Kompetensi Sosial dan Kompetensi Profesional dengan Prestasi Belajar Siswa SD

Authors

  • Fajar Latif Mursala Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Tity Kusrina Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Rahmad Agung N Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1424

Keywords:

Kompetensi Sosial Kepala Sekolah, Kompetensi Profesional Guru, Prestasi Belajar Siswa

Abstract

Keberhasilan penyelenggaraan pendidikan sangat ditentukan kesiapan guru dalam mempersiapkan peserta didiknya melalui kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan kompetensi sosial kepala sekolah dan kompetensi profesional guru dengan prestasi belajar siswa. Penelitian dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Tegal. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dan metode penelitian korelasi parsial. Sampel penelitian adalah guru SD Negeri di Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Tegal yang terdiri dari 48 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian mengemukakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kompetensi sosial kepala sekolah dengan prestasi belajar siswa, tetapi tingkat koefisien korelasinya dalam kategori positif sedang mendekati lemah. Nilai signifikan sebesar 0.000< 0.05. Nilai koefisien korelasi sebesar 0.570. Terdapat hubungan yang signifikan antara kompetensi profesional guru dengan prestasi belajar siswa dengan tingkat koefisien korelasinya positif yang sangat kuat. Nilai signifikan sebesar 0.000<0.05. Nilai koefisien korelasi sebesar 0. 896. Terdapat hubungan yang signifikan secara bersama-sama antara kompetensi sosial kepala sekolah dan kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil uji Anova, diperoleh F hitung sebesar 91.675 dengan tingkat signifikansi 0.000 < nilai probabilitas ???? 0.05 sementara F tabel sesuai dengan tingkat signifikansi 0.05 (1.45) sebesar 4.08 sehingga F hitung > F tabel (91.675 > 4.08) sehingga H0 ditolak. Adapun besar hubungan kompetensi sosial kepala sekolah dan kompetensi profesional guru dengan prestasi belajar siswa secara bersama-sama sebesar 80% dan selebihnya 20% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti di dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abas, S. 2020. Pengawasan dalam Pendidikan. Permata: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 94–94. https://doi.org/10.47453/permata.v1i2.128

Adman, Rizkiana Nurutami.2016. Kompetensi Profesional Guru Sebagai Determinan Terhadap Minat Belajar Siswa.Jurnal pendidikan manajemen perkantoran Volume 1, nomor 1: 126 – 134.

Aminudin, Agus. 2017. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Pengawasan Pengawas Sekolah terhadap Kinerja Guru dalam Mewujudkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Agus Aminuddin.Jurnal Pendidikan Universitas Garut Vol. 11; No. 01: 88-96.

Ani, Y.K. 2018. Penilaian Autentik dalam Kurikulum 2013. Seminar Nasional Implementasi Kurikulum 2013. UGM Yogyakarta, Desember 2018.

Arsyad, M., Firman, A., & Abdi, A. R. 2021. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Kompetensi Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Upt SMP. Jurnal Magister Manajemen, 2(3), 765–774. https://ejurnal.nobel.ac.id/index.php/JMMNI/article/view/1356%0

Avshenyuk, N. M. 2014 .The "global educational environment" phenomenon as an object ofscientific and pedagogical studies.Comparative Professional Pedagogy, 1(1), 28-34.

Bloom, B.S.2013. Taxonomy Of Educational Objectives.

Bungin, Burhan. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta : Rajawali Pers

Creswell, John W. 2015. Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Depdiknas,2004. Penilaian Kinerja guru, Bahan pelatihan Pengawas PMPTK. Jakarta.

Direktorat Ketenagaan - Dirjen PMPTK.2008. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.

Fatihah, Miftaqul.2016.Hubungan Antara Kemandirian Belajar dengan Prestasi Belajar Pai Siswa Kelas III SDN Panularan Surakarta. Volume. 1, No. 2 : 197-208.

Fransiska, Cantika. 2016. Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kualitas Proses Pembelajaran Pada Paket Keahlian Administrasi Perkantoran Di SMK Negeri 1 Bungoro Kabupaten Pangkep. Jurnal Office, Vol. 2 No.2, 2016: 164-172.

Gunawan, Ibrahim, & Azwir. 2019. Proses Belajar Mengajar Berdasarkan Kurikulum Karakter. Penerbit. Sefa Bumi persada Lhokseumawe Aceh Indonesia

Helmawati. 2014. Meningkatkan Kinerja Kepala sekolah/sekolah Melalui Manajerial Skiils, Semarang: Rineka Cipta.

Hendrawati, Anik dan Prasojo, Lantip Diat. 2015. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Motivasi Kerja Guru, Dan Budaya Sekolah Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan Volume 3, No 2 : 141-157.

Heriyansyah. 2018. Guru Adalah Manajer Sesungguhnya Di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Volume.I, Nomor.1, PISSN : 2614-8846 ; E-ISSN : 2614-4018

Ibrahim, Almukarramah, Gunawan.. M Awang & Marwan. 2020. Pelaksanaan Pendekatan Integratif Dalam peningkatan PBM IPA Biologi Jurnal Visipena 11(1) 116-131.

Ilma, L. I., Faizin, A., Pendidikan, P. M., & S, P. P. 2022. Efektivitas Studi Korelasi Kepemimpinan Manajerial Kepala Sekolah dan Kompetensi Profesional Guru terhadap Mutu Pendidikan di Gugus Sekolah II Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan. Https://Journal.Unigres.Ac.Id/Index.Php/JurnalMagister/Issue/View/219, 9 Nom.

Ishaq, Yusrizal, dan Bahrun. 2016. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada SMA Negeri 4 Wira Bangsa Meulaboh Dan SMA Negeri 3 Meulaboh.Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala 14 Volume 4, No. 1 : 32- 45.

Kartilawati, & Warohmah, M. (2014). Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam di Era Teknologi Informasi dan Komunikasi.Jurnal Pendidikan Islam , 19 (1), 143-167.

Kesumawati dan Aridanu. 2017. Statistik Parametrik. Palembang: Noer Fikri.

Kristiawan, Muhammad dkk. 2017. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Depublish.

Lestari, Sri. 2016. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Kinerja Guru Terhadap Prestasi Siswa. Satya Widya, Vol. 32, No.2: 127-132.

M. Arifin, Kapita Selekta Pendidikan (Islam dan Umum), Cet ke-3, (Jakarta : Bumi Aksara, 2014), Hlm. 105 14Kay A.

Miftah, Muh. 2017.Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Penjamin Mutu. 31-42.

Mulder, M. 2014. Conceptions of Professional Competence. In: S. Billett, C. Harteis, H. Gruber (Eds).International Handbook ofResearch inProfessional and Practice-based Learning.Dordrecht: Springer.pp.107-137.

Musdiani, dkk. 2020. Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Kinerja Guru. Jakarta: Sefa Bumi Persada

Nadra, Ainul.2016.Persepsi Guru Terhadap Kompetensi Sosial Kepala Sekolah Di SD Negeri Kecamatan Lembah Melintang Pasaman Barat.Jurnal Administrasi Pendidikan: 1 – 16.

Norlander, Case. 2016. Guru Profesional, Jakarta : PT. Mancana Jaya Cemerlang.

Noorjannah, Lilies.2014.Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Profesional Di SMA Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung. Jurnal Humanity, Volume 10, Nomor 1: 97-114.

Oktriany, H, W, R, Triastuti, Y, S, Prajoko.2015.Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Menggunakan Diagram Ishikawa Di SMA Negeri 1 Suruh.Prosiding Semiar Nasional Pendidikan Ekonomi & Bisnis Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta

PERMENDIKNAS Nomor 13 tahun 2007. (n.d.). Retrieved November 20, 2018, from https://jdih.kemdikbud.go.idPeraturan Menteri Pendidikan Nasional No 13 tahun 2007 tentang standar kepala sekolah/Madrasah.

Prahalad, C.K. and G. Hamel.2010.The Core Competence of the Corporation, Harvard Business Review, May-June, pp. 79-91.

Riyanto, T., & Masniar, M. 2019. Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dan Motivasi Guru, Terhadap Prestasi Siswa Sd Negeri Sekecamatan Pulau Rimau. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 4(2), 180. https://doi.org/10.31851/jmksp.v4i2.2907

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar, November, 289–302

Rosyada, Dede.2013.Paradigma Pendidikan Demokratis, Sebuah Model pelibatan Masyarakat dalam Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Saud, Udin Syaefudin. 2015. Pengembangan Profesi Guru. Bandung : Alfabeta.

Somad Rismi dan Donni Juni Priansa. (2014). Manajemen Supervisi dan kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: AlfabetaSudjana, N.2010.Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suhartini, Cucu.2016.Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Budaya Sekolah Terhadap Komitmen Profesi Guru Serta Implikasinya Terhadap Kinerja Guru.(Survey pada Guru Ekonomi SMA Negeri di Kabupaten Kuningan).

Sugiarto, Eko. 2017. Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif Skripsi dan Tesis. Jogyakarta: Suaka Media

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: IKAPI.

Supardi. 2014. Kinerja Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Supriadi, Eddy. 2016.Kontribusi Kepemimpinan Kepala Madrasah, Kemampuan Kerja Guru Dan Iklim Organisasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa MTs Negeri Jakarta Selatan .Tanzim Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Vol.1 No.2 : 1-18.

Susanto Ahmad. 2016. Teori Belajar Pembelajaran disekolah Dasar. Jakarta :Prenamedia Group

Sutriyati, S., Yuliejantiningsih, Y., & Sudana, I. M. 2023. Pengaruh Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah, Iklim Sekolah, Dan Kompetensi Profesional Guru Terhadap Perwujudan Sekolah Efektif. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 11(3), 380–393. https://doi.org/10.26877/jmp.v11i3.15024

Toom, A., Husu, J., & Tirri, K.2015). Cultivating Student Teacher's Moral Competencies in Teaching during Teacher Education.International Teacher Education: Promising Pedagogies , 22 (C), 13-31.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wahjosumidjo. 2014. Kepemimpinan Kepala Sekolah. PT. RajaGrafindo Persada, Jakarta.

Wathoni. (2023). Hubungan Profesionalitas Guru Dan Motivasi Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa SD Di kecamatan Sakra. http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5324

Wibowo, K. A., & Supriyanto. (2021). Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dan Kinerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 09, 664–672.

Wibowo, Agus. 2015. Menjadi Guru Berkarakter (Strategi Membangun Kompetensi & Karakter Guru. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Widodo, Slamet, dkk. 2015. Membangun Kelas Literat Berbasis Pendidikan Lingkungan Hidup Untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Siswa Di Sekolah Dasar. Peningkatan Kualitas Peserta didik Melalui Implementasi Pembelajaran Abad 21. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. 60-73.

Downloads

Published

2024-07-30

How to Cite

Mursala, F. L., Kusrina, T., & Agung N, R. (2024). Kompetensi Sosial dan Kompetensi Profesional dengan Prestasi Belajar Siswa SD. Journal of Education Research, 5(3), 3207–3216. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1424

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check

Most read articles by the same author(s)