Strategi Promosi dalam Meningkatkan Jumlah Peserta Didik di SMA Muhammadiyah 4 Porong: Sebuah Studi Kualitatif dengan Pendekatan Marketing Mix (7P)

Authors

  • Muhammad Fajrul Mushoffi Program Studi Magiter Manajemen, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
  • Supardi Supardi Program Studi Magiter Manajemen, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1415

Keywords:

strategi promosi, Marketing Mix (7P), SMA Muhammadiyah 4 Porong, peningkatan peserta didik, pemasaran pendidikan

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persaingan ketat di dunia pendidikan yang mendorong sekolah untuk menerapkan strategi pemasaran yang efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana SMA Muhammadiyah Empat Porong mengimplementasikan strategi Marketing Mix (7P) dan mengevaluasi pengaruhnya terhadap peningkatan jumlah peserta didik. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus, penelitian ini melibatkan wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru, staf pemasaran, siswa, dan orang tua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi Marketing Mix (7P) secara komprehensif, terutama program unggulan, biaya terjangkau, dan promosi digital, telah berkontribusi signifikan dalam menarik minat calon peserta didik. Temuan ini menyimpulkan bahwa strategi pemasaran yang terintegrasi dapat menjadi kunci keberhasilan dalam meningkatkan jumlah peserta didik di suatu lembaga pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alonderiene, G., & Klimaviciene, V. (2023). The Impact of Marketing Mix Elements on Student Choice of Higher Education Institution. International Journal of Educational Management, 37(3), 425–444.

Arikunto, S., & Suhardjono. (2016). Penelitian kualitatif: Sebuah metode penelitian yang membangun makna. Pustaka Pelajar.

Astuti, N. D., Harjono, S., & Cahyono, B. (2020). Pengaruh Physical Evidence terhadap Keputusan Pembelian Jasa Pendidikan pada Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Kota Malang. Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 183–196.

Astuti, R., Silalahi, R. L. R., & Wijaya, G. D. P. (2020). Analisis Marketing Mix 7P Terhadap Keputusan Pembelian Pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indocakti Malang. Jurnal Riset Manajemen, 3(1), 1–15.

Chen, Y., & Lin, C. (2021). Exploring the Effectiveness of Integrated Marketing Mix Strategies in Attracting Generation Z Students to Higher Education Institutions. Journal of Marketing Education, 43(2), 189–210.

Chen, Y., Shen, C., & Lin, Y. (2024). The Impact of Continuous Professional Development on Teaching Quality and Student Satisfaction in Higher Education. Journal of Education and Human Development, 23(1), 1–12.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2022). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage Publications.

Fatmawati, E., & Purwanti, Y. (2023). Strategi Promosi Digital dalam Pemasaran Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 12(2), 45–60.

Fradito, A., & Suti’ah. (2020). Strategi Pemasaran Pendidikan dalam Meningkatkan Citra Sekolah. Jurnal Kependidikan Islam Al-Idarah, 10(1), 1–18.

Hidayat, A., & Prihatin, T. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Efektivitas Strategi Marketing Mix di Lembaga Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 15(3), 78–92.

Hidayat, M., & Prihatin, D. (2022). Implementasi Strategi Marketing Mix 7P dalam Meningkatkan Jumlah Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kota Magelang. Jurnal Pendidikan Islam Walisongo, 7(1), 1–14.

Johnson, L., & Lee, N. (2024). Engaging Generation Z Prospective Students through Effective Social Media Marketing: A Case Study of a Higher Education Institution. Journal of Marketing for Higher Education, 26(2), 123–142.

Kurniawan, A. (2020). Peran Pendidikan dalam Membangun Sumber Daya Manusia Unggul di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 53(2), 145–160.

Kusumawati, A. (2019). Impact of Digital Marketing on Student Decision-Making Process of Higher Education Institution: A Case of Indonesia. Journal of e-Learning and Higher Education, 1–11.

Kusumawati, T. (2019). Efektivitas Strategi Pemasaran Digital dalam Menarik Minat Calon Mahasiswa di Era Digital. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 213–224.

Neuman, W. L. (2014). Social research methods: Qualitative and quantitative approaches (7th (ed.)). Pearson Prentice Hall.

Nguyen, T. H., & Lee, H. H. (2024). The Role of Teacher Involvement in Curriculum Development and Instructional Innovation on Student Engagement and School Reputation. Education and Training, 66(4), 523–540.

Nguyen, T. H., Oanh, N. T. T., & Thuy, N. T. T. (2022). The Role of Marketing Mix in Enhancing Student Satisfaction and Retention in Higher Education. International Journal of Educational Development, 88(102417).

Nugroho, A., & Sumarni, W. (2021). Penerapan Strategi Pemasaran Pendidikan di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(1), 15–28.

Nugroho, D. A., & Sumarni. (2021). Evaluasi Efektivitas Penerapan Strategi Pemasaran Pendidikan di SMP Negeri 1 Kota Blitar. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(2), 225–238.

Nurhayati, A., Sumarni, & Nugroho, D. A. (2022). Pengembangan Sumber Daya Manusia sebagai Komponen Vital dalam Meningkatkan Kualitas dan Daya Saing Sekolah Swasta. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 245–258.

Nurhayati, S., Supriyanto, A., & Pradesa, H. A. (2022). Pengembangan Sumber Daya Manusia sebagai Strategi Pemasaran Pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan, 29(1), 36–48.

Patel, N., & Kumar, R. (2024). The Influence of Positive Interactions between Support Staff and Prospective Students on School Choice Decisions. Journal of Marketing for Education, 26(2), 182–201.

Patel, N., & Sharma, R. (2024). Leveraging Digital Marketing Analytics to Enhance Student Recruitment Strategies: A Practical Guide for School Leaders. School Administration Quarterly, 50(2), 235–260.

Primadhany, D. (2021). Pengaruh Penerapan Strategi 7P Marketing Mix terhadap Peningkatan Jumlah Peserta Didik di SMA Negeri 1 Kota Semarang. Jurnal Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan, 8(1), 1–10.

Primadhany, T. (2021). Implementasi Strategi 7P dalam Peningkatan Jumlah Peserta Didik: Studi Kasus di SMA X Jawa Timur. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(2), 112–125.

Rahman, M. A., & Aziz, R. A. (2024). The Importance of Teacher Quality and Expertise in Shaping Parental Trust and School Choice Decisions. International Journal of Educational Management, 38(2), 226–243.

Rahman, M. A., Khan, N. A., & Haque, A. A. (2020). The Influence of Marketing Mix Elements on Students’ Choice of Higher Education Institutions: An Empirical Study in Bangladesh. Quality Assurance in Education, 28(5), 611–628.

Rahmawati, L., & Saino, S. (2020). Pengaruh Product, Price, Promotion, dan People terhadap Keputusan Pemilihan Sekolah pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kota Padang. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 167–182.

Rahmawati, N. L., & Saino. (2020). Pengaruh Marketing Mix 7P Terhadap Keputusan Pemilihan Sekolah. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 8(3), 1031–1037.

Sari, D. P., Wibowo, L. A., & Ridwanudin, O. (2023). Peran Strategis Sekolah Menengah Atas dalam Mempersiapkan Generasi Unggul. Jurnal Pendidikan Indonesia, 12(1), 23–35.

Sari, R. A., Supriyanti, E., & Rahmawati, L. (2023). Peran Kualitas Tenaga Pendidik dalam Membangun Reputasi Institusi Pendidikan Swasta. Jurnal Pendidikan Islam Walisongo