Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Satuan PAUD di Kota Banjarmasin

Authors

  • Renni Anggraini Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia
  • Ahmad Suriansyah Administrasi Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia
  • Novitawati Novitawati Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1439

Keywords:

Integrasi kurikulum, Startegi Implementasi Kurikulum PAUD, KOSP PAUD, Asesmen Capaian Pembelajaran, Kokurikuler

Abstract

Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) adalah respon terhadap dampak  Learning Loss dan krisis pembelajaran di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi integrasi, strategi implementasi dan pengembangan kurikulum merdeka serta strategi asesmen capaian pembelajaran anak di TK Alam Berbasis Karakter Sayang Ibu dan TK Budi Mulia III di Kota Banjarmasin. Menggunakan pendekatan kualitatif multisitus dengan pengumpulan data melalui observasi partisipan, wawancara dan dokumentasi. Data diolah melalui tahap reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan bahwa IKM satuan PAUD memiliki perencanaan kurikulum operasional satuan Pendidikan (KOSP) berbasis karakteristik sekolah. Dikembangkan dengan konteksnya berbeda antara setiap satuan, relevan, sesuai kebutuhan anak dan konteks lokal, Struktur kurikulum Merdeka meliputi pembelajaran intrakurikuler sebagai pembelajaran regular dan Penanaman Profil Pancasila (P3), kokurikuler kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), dan ekstrakurikuler berupa untuk mengembangkan bakat dan minat peserta didik sesuai dengan kebutuhannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariana, L., & Novitawati, N. (2023). Mengembangkan Kemampuan Anak Dalam Mengontrol Gerakan Tangan Menggunakan Otot Halus Melalui Kombinasi Model Project Based Learning Dan Model Direct Instructions Pada Kegiatan Mozaik. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (Jikad), 3(3), 32-41.

Asiyani, G., Salehudin, M., Merlina, M., Dahliana, H., Anggraini, S., & Mutmainah, A. S. (2022). Tinjauan Literatur Sistematis: Holistik Integratif Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 9(2), 75-89.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2016). KBBI Daring. Retrieved 2021, from https://kbbi.kemdikbud.go.id/Beranda

Fridani, L., & Psych, M. (2014). Perencanaan Asesmen Perkembangan Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Fridani, L., Elfiah, U., Handayani, S., & Ali, A. (2020). Thought, Attitude and Action: The Struggle of an International PhD Student-Mother during the COVID-19 Pandemic in Australia. Journal of International Students, 10(S3), 75-90.

Hidayat, W., & Andriani, A. (2020). Pelaksanaan Penilaian Autentik Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(2), 88-95.

Iskandar, S., Rosmana, P. S., Apriliani, D., Husna, M., Azahra, R., & Zahra, V. N. (2023). Kurikulum merdeka sebagai upaya mengatasi learning loss yang terjadi di Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 3558-3568.

Kemdikbud.go.id. (2020). FAQ Program Sekolah Penggerak (PSP). Retrieved September 17, 2023, from www.kemdikbud.go.id: https://ditpsd.kemdikbud.go.id/upload/filemanager/download/FAQ%20Sekolah%20Penggerak_01022021.pdf

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 719/P/2020 Tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum Pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020, November 20). Surat Keputusan Bersama 4 Menteri Tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (VOVID19). Retrieved Mei 30, 2021, from www.kemdikbud.go.id/download: https://www.kemdikbud.go.id/main/files/download/405f3fc7e71e67a

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi 2021. (2021). Data Pendidik Kota Banjarmasin - Dapodikdasmen dapo.kemdikbud.go.id. (P. D. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Editor, & Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi 2021) Retrieved Februari 05, 2022, from https://dapo.kemdikbud.go.id/: https://dapo.kemdikbud.go.id/pendidik/2/146000

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. (2021), Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia nomor 371/M/2021 tentang: Program Sekolah penggerak.

Kuhr, B. E. (2023). Dr. Carol Ann Tomlinson: A Legacy of Differentiated Instruction and Empathetic Classrooms. In The Palgrave Handbook of Educational Thinkers (pp. 1-14). Cham: Springer International Publishing.

Lanawaty, R. A. A., Aslamiah, A., & Novitawati, N. (2023). Educational Management Action Program for Pre-School. International Journal of Social Science and Human Research, 6(02).

