Analisis Kesalahan Ejaan Bahasa Indonesia pada Hasil Resensi Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Pamanukan
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1427Keywords:
Kesalahan ejaan, ejaan bahasa Indonesia, teks resensi, siswa kelas XIAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripikan analisis kesalahan ejaan bahasa Indonesia berupa penggunaan huruf, penulisan kata, dan pengunaan tanda baca pada hasil resensi siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Pamanukan serta mendeskripsikan hasil analisis kesalahan ejaan bahasa Indonesia pada hasil resensi siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Pamanukan yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan ajar teks resensi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah teks resensi siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Pamanukan dengan objek yaitu kesalahan ejaan bahasa Indonesia pada hasil resensi siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Pamanukan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan 31 hasil resensi siswa yang diteliti, ditemukan beberapa kesalahan ejaan yang meliputi: penggunaan huruf sebanyak 285 kesalahan, penulisan kata sebanyak 115 kesalahan, dan penggunaan tanda baca sebanyak 67 kesalahan.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Atmanegara, Weda Sasmita. (2018). Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia: plus Panduan Pembentukan Istilah. Episentrum Books.
Chaer, Abdul. (2019). Psikolinguistik: Kajian Teoritik. Rineka Cipta
Dahlan, Muhidin M. (2020). Inilah Resensi. I. Boekoe.
Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. Raja Grafindo Persada.
Dardjowidjojo, Soenjono, (2016). Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Yayasan Puataka Obor Manusia.
Haryanto. (2011). Membuat Resensi. PT Sindur Press.
Kemendikbud. (2017). Buku Paket Siswa Bahasa Indonesia Kelas XI. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.
Moleong, Lexy J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosda karya
Prastowo, Andi. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.
Rasyidin, Waini. (2017). Landasan Pendidikan. Bandung: UPI Pres.
Setyawati, Nanik. (2013). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia: Teori dan Praktik. Yuma Pustaka
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suyono & Hariyanto. (2017). Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar. PT Remaja Rosdakarya.
Tarigan, Henry Guntur. (2009). Pengajaran Ejaan Bahasa Indonesia. Angkasa.
Downloads
Published
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Raidah Oktavia, Dewi Suprihatin , Sinta Rosalina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).