Analisis Kesalahan Penggunaan Huruf Kapital dan Tanda Baca pada Paragraf Deskriptif Siswa Kelas V SD

Authors

  • Ryani Husnul Hothimah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Tangerang, Indonesia
  • Najib Hasan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Tangerang, Indonesia
  • Mawardi Mawardi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Tangerang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1437

Keywords:

Huruf Kapital, Tanda Baca, Paragraf Deskriptif

Abstract

Pendidikan pada dasarnya merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Dengan pendidikan manusia dapat mengembangkan potensi yang ada pada dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan dan faktor yang menyebabkan penggunaan huruf kapital dan tanda baca pada paragraf deskriptif siswa kelas V SDN Cipondoh. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, yaitu metode yang melibatkan peneliti secara langsung untuk mengamati fakta nyata yang ditemukan di lapangan. Subjek penelitian ini siswa kelas V dengan jumlah siswa yang diteliti sebanyak 34 siswa. Pengumpulan data dalam metode ini dilakukan dengan menggunakan instrumen  wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini diperoleh hasil kesalahan  34 hasil tulisan paragraf siswa yang dianalisis, pada penggunaan huruf kapital kesalahan frekuensi terbesar yang paling banyak dilakukan siswa yaitu kesalahan penggunaan huruf kapital sebagai huruf pertama di awal kalimat, didapatkan 445 kesalahan dengan persentase 87% dengan kategori sangat tinggi, Sedangkan, penggunaan tanda baca dapat dilihat dari frekuensi kesalahan terbanyak yaitu pada penggunaan tanda baca titik yang memiliki 461 kesalahan dengan persentase 57,26%  dengan kategori tinggi dan frekuensi kesalahan terkecil yaitu pada penggunaan tanda baca seru yang memiliki 31 kesalahan dengan persentase 3,85% dengan kategori sangat rendah. Faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menggunakan huruf kapital dan tanda baca, yaitu disebabkan oleh daya pikir siswa rendah serta kebiasaan siswa yang lupa dan terburu-buru sehingga tidak menuliskan huruf kapital dan tanda baca secara terperinci yang membuat siswa ingin cepat selesai dalam menulis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustinus, J, W., Candrayani, A., Hendrawati, I, E, S., Wijyanti, H, S. (2019). Bahasa Indonesia: Penulisan dan Penyajian Karya Ilmiah. Depok: Rajawali Pers

Arifin, E. Zaenal dan S. Amran Tasai. (2020). BAHASA INDONESIA Sebagai Mata Kuliah Wajib Umum (MKWU) Untuk Pengembangan Kepribadian Tangerang. PT Pustaka Mandiri

Fadhillah, D, dan Fitriani, H, S, H. (2019). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Rendah. Yogyakarta: Samudra Biru

Hardani, dkk. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu Group

Hudaa, S. (2022). Bahasa Indonesia Era Digital: Implementasi MBKM di Perguruan Tinggi. Sukabumi: CV Jejak

Kasmawati, dkk. (2022). Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Padang: PT Global Eksekutif Teknologi

Kumala, T. (2019). Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia PUEBI. C-klik Media

Mawardi. (2022). Desain Peneiltian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Samudra Biru

Nordin. (2018). PUEBI Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia & SASTRA INDONESIA Tangerang Selatan: Redaksi Cemerlang

Nugraheni, A, S. (2019). Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi Berbasis Pembelajaran Aktif. Jakarta: Prenadamedia Group

Rokhmansyah, A, dkk. (2018). Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Semarang: UNNESS PRESS

Siddik, M, dkk. (2020). Bahasa Indonesia Akademik. Samarinda: Pusat MPK-LP3M Universitas Mulawarman

Sitorus, J, P. (2019). Mengenal Tata Bahasa Indonesia. Malang: Evernity Fisher Media

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Suladi. (2019). PARAGRAF. Jakarta Timur: Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan

Tersiana, A. (2018). Metode Penelitian. Yogyakarta

Downloads

Published

2024-09-01

How to Cite

Hothimah, R. H., Hasan, N., & Mawardi, M. (2024). Analisis Kesalahan Penggunaan Huruf Kapital dan Tanda Baca pada Paragraf Deskriptif Siswa Kelas V SD. Journal of Education Research, 5(4), 4262–4268. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1437

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check