Pengaruh Model Pembelajaran Brainwriting terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII

Authors

  • Nursifah Lutfiana Sari Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
  • Ferina Meliasanti Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
  • Daman Huri Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1431

Keywords:

Model Pembelajaran Brainwriting, Keterampilan Menulis Puisi

Abstract

Fokus pada penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran brainwriting terhadap pembelajaran keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII dengan pendekatan kuantitatif metode kuasi eksperimen. Sampel penelitian kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan VIII C sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data terdiri dari pretest dan posttet. Pengolahan data dengan bantuan IBM SPSS versi dua puluh lima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lima puluh tujuh menjadi delapan puluh empat, artinya terjadi peningkatan pada siswa dalam menulis puisi. Pada nilai pretest dan posttest kelas kontrol dan eksperimen berdistribusi normal. Uji homogenitas pretest dan posttest pada kelas kontrol dan kelas eksperimen dinyatakan homogen dengan memperoleh. Nilai rata-rata N-Gain yang diperoleh kelas eksperimen dengan klasifikasi sedang. Berdasarkan hasil uji Independent Sample T-Test atau uji hipotesis memperoleh hasil sebesar. Dengan demikian dapat disimpulkan, model pembelajaran brainwriting berpengaruh terhadap pembelajaran keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budiani, S. A. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi dengan Menggunakan Metode Brainwriting. Paedagogie, Volume 13(1), 1-6 https://doi.org/10.31603/paedagogie.v13i1.2086.

Kardian, A. (2018, April). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menyimak Puisi dengan Menggunakan Metode Course Review Horay. Jurnal Bahasa Sastra Indonesia dan Pngajarannya, Volume 11(1), 15-22 https://doi.org/10.55222/metamorfosis.v11i1.25.

Nurmayani, R. (2015). Keefektifan Strategi Brainwriting dalam Pembelajaran Menulis Cerpen pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Ngaglik. ePrints@UNY Lumbung Pustaka Universitas Negeri Yogyakarta.

Nurrahmawati, Y. (2013). Keefektifan Pembelajaran Menulis Puisi dengan Model Pembelajaran Experiental Learning berbantuan Video bagi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Sentolo, Kulon Progo. Anjasmara.

Pusparani, M. (2022). Pengaruh Model Brainwriting terhadap Kemampuan Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Palembang. Sriwijaya University Instituional Repository, 14-22.

Rohman, S. (2016). Pengaruh Model Think Talk Write terhadap Keterampilan Menulis Laporan Pengamatan Siswa Kelas V SDN Poncol 01 Pekalongan. UNNES Repository.

Silvianita, A., & Kayati, A. N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Brainwriting Berbantuan Media Video Animasi “Produk Lokal” Terhadap Keterampilan Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas VIII SMP Miftahul Ulum Melirang. Jurnal of Educational Language and Literature, Volume 1(2), 1-8 https://doi.org/10.21107/jell.v1i2.21340.

Siyoto, S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: ALFABETA CV.

Sukmawati, & Pangribuan, T. R. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Brainwriting terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP PAB 8 Sampali Tahun Pembelajaran 2019/2020. Kode Jurnal Bahasa, Volume 9(2), 151-158.

Sulisetyowati, R. (2011). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Somagede melalui Teknik Clustering dengan Media Foto Jurnalistik. UNNES Repository.

Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan . Jakarta: Kencana.

Maulidiyah, M., Arfiyanti, R., & Mudopar, M. (2018). Penerapan model pembelajaran kontekstual dengan menggunakan media Facebook dalam pembelajaran menulis puisi pada siswa SMP. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 91-101.

Irmawati, A. (2019). Keefektifan Model Experiential Learning Dalam Pembelajaran Menulis Puisi Naratif Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2 Dua Pitue Kabupaten Sidrap [The Effectiveness of The Experiential Learning Model in Writing Learning The Narrative Point of The VIII Class Student of The 2 Dua Pitue Kabupaten Sidrap]. TOTOBUANG, 7(1), 139-155.

Downloads

Published

2024-08-26

How to Cite

Sari, N. L., Meliasanti, F., & Huri, D. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Brainwriting terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII . Journal of Education Research, 5(3), 4152–4158. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1431

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check