Pengembangan Bahan Ajar IPAS Menggunakan Metode Project Based Learning Bermuatan Etnosains untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SD

Authors

  • Enggel Kusuma Dewi Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Suriswo Suriswo Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Sutji Muljani Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1419

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL), Etnosains, Berpikir Kreatif

Abstract

Pembelajaran secara kontekstual atau pembelajaran etnosains belum terlaksana, sehingga membuat kurangnya pengetahuan peserta didik mengenai hubungan konsep IPA dengan peristiwa kehidupan sehari – hari. Tujuan penelitian ini untuk (1) menganalisis bahan ajar IPAS dengan Model Project Based Learning (PjBL) bermuatan etnosains untuk meningkatkan berpikir kreatif siswa SD, (2) mendesain bahan ajar IPAS dengan Model Project Based Learning (PjBL) bermuatan etnosains untuk meningkatkan berpikir kreatif siswa SD, (3) mengetahui pengembangan bahan ajar IPAS dengan Model Project Based Learning (PjBL) bermuatan etnosains untuk meningkatkan berpikir kreatif siswa SD dan (4)  mengetahui keefektifan bahan ajar IPAS dengan Model Project Based Learning (PjBL) bermuatan etnosains untuk meningkatkan berpikir kreatif siswa SD di Kabupaten Tegal. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri atas lima tahapan yaitu Analysis (analisis), Design (perancangan), Development or production (pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (evaluasi) (Sugiyono, 2016:38). Namun penilaian yang dilaksanakan hanya sampai tahap Development. Teknik pengumpulan data atau subjek uji coba yang digunakan adalah teknik observasi, tes tertulis, angket dan dokumentasi. Sampel sumber data yang menjadi pertimbangan pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Argatawang Kecamatan Jatinegara Kabupaten Tegal berjumlah 24 siswa. Berdasarkan pemaparan hasil penelitian dan pembahasan pada bab sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa: 1) proporsi ketuntasan kemampuan berpikir kreatif siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol lebih dari 75%, 2) rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran PjBL bermuatan etnosains lebih besar sama dengan nilai KKM individu, 3) analisis uji dua pihak membuktikan penerapan bahan ajar model PjBL bermuatan etnosains berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa, 4) analisis uji N-Gain kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan peningkatan sedang yaitu 0,4 dan 0,3. pembelajaran yang mengeksplorasi, mengimplementasikan, dan melestarikan potensi lokal dapat membangun identitas dan karakter siswa yang berbudaya. Wawasan lokalitas dengan keanekaragaman budaya dapat menciptakan karakter persatuan dan keragaman di setiap wilayah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar model pembelajaran PjBL dengan etnosains dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aikenhead, G.S., & Jegede, O.J. (1999). Cross-cultural Science Education : a Cognitive Explanation of a Cultural Phenomenon. Journal of Research in Science Teaching.

Alimuddin. (2017). Menumbuh Kembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Tugas-Tugas Pemecahan Masalah. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA.

Arfianawati, S., Sudarmin, M., & Sumarni, W. (2016). Model Pembelajaran Kimia Berbasis Etnosains Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pengajaran MIPA, 21(1), 46-51. Retrieved from http://dx.doi.org/10.18269/jpmipa.v21i1.669

Arikunto, S. (2012). Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara. Ariningtyas, Wardani, S.,& Widhi M. (2017). “Efektivitas Lembar Kerja Siswa

Bermuatan Etnosains Materi Hidrolisis Garam untuk Meningkatkan Literasi Sains SiswaSMA”. Journal of Innovative Science Education, 2 (2): 186-196. Retrieved from https://doi.org/ 10.15294/jise.v6i2

Arisanti, W.O.L. (2016). Analisis Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SD melalui Project Based Learning. Jurnal Pendidikan Dasar:EduHumaniora, 8(1): 82-95. Retrieved from : http://dx.doi.org/10.17509/eh.v8i1.5125

Asmin.(2005). Implementasi Berpikir Lateral dalam Pembelajaran di Sekolah.

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 11(055): 525-551.

