keseluruhan hasil evaluasi ini dapat disimpulkan bahwa program literasi di SMA Negeri 2 Tegal berhasil dengan cukup baik sehingga program ini bisa dilanjutkan dengan memperbaiki beberapa kelemahannya sehingga dapat diterapkan ditempat lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdussamad, H. Z., & Sik, M. S. (2021). Metode penelitian kualitatif. CV. Syakir Media Press.

Aprita, M., Lestari, N. D., & Aradea, R. (2022). Pengaruh Model Cipp (Context, Input, Process, Product) Terhadap Hasil Belajar Produk Kreatif Dan Kewirausahaan Siswa Di Smk Pgri 1 Palembang. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 5(2), 50-60.

Arikunto, S., Jabar, C. S. A., & Pd, M. (2014). Evaluasi Program Pendidikan Edisi Kedua Cet. 5. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ariyanti, A. (2019). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Sebagai Pembentuk Pendidikan Berkarakter. In Prosiding Seminar Nasional Manajemen Pendidikan (Vol. 1, No. 1).

Azhar, A. (2020). Evaluasi program pelaksanaan kurikulum 2013 dengan model cipp (conteks, input, process, product) di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kapuas (Doctoral dissertation, IAIN Palangka Raya).

Djuanda, I. (2020). Implementasi evaluasi program pendidikan karakter model cipp (context, input, process dan output). Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam, 3(01), 37-53.

Jamil, V., Ramadhan, S., & Asri, Y. (2018). The Effect Of Imitation Model Technique And Literary Reading Interest To Short Stories Writing Skill. Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni, 19(1), 87-100.

Khotimah, K., & Sa’dijah, C. (2018). Pelaksanaan gerakan literasi sekolah.

Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(11), 1488-1498.

Kurniasari, A. (2022). Evaluasi Pelaksanaan Program Unggulan di SMA Negeri 1Kertosono dan MA Negeri Nganjuk (Studi Evaluatif Model CIPP) (Doctoral dissertation, IAIN Kediri).

Laili, F. (2020).Analisis Pelaksanaan Program Penjaminan Mutu Internal Sekolah di Era Covid-19 Dengan Model CIPP (Study Kasus di SMPN 2 dan SMP Ksatrya Jakarta Pusat) (Master's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Muryadi, A. D. (2018). Model evaluasi program dalam penelitian evaluasi. Jurnal Ilmiah Penjas (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 3(1).

Saputra, D. N., Novita Listyaningrum, S. H., Leuhoe, Y. J., Apriani, S. S., Asnah, S. P., & Rokhayati, T. (2022). Buku ajar metodologi penelitian. Feniks Muda Sejahtera.

Sukmadinata, N. S. (2019). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya, 169-170.

Suryadin, A., Sari, W. P., & Nurfitriani, M. P. (2022). Evaluasi Program Model CIPP (Context, Input, Process, and Product) antara Teori dan Praktiknya. Samudra Biru.

Triana, A. (2023). Pengaruh Penerapan Full Day School Dan Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI di SMK Yadika Natar (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).

Widodo, S., & Ardhyantama, V. (2023). Membaca dan Menulis Konsep dan Praktik Abad 21. Penerbit Andi.

Downloads

Published

2024-07-30

How to Cite

Isnaeni, N., Apriliani, D., & Habibi, B. (2024). Evaluasi Program Literasi Sekolah Menggunakan Model Context Input Process dan Product (CIPP) pada SMA . Journal of Education Research, 5(3), 3245–3252. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1443

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check