Pelaksanaan Program Kemitraan Satuan PAUD dan Keluarga (Studi Multi Situs di TK Negeri Pembina Inti dan TK Islam Terpadu Ukhuwah)

Authors

  • Ayu Christy Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia
  • Wahyu Wahyu Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia
  • Ririanti Rachmayanie Jamain Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1432

Keywords:

Pelaksanaan, Kemitraan, Pendidikan Anak Usia Dini, Keluarga

Abstract

Orang tua mempunyai banyak kesempatan berinteraksi dan komunikasi dengan anak. Bentuk dan cara-cara interaksi dengan anak di dalam keluarga akan mempengaruhi tumbuh kembangnya karakter baik dan budaya prestasi anak. Penelitan ini bertujuan menganalisis dan menemukan strategi pelaksanaan kemitraan, upaya mempertahankan dan meningkatkan kemitraan satuan PAUD dan keluarga. Metode penelitian dilakukan melalui metode penelitian kualitatif deskriptif, yaitu suatu metode mengamati, menganalisa dan menggambarkan fenomena yang terjadi di lapangan. Hasil analisis data penelitian disimpulkan bahwa strategi pelaksanaan kemitraan satuan PAUD dan keluarga yaitu  perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Upaya mempertahankan dan meningkatkan kemitraan satuan PAUD dan keluarga dapat dilakukan dengan menyampaikan laporan hasil belajar kepada orang tua, menggunakan dokumen dan media sebagai wadah komunikasi dengan orang tua, dan melibatkan orang tua aktif dalam mendukung pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, P., & Usman, H. (2011). Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

Banggur, M. D. V., & Jerodon, V. (2022). Pelibatan Keluarga dalam Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 11–17.

Dimyati, J. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: Kencana.

Emzir. (2008). Metode Peneltian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Erdem, C., & Kaya, M. (2020). A meta-analysis of the effect of parental involvement on students’ academic achievement. Journal of Learning for Development, 7(3), 367–383. https://doi.org/10.56059/jl4d.v7i3.417

Hidayatulloh, M. A., & Fauziyah, L. (2020). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di Satuan PAUD Islam. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(4), 149–158. https://doi.org/10.14421/jga.2020.54-02

Ihsana, E.-K. (2015). Manajemen PAUD. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jamilah. (2019). Kemitraan Pendidikan Anak Usia Dini (Sinergi Tiga Pilar Pendidikan: Keluarga, Sekolah dan MAsyarakat). Simulacra, 181-194.

Jannah, E. H. (2020). Pelaksanaan Program Home Visit Di Ra Ulul Albab Jember Tahun Pelajaran 2019-2020.Repository.Unmuhjember.Ac.Id. http://repository.unmuhjember.ac.id/4976/11/K. ARTIKEL.pdf

Miles, & Huberman. (2007). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.

Moleong, J. L. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Moleong, L. J. (2018). Metode Penelitiang Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Novitawati, N., Purwanti, R., Prastitasari, H., Vitriati, N., & Olfah, K. (2022). Traditional Games as English Learning Media for Early Childhood. Jurnal Ilmiah Potensia, 7(2), 184-193.Nurhasanah, N., Mangunwibawa, A. A., Hakim, H., & Ratnaningrum, R. (2022). Panduan Kemitraan dengan Orang Tua. 47.

Novitawati, N., Wamaungu, J. A., & Astuti, S. W. (2018). Developing Early Childhood Ability in Understanding Rules Using Combination of Role-Playing Model and Question-Answer Method Through Medium of Traffic Signs. Journal of K6 Education and Management, 1(2), 11-18.Pujiarto. (2023). Peran Komite Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam. REFERENSI ISLAMIKA: Jurnal Studi Islam, 1(1), 29–39. https://doi.org/10.61220/ri.vol1iss1.0234

Novitawati, N., & Anggreani, C. (2021). Improving Early Childhood Education Teacher Skill Using Virtual Learning During the Covid-19 Pandemic. JCES (Journal of Character Education Society), 4(3), 533-540.Putriarini, A. (2019). Kemitraan Sekolah dengan Orang Tua di PAUD IT Nur Hidayah Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019. 1-9.

Robingatin, R., & Khadijah, K. (2019). Kemitraan Orangtua dan Masyarakat Dalam Program Pendidikan Anak Usia dini. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1). https://doi.org/10.24042/ajipaud.v2i1.4621

Sugiyono. (2006). Statistik untuk Penelitian . Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Yuniarti, S. et al. (2016). Kemitraan Satuan Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD ) Dengan Keluarga Dan Masyarakat.

Downloads

Published

2024-08-09

How to Cite

Ayu Christy, Wahyu, W., & Jamain, R. R. (2024). Pelaksanaan Program Kemitraan Satuan PAUD dan Keluarga (Studi Multi Situs di TK Negeri Pembina Inti dan TK Islam Terpadu Ukhuwah). Journal of Education Research, 5(3), 3507–3513. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1432

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check

Most read articles by the same author(s)