Pengaruh Interaksi Orang Tua: Screen Time terhadap Kemampuan Sosial Emosional dan Berbicara Anak Taman Kanak-Kanak

Authors

  • Tri Arum Pandan Sari Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia
  • Novitawati Novitawati Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia
  • Sulaiman Sulaiman Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1420

Keywords:

Interaksi orang tua, screen time, sosial emosional, kemampuan berbicara

Abstract

Penggunaan gadget pada anak usia dini, dan dibarengi dengan menurunnya interaksi anak dengan orang lain dapat menimbulkan dampak negatif terhadap perkembangan anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh interaksi orang tua dan tscreen time melalui sosial emosional terhadap kemampuan berbicara anak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantiattif dengan analisis jalur. Sampel penelitian sebanyak 87 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen yang terdiri dari interaksi orang tua (26 item), screen time (20 item), sosial emosional (20 item), kemampuan berbicara (12 item) yang telah diuji validitas dan reabilitasnya. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menemukan bahwa terdapat pengaruh interaksi orang tua terhadap kemampuan berbicara, screen time terhadap kemampuan berbicara, sosial emosional terhadap kemampuan berbicara, interaksi orang tua terhadap sosial emosional, screen time terhadap sosial emosional,, terdapat pengaruh interaksi orang tua terhadap kemampuan berbicara melalui sosial emosional, terdapat pengaruh screen time terhadap kemampuan berbicara melalui sosial emosional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, A. (2019). Psikologi Sosial. Rineka Cipta.

Anggraini, N. (2020). Peran Orang Tua dalam Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. METAFORA, 7(1), 43–54.

Aniswita, N. (2020). Perkembangan Kognitif, Bahasa, Pengembangan SosialEmosional, dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Inovasi Pendidikan, 7(2).

Asmaradhani, D. T. (2024). Perspektif Neuropsikologi mengenai Dampak Screen Time terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 1004-1017.

Bukit, S., & Tarigan, E. (2022). Kompetensi Pegagogik Guru Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. Widya Genitri: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 13(2), 110–120.

Haryana. (2022). Pengembangan Interaksi Sosial dan Komunikasi. PPPPTK TK dan PLB.

Haura, F. M., & Pranoto, Y. K. S. (2022). Peran Screen Time dan Gadget terhadap Kemampuan Berbahasa pada Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 396–401.

Manfaatin, E., & Aulia, M. (2024). Pengaruh Screen Time terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. al-muhadzab: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 18-31.

Montensen, S. R. (2023). Parental Recreational Screen Media Practices and Behavioral Difficulties Among Danish 7-Year Old Children. Academic Pediatrics, 23(3), 667674.

Novitawati, & Permatasari. (2022). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Ahlimedia Pers.

Novitawati, Novitawati, Ratna Purwanti, Herti Prastitasari, Nora Vitriati, and Khairati Olfah.(2022) "Traditional Games as English Learning Media for Early Childhood." Jurnal Ilmiah Potensia 7 (2), 184-193.

Novitawati, N., Wamaungu, J. A., & Astuti, S. W. (2018). Developing Early Childhood Ability in Understanding Rules Using Combination of Role-Playing Model and Question-Answer Method Through the Medium of Traffic Signs. Journal of K6 Education and Management, 1(2), 11-18.

Rukayah, S., Rachman, A., & Novitawati, N. (2024). Pengaruh Pola Asuh dan Tingkat Pendidikan Orang Tua melalui Perilaku Sosial Anak terhadap Kesiapan Sekolah Anak. Journal of Education Research, 5(3), 2791-2801.

Nurwita, S., & Imran, R. F. (2021). Perkembangan Sosial Eosional dan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Pasca Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 74–83.

Priyoambodo, G. A. E., & Suminar, D. R. (2021). Hubungan Screen Time dan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini: A Literature Review. JURNAL SYNTAX IMPERATIF: Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 2(5), 375-397.

Rahmawati, A., & Sujarwo. (2019). Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Rumilasari. (2019). Pendampingan Perkembangan Anak Usia Dini. Depdiknas.

Simanjuntak, S. R. (2023). Literature Review: Pengaruh Screen Time terhadap Masalah Perilaku Anak. Jurnal Keperawatan, 11(1), 64–80.

Sunderland, M. (2021). Ilmu Pengasuhan Anak. Penguin.

Tarigan, H. G. (2019). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa.

Yildirim, G., & Akamca, G. O. (2017). The Effect Of Outdoor Learning Activities On The Development Of Preschool Children. South African Journal of Education, 37(2), 1–10.

Downloads

Published

2024-08-09

How to Cite

Sari, T. A. P., Novitawati, N., & Sulaiman, S. (2024). Pengaruh Interaksi Orang Tua: Screen Time terhadap Kemampuan Sosial Emosional dan Berbicara Anak Taman Kanak-Kanak. Journal of Education Research, 5(3), 3525–3535. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1420

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check