Pengaruh Interaksi Orang Tua: Screen Time terhadap Kemampuan Sosial Emosional dan Berbicara Anak Taman Kanak-Kanak
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1420Keywords:
Interaksi orang tua, screen time, sosial emosional, kemampuan berbicaraAbstract
Penggunaan gadget pada anak usia dini, dan dibarengi dengan menurunnya interaksi anak dengan orang lain dapat menimbulkan dampak negatif terhadap perkembangan anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh interaksi orang tua dan tscreen time melalui sosial emosional terhadap kemampuan berbicara anak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantiattif dengan analisis jalur. Sampel penelitian sebanyak 87 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen yang terdiri dari interaksi orang tua (26 item), screen time (20 item), sosial emosional (20 item), kemampuan berbicara (12 item) yang telah diuji validitas dan reabilitasnya. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menemukan bahwa terdapat pengaruh interaksi orang tua terhadap kemampuan berbicara, screen time terhadap kemampuan berbicara, sosial emosional terhadap kemampuan berbicara, interaksi orang tua terhadap sosial emosional, screen time terhadap sosial emosional,, terdapat pengaruh interaksi orang tua terhadap kemampuan berbicara melalui sosial emosional, terdapat pengaruh screen time terhadap kemampuan berbicara melalui sosial emosional.
Downloads
References
Ahmadi, A. (2019). Psikologi Sosial. Rineka Cipta.
Anggraini, N. (2020). Peran Orang Tua dalam Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. METAFORA, 7(1), 43–54.
Aniswita, N. (2020). Perkembangan Kognitif, Bahasa, Pengembangan SosialEmosional, dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Inovasi Pendidikan, 7(2).
Asmaradhani, D. T. (2024). Perspektif Neuropsikologi mengenai Dampak Screen Time terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 1004-1017.
Bukit, S., & Tarigan, E. (2022). Kompetensi Pegagogik Guru Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. Widya Genitri: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 13(2), 110–120.
Haryana. (2022). Pengembangan Interaksi Sosial dan Komunikasi. PPPPTK TK dan PLB.
Haura, F. M., & Pranoto, Y. K. S. (2022). Peran Screen Time dan Gadget terhadap Kemampuan Berbahasa pada Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 396–401.
Manfaatin, E., & Aulia, M. (2024). Pengaruh Screen Time terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. al-muhadzab: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 18-31.
Montensen, S. R. (2023). Parental Recreational Screen Media Practices and Behavioral Difficulties Among Danish 7-Year Old Children. Academic Pediatrics, 23(3), 667674.
Novitawati, & Permatasari. (2022). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Ahlimedia Pers.
Novitawati, Novitawati, Ratna Purwanti, Herti Prastitasari, Nora Vitriati, and Khairati Olfah.(2022) "Traditional Games as English Learning Media for Early Childhood." Jurnal Ilmiah Potensia 7 (2), 184-193.
Novitawati, N., Wamaungu, J. A., & Astuti, S. W. (2018). Developing Early Childhood Ability in Understanding Rules Using Combination of Role-Playing Model and Question-Answer Method Through the Medium of Traffic Signs. Journal of K6 Education and Management, 1(2), 11-18.
Rukayah, S., Rachman, A., & Novitawati, N. (2024). Pengaruh Pola Asuh dan Tingkat Pendidikan Orang Tua melalui Perilaku Sosial Anak terhadap Kesiapan Sekolah Anak. Journal of Education Research, 5(3), 2791-2801.
Nurwita, S., & Imran, R. F. (2021). Perkembangan Sosial Eosional dan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Pasca Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 74–83.
Priyoambodo, G. A. E., & Suminar, D. R. (2021). Hubungan Screen Time dan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini: A Literature Review. JURNAL SYNTAX IMPERATIF: Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 2(5), 375-397.
Rahmawati, A., & Sujarwo. (2019). Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Rumilasari. (2019). Pendampingan Perkembangan Anak Usia Dini. Depdiknas.
Simanjuntak, S. R. (2023). Literature Review: Pengaruh Screen Time terhadap Masalah Perilaku Anak. Jurnal Keperawatan, 11(1), 64–80.
Sunderland, M. (2021). Ilmu Pengasuhan Anak. Penguin.
Tarigan, H. G. (2019). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa.
Yildirim, G., & Akamca, G. O. (2017). The Effect Of Outdoor Learning Activities On The Development Of Preschool Children. South African Journal of Education, 37(2), 1–10.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Tri Arum Pandan Sari, Novitawati Novitawati, Sulaiman Sulaiman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).