Pelaksanaan Program Kemitraan Satuan PAUD dan Keluarga (Studi Multi Situs di TK Negeri Pembina Inti dan TK Islam Terpadu Ukhuwah)
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1432Keywords:
Pelaksanaan, Kemitraan, Pendidikan Anak Usia Dini, KeluargaAbstract
Orang tua mempunyai banyak kesempatan berinteraksi dan komunikasi dengan anak. Bentuk dan cara-cara interaksi dengan anak di dalam keluarga akan mempengaruhi tumbuh kembangnya karakter baik dan budaya prestasi anak. Penelitan ini bertujuan menganalisis dan menemukan strategi pelaksanaan kemitraan, upaya mempertahankan dan meningkatkan kemitraan satuan PAUD dan keluarga. Metode penelitian dilakukan melalui metode penelitian kualitatif deskriptif, yaitu suatu metode mengamati, menganalisa dan menggambarkan fenomena yang terjadi di lapangan. Hasil analisis data penelitian disimpulkan bahwa strategi pelaksanaan kemitraan satuan PAUD dan keluarga yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Upaya mempertahankan dan meningkatkan kemitraan satuan PAUD dan keluarga dapat dilakukan dengan menyampaikan laporan hasil belajar kepada orang tua, menggunakan dokumen dan media sebagai wadah komunikasi dengan orang tua, dan melibatkan orang tua aktif dalam mendukung pembelajaran.
Downloads
References
Akbar, P., & Usman, H. (2011). Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.
Banggur, M. D. V., & Jerodon, V. (2022). Pelibatan Keluarga dalam Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 11–17.
Dimyati, J. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: Kencana.
Emzir. (2008). Metode Peneltian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.
Erdem, C., & Kaya, M. (2020). A meta-analysis of the effect of parental involvement on students’ academic achievement. Journal of Learning for Development, 7(3), 367–383. https://doi.org/10.56059/jl4d.v7i3.417
Hidayatulloh, M. A., & Fauziyah, L. (2020). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di Satuan PAUD Islam. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(4), 149–158. https://doi.org/10.14421/jga.2020.54-02
Ihsana, E.-K. (2015). Manajemen PAUD. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Jamilah. (2019). Kemitraan Pendidikan Anak Usia Dini (Sinergi Tiga Pilar Pendidikan: Keluarga, Sekolah dan MAsyarakat). Simulacra, 181-194.
Jannah, E. H. (2020). Pelaksanaan Program Home Visit Di Ra Ulul Albab Jember Tahun Pelajaran 2019-2020.Repository.Unmuhjember.Ac.Id. http://repository.unmuhjember.ac.id/4976/11/K. ARTIKEL.pdf
Miles, & Huberman. (2007). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.
Moleong, J. L. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Moleong, L. J. (2018). Metode Penelitiang Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Novitawati, N., Purwanti, R., Prastitasari, H., Vitriati, N., & Olfah, K. (2022). Traditional Games as English Learning Media for Early Childhood. Jurnal Ilmiah Potensia, 7(2), 184-193.Nurhasanah, N., Mangunwibawa, A. A., Hakim, H., & Ratnaningrum, R. (2022). Panduan Kemitraan dengan Orang Tua. 47.
Novitawati, N., Wamaungu, J. A., & Astuti, S. W. (2018). Developing Early Childhood Ability in Understanding Rules Using Combination of Role-Playing Model and Question-Answer Method Through Medium of Traffic Signs. Journal of K6 Education and Management, 1(2), 11-18.Pujiarto. (2023). Peran Komite Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam. REFERENSI ISLAMIKA: Jurnal Studi Islam, 1(1), 29–39. https://doi.org/10.61220/ri.vol1iss1.0234
Novitawati, N., & Anggreani, C. (2021). Improving Early Childhood Education Teacher Skill Using Virtual Learning During the Covid-19 Pandemic. JCES (Journal of Character Education Society), 4(3), 533-540.Putriarini, A. (2019). Kemitraan Sekolah dengan Orang Tua di PAUD IT Nur Hidayah Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019. 1-9.
Robingatin, R., & Khadijah, K. (2019). Kemitraan Orangtua dan Masyarakat Dalam Program Pendidikan Anak Usia dini. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1). https://doi.org/10.24042/ajipaud.v2i1.4621
Sugiyono. (2006). Statistik untuk Penelitian . Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Yuniarti, S. et al. (2016). Kemitraan Satuan Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD ) Dengan Keluarga Dan Masyarakat.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Ayu Christy, Wahyu Wahyu, Ririanti Rachmayanie Jamain

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).