Model Assesment Literasi Membaca pada Siswa Sekolah Dasar Berbasis Pemodelan Rasch

Authors

  • Desy Eka Purnami Pedagogi. Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Sitti Hartinah Magister Pedagogi. Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Purwo Susongko Magister Pedagogi. Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1435

Keywords:

Asesmen, Literasi Membaca, Pemodelan Rasch

Abstract

Literasi membaca merupakan kemampuan yang harus dikuasai oleh peserta didik sehingga dapat mengevaluasi, menggunakan, memahami, dan merefleksi berbagai ragam teks bacaan tertulis. Kemampuan ini bila termiliki dapat berkontribusi secara produktif bagi pengembangannya. Literasi membaca mencakup kemampuan peserta didik dalam bernalar serta memiliki sudut pandang, mampu memahami isi teks bacaan dengan penuh, dan membiasakan diri untuk dapat merefleksi isi teks baik secara makna maupun pengalaman pribadi. Literasi membaca merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh lulusan dari jenjang sekolah dasar. Literasi membaca merupakan kemampuan siswa dalam mengaplikasikan tiga aspek kemampuan membaca yaitu menemukan informasi (locate information), memahami isi bacaan ( understand) dan  mengevaluasi serta merefleksi (evaluate and reflect) . Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dngan model Research and Development analyze, desain dan development).  Tekhnik pengumpulan data dengan tekhnik tes, dokumentasi dan angket. Populasi penelitian sejumlah 226, penetapan sampel menggunakan rumus Slovin sebesar 144. Teknik analisis data dengan nilai rapot pendidikan, kebutuhan peserta didik tentang literasi serta tujuan. Analisis dilakukan dengan pemodelan Rasch. Uji validitas instrumen (validitas isi, psikometri, eksternal dan konstruk ) uji validitas ini diolah menggunakan program Rasch 4.3.1 dan IBM SPSS Statistic 26. Hasil uji validitas dipoeroleh nilai outfit t antara -2.0 hingga 2.0 serta peluang penerimaan Ho (kecocokan model) lebih besar dari 0,01 (p>0,01). Sedang  uji unidimensi diperoleh KMO sebesar 0.697 ini berarti bahwa uji ini memiliki nilai eigenvalues yang lebih dominan, artinya butir tes literasi membaca yang disusun peneliti dapat diterima baik dilihat dari segi isi, psikometri, konstrak dan eksternal. Jadi dapat disimpulkan asesmen literasi membaca yang dibangun dengan pemodelan Rasch dapat diterima. Temuan penelitian ini disarankan guru dalam memberikan asesmen literasi membaca harus mempertimbangkan waktu, kondisi psikis siswa dan ketuntasan materi yang diberikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ananiadou, K., & Claro, M. (2009). 21st century skills and competences for new

millennium learners in OECD countries. In OECD Education Working Papers, No. 41. OECD Publishing. http://dx.doi.org/10.1787/218525261154

Arikunto, Suhardjono. (2010). Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Kualitatif

dan Kuantitatif. Rineka Cipta

Brown, G. & Yule, G. (1996). Discourse Analysis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka

Utama. Clark, H. & Hendersen, D. J. O. (2007). Retelling narratives as

fiction or nonfiction. Proceedings of the Annual Meeting of the Cognitive Science Society, 29(29).

Duke, N. K. (2004). The case for informational text. Educational Leadership:

What Research Says About Reading, 61(6).

de Lange, J. (2006). Mathematical literacy for living from OECD-PISA

perspective. Tsukuba Journal of Educational Study in Mathematics, 25, 13–25.

Eriyanto. (2001). Analisis Wacana. Yogyakarta: LkiS Yogyakarta Ermanto. (2008). Keterampilan Membaca Cerdas. Padang: UNP Press

Grek, S. (2009). Governing by numbers: the PISA ‘effect’ in Europe. Journal of

Education Policy, 24(1), 23–37

Mullis, I. V. S. & Martin, M. O. (2017). TIMSS 2019 Assessment Framework.

Chestnut Hill: International Association for the Evaluation of Educational Achievement (IEA).

OECD (1999), Measuring Student Knowledge and Skills: A New Framework for

Assessment, Paris: OECD.

OECD (2003). The PISA 2003 Assessment Framework: Mathematics, Reading,

Science and Problem Solving Knowledge and Skills. Paris: OECD.

OECD (2017). PISA 2015 Assessment and Analytical Framework. Paris: OECD

Publishing. OECD. (2018). PISA 2022 Mathematics Framework (Draft). Paris: OECD Publishing.

OECD (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. Paris: OECD

Publishing, https://doi.org/10.1787/b2Sefab8-en Partnership for 21st Century Skills (2002). Learning for the 21 century. A report and mile guide for 21st century skills.

Prihastari, Ema Butsi, and Ratna Widyaningrum. "Integrasi budaya lokal dalam

pengembangan LKPD untuk mewujudkan gerakan literasi sekolah." MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran 7.1 (2021): 43-49.

Purwo, S. "Peran Gerakan Literasi Sekolah Dalam Pembelajaran Kreatif-Produktif

di Sekolah Dasar. Karya Ilmiah Dosen, 3 (1)." (2017).

Purwo, Suciati. "Peran gerakan literasi sekolah dalam pembelajaran kreatif-produktif di sekolah dasar." Karya Ilmiah Dosen 3.1 (2017).

Queensland College of Teacher. (2015). Numeracy Teaching Across the

Curriculum in Queensland: Resources for Teachers. Toowong: Queensland College of Teachers.

Riduwan. (2015). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta

Rayanto, Yudi Hari. Penelitian Pengembangan Model Addie Dan R2d2: Teori &

Praktek. Lembaga Academic & Research Institute, 2020.

Sugiyono. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan. Alfabeta

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, penerbit Alfabeta,Bandung

Sukamto, Katharina Endriati, and Bambang Kaswanti Purwo. "Meningkatkan, Bersama Para Guru, Kemampuan Berliterasi Siswa Sdn Sarikarya, Yogyakarta." Abdimas Altruis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1.2 (2018): 75-83.

Suseno, Endro, S. Kom, and MPd M Pd Dr Purwo Susongko. Mengukur Validitas Tes. Pemeral edukreatif, 2021.

Susongko. 2019. Aplikasi Model Rasch dalam Pengukuran Pendidikan Berbasis

Program R. Tegal: Universitas Pancasakti Tegal.

Trianggoro, Ivanka Restu Widy, and Henny Dewi Koeswanti. "Evaluasi Program Gerakan Literasi Sekolah (Gelis) Di Sekolah Dasar." Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru 4.3 (2021): 355-362.

Wellek, Rene & Austin Warren. (2014). Theory of Literature. Terj. Melani Budianta. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2024-07-30

How to Cite

Purnami, D. E., Hartinah, S., & Susongko, P. (2024). Model Assesment Literasi Membaca pada Siswa Sekolah Dasar Berbasis Pemodelan Rasch. Journal of Education Research, 5(3), 3217–3223. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1435

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>