Lubis, M. U., Siagian, F. A., Zega, Z., Nuhdin, N., & Nasution, A. F. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Abad 21 Dalam Pendidikan. ANTHOR: Education and Learning Journal, 2(5), 691-695.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif (Revisi). Bandung: PT remaja rosdakarya, 102-107.

Mulyasa, H. E. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta Timur : Bumi Aksara.ISBN: 978-623-328-677-0.

Mulyasa. (2012). Manajemen PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mursid, R., & Yulia, E. (2019). Pengembangan Pembelajaran dalam Teknologi Pendidikan Era RI 4.0. Digilib.unmedac.id, 2-3. Retrieved from http://digilib.unimed.ac.id/38930/2/ATP%2060.pdf

Muzdalifah, N., & Novitawati, N. (2024). Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Dalam Mengenal Benda Berdasarkan Fungsi Menggunakan Model Pbl Dan Metode Tanya Jawab Pada Kelompok A Tk Mekar Sari Balangan. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 4(2), 13-20.

N. Permata Sari., Novitawati, & Yulius Suryo Putro, H. (2022). Pengembangan Karakter Anak Usia Dini: Menumbuh Kembangkan Karakter AUD Melalui Konseling Media Gambar. Yogjakarta: Deepublish Publisher. ISBN 978-623-02-4572-5

Nisa, K., Novitawati, N., & Sakerani, S. (2024). Implementation of an Integrative Holistic Program in Early Childhood Education (Multi Site Study at the Pembina Inti State Kindergarten in Central Banjarmasin and Pembina East Banjarmasin State Kindergarten 2). Formosa Journal of Applied Sciences, 3(4), 2101-2110.

Novitawati, N., Anggreani, C., & Sakerani, S. (2022). Bimbingan Teknis Perancangan Pembelajaran Steam Bagi Guru Paud. JCES (Journal of Character Education Society), 5(1), 269-275.

Novitawati, N., Anggreani, C., (2023). Mobile Learning Based Electronic Worksheet to Indroduce teh Wetland Environment To Early Childern. Asian Journal of education and Social Studies 38 (4), 7-16.

Novitawati, N., Purwanti, R., Prastitasari, H., Vitriati, N., & Olfah, K. (2022). Traditional Games as English Learning Media for Early Childhood. Jurnal Ilmiah Potensia, 7(2), 184-193.

Rahardjo, M. M., & Maryati, S. (2021). Buku Panduan Pendidik Pengembangan Pembelajaran Untuk Satruan PAUD. Jakarta Pusat: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penenlitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan teknologi. Retrieved from http://118.98.166.64/bukuteks/assets/uploads/pdf/PAUD-BUKU_PENGEMBANGAN_PEMBELAJARAN_rev.pdf

Randall, R. M., Sukoco, G. A., Heyward, M., Arsendy, S., Purba, R. E., Zamjani, I., & Zulfa, A. H. (2022). Reforming Indonesia's Curriculum: How Kurikulum Merdeka Aims to Address Learning Loss and Learning Outcomes in Literacy and Numeracy. INOVASI-Innovation for Indonesia's School Children.

Ratih, A., Ekawati, D. D., Festiyed, F., Asrizal, A., Diliarosta, S., & Desnita, D. (2024). Dari Nilai Budaya Lokal ke Ruang Kelas: Tinjauan Sistematis tentang Nilai Budaya Lokal yang Dimanfaatkan dalam Pembelajaran Berbasis Etnosains. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 7(1), 242-253.

Salehudin, M., & Asiyani, G. (2022). Systematic Literature Review: Holistik Integratif Berbasis ICT Pada PAUD Di Indonesia. Journal of Instructional and Development Researches, 2(6), 223-233.

Tim Penyusun Panduan PPs ULM. (2020). Panduan Penulisan Tesis dan Disertasi PRogram Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat Tahun 2020. Banjar Baru: Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat.

Wormeli, R. (2023). Fair isn't always equal: Assessment & Grading in the Differentiated Classroom. Routledge.

Downloads

Published

2024-08-09

How to Cite

Anggraini, R., Suriansyah, A., & Novitawati, N. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Satuan PAUD di Kota Banjarmasin. Journal of Education Research, 5(3), 3514–3524. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1439

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check

Most read articles by the same author(s)