Analisis Kesalahan Ejaan Bahasa Indonesia pada Hasil Resensi Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Pamanukan

Authors

  • Raidah Oktavia Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
  • Dewi Suprihatin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
  • Sinta Rosalina Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1427

Keywords:

Kesalahan ejaan, ejaan bahasa Indonesia, teks resensi, siswa kelas XI

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripikan analisis kesalahan ejaan bahasa Indonesia berupa penggunaan huruf, penulisan kata, dan pengunaan tanda baca pada hasil resensi siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Pamanukan serta mendeskripsikan hasil analisis kesalahan ejaan bahasa Indonesia pada hasil resensi siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Pamanukan yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan ajar teks resensi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah teks resensi siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Pamanukan dengan objek yaitu kesalahan ejaan bahasa Indonesia pada hasil resensi siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Pamanukan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan 31 hasil resensi siswa yang diteliti, ditemukan beberapa kesalahan ejaan yang meliputi: penggunaan huruf sebanyak 285 kesalahan, penulisan kata sebanyak 115 kesalahan, dan penggunaan tanda baca sebanyak 67 kesalahan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Atmanegara, Weda Sasmita. (2018). Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia: plus Panduan Pembentukan Istilah. Episentrum Books.

Chaer, Abdul. (2019). Psikolinguistik: Kajian Teoritik. Rineka Cipta

Dahlan, Muhidin M. (2020). Inilah Resensi. I. Boekoe.

Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. Raja Grafindo Persada.

Dardjowidjojo, Soenjono, (2016). Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Yayasan Puataka Obor Manusia.

Haryanto. (2011). Membuat Resensi. PT Sindur Press.

Kemendikbud. (2017). Buku Paket Siswa Bahasa Indonesia Kelas XI. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Moleong, Lexy J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosda karya

Prastowo, Andi. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Rasyidin, Waini. (2017). Landasan Pendidikan. Bandung: UPI Pres.

Setyawati, Nanik. (2013). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia: Teori dan Praktik. Yuma Pustaka

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suyono & Hariyanto. (2017). Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar. PT Remaja Rosdakarya.

Tarigan, Henry Guntur. (2009). Pengajaran Ejaan Bahasa Indonesia. Angkasa.

Downloads

Published

2024-08-09

How to Cite

Oktavia, R., Suprihatin , D., & Rosalina, S. (2024). Analisis Kesalahan Ejaan Bahasa Indonesia pada Hasil Resensi Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Pamanukan . Journal of Education Research, 5(3), 3489–3495. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1427

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check