Atmojo, S. (2012). Profil Keterampilan Proses Sains dan Apresiasi Siswa terhadap Profesi Pengrajin Tempe dalam Pembelajaran IPA Berpendekatan Etnosains. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia Unnes, 1(2):115-122.Retrieved from: https://doi.org/10.15294/jpii.v1i2.2128

Atmojo, S. E. (2015). Learning Which Oriented On Local Wisdom To Grow A Positive Appreciation Of Batik Jumputan (Ikat Celup Method). Jurnal Pendidikan IPA Indonesia Unnes, 4(1):48-55.Retrieved from: https://doi.org/10.15294/jpii.v4i1.3501

Chiang., & Lee. (2016). The Effect Of Project-Based Learning On LearningMotivation And Problem-Solving Ability Of Vocational High School Students. International Journal of Information and Education Technology. 6(9) : 709-712. Retrieved from: https://doi.org/10.7763/ IJIET.2016.V6.779

Cintang.N, Liesnoor.D.S,& Handayani,S.S. (2018). The Obstacles and Strategy of Project Based Learning Implementation in Elementary School. Journal of Education and Learning (EduLearn), 12 (1) : 7-15. Retrieved from: http://dx.doi.org/10.11591/edulearn.v12i1.7045

Dale, E. (1969). Audiovisual Methos in Teaching (Third Edition). New York : The Dryden Press, Holt, Rinehart and Einston, Inc.

Damayanti,C., Rusilowati, A.,& Linuwih, S. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran IPA Terintegrasi Etnosains untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kreatif. Journal of Innovative Science Education

(1). Retrieved from https://doi.org/10.15294/jise.v6i1.17071

Davis,B.,& Summers,M. (2015). Applying Dale’s Cone of Experience to Increase and Retention: A study of student learning in a foundational leadership course. Qscience Proceedings,elc2014(6):1-7.Retrieved from: http:/doi.org

/10.5339/qproc.2015.wcee2014.6

De Porter, B. (2000). Quantum Taching and Learning. Bandung : Kaifa.

Doppelt, Y. (2003). Implementation and Assessment of Project-Based Learning in Flexible Environment. Instructional Journal of Technology and Design Education, 13 : 255-272. Retrieved from: https://doi.org/10.1023/A: 1026125427344

Educational Technology Division. (2006). Project Based Learning Handbook “Educating The Millennial Learner”. Malaysia : The Malaysian Smart School.

Evans, J.R. (1991). Creative Thinking in the Decision and Management Sciences.Cincinnati: South-Western Publishing Co.

Fasasi, R.A. (2017). Effects of ethnoscience instruction, school location, and parental educational status on learners’ attitude towards science. International Journal of Science Education, 39(5):548-564.Retrieved from: http://www.tandf.co.uk/journals

Fauziah, Y.N. (2011). Analisis Kemampuan Guru dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar Kelas V pada Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Ke-SD-an.Edisi khusus (2):98:106. Retrieved from: http://jurnal.upi.edu/file/11-Yuli_Nurul-EDIT.pdf

Habok, A., & Nagy, J. (2016). In-service Teachers Perceptions of Project Based Learning. International Journal of A SpringerPlus (5) : 83.Retrieved from: http://doi.org/10.1186/s40064-016-1725-4

Hake, R. R. (1998). Interactive Engagment vs Traditional Methods: A Six Tousandstudent Survey of Mechanics Test Data for Introductory Physics Course. American Journal of Physics, 66(1): 1. Retrieved from: http://doi.org/10.1119/1.18809

Hosseini,A.,S. (2014). The Effect of Creativity Model for Creativity Development in Teacher. International Journal of Information and Education Technology,4(2):138-142. Retrieved from:http://doi.org 10.7763/IJIET. 2014.V4.385

Hovey, A.K., & Ferguson, L.A. (2014). Teacher Perspectives and Experiences Using Project Based Learning with Exceptional and Diverse Student.Curric Teach Dialogue 16(1) : 77-90. Retrieved from: https://www.questia.com

/library/journal/1G1-398395620/teacher-perspectives-and-experiences- using-project-based

Insyasiska, D., Zubaidah, S., & Susilo, H. (2015). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar, Kreativitas, Kemampuan Berpikir Kritis, Dan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1): 9- 21. Retrieved from http://dx.doi.org/10.17977/jpb.v7i1.713

Downloads

Published

2024-07-21

How to Cite

Dewi, E. K., Suriswo, S., & Muljani, S. (2024). Pengembangan Bahan Ajar IPAS Menggunakan Metode Project Based Learning Bermuatan Etnosains untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SD . Journal of Education Research, 5(3), 3095–3102. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1419

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>