Analisis Kesalahan Penggunaan Huruf Kapital dan Tanda Baca pada Paragraf Deskriptif Siswa Kelas V SD
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1437Keywords:
Huruf Kapital, Tanda Baca, Paragraf DeskriptifAbstract
Pendidikan pada dasarnya merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Dengan pendidikan manusia dapat mengembangkan potensi yang ada pada dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan dan faktor yang menyebabkan penggunaan huruf kapital dan tanda baca pada paragraf deskriptif siswa kelas V SDN Cipondoh. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, yaitu metode yang melibatkan peneliti secara langsung untuk mengamati fakta nyata yang ditemukan di lapangan. Subjek penelitian ini siswa kelas V dengan jumlah siswa yang diteliti sebanyak 34 siswa. Pengumpulan data dalam metode ini dilakukan dengan menggunakan instrumen wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini diperoleh hasil kesalahan 34 hasil tulisan paragraf siswa yang dianalisis, pada penggunaan huruf kapital kesalahan frekuensi terbesar yang paling banyak dilakukan siswa yaitu kesalahan penggunaan huruf kapital sebagai huruf pertama di awal kalimat, didapatkan 445 kesalahan dengan persentase 87% dengan kategori sangat tinggi, Sedangkan, penggunaan tanda baca dapat dilihat dari frekuensi kesalahan terbanyak yaitu pada penggunaan tanda baca titik yang memiliki 461 kesalahan dengan persentase 57,26% dengan kategori tinggi dan frekuensi kesalahan terkecil yaitu pada penggunaan tanda baca seru yang memiliki 31 kesalahan dengan persentase 3,85% dengan kategori sangat rendah. Faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menggunakan huruf kapital dan tanda baca, yaitu disebabkan oleh daya pikir siswa rendah serta kebiasaan siswa yang lupa dan terburu-buru sehingga tidak menuliskan huruf kapital dan tanda baca secara terperinci yang membuat siswa ingin cepat selesai dalam menulis.
Downloads
References
Agustinus, J, W., Candrayani, A., Hendrawati, I, E, S., Wijyanti, H, S. (2019). Bahasa Indonesia: Penulisan dan Penyajian Karya Ilmiah. Depok: Rajawali Pers
Arifin, E. Zaenal dan S. Amran Tasai. (2020). BAHASA INDONESIA Sebagai Mata Kuliah Wajib Umum (MKWU) Untuk Pengembangan Kepribadian Tangerang. PT Pustaka Mandiri
Fadhillah, D, dan Fitriani, H, S, H. (2019). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Rendah. Yogyakarta: Samudra Biru
Hardani, dkk. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu Group
Hudaa, S. (2022). Bahasa Indonesia Era Digital: Implementasi MBKM di Perguruan Tinggi. Sukabumi: CV Jejak
Kasmawati, dkk. (2022). Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Padang: PT Global Eksekutif Teknologi
Kumala, T. (2019). Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia PUEBI. C-klik Media
Mawardi. (2022). Desain Peneiltian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Samudra Biru
Nordin. (2018). PUEBI Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia & SASTRA INDONESIA Tangerang Selatan: Redaksi Cemerlang
Nugraheni, A, S. (2019). Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi Berbasis Pembelajaran Aktif. Jakarta: Prenadamedia Group
Rokhmansyah, A, dkk. (2018). Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Semarang: UNNESS PRESS
Siddik, M, dkk. (2020). Bahasa Indonesia Akademik. Samarinda: Pusat MPK-LP3M Universitas Mulawarman
Sitorus, J, P. (2019). Mengenal Tata Bahasa Indonesia. Malang: Evernity Fisher Media
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Suladi. (2019). PARAGRAF. Jakarta Timur: Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan
Tersiana, A. (2018). Metode Penelitian. Yogyakarta
Downloads
Published
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Ryani Husnul Hothimah, Najib Hasan, Mawardi Mawardi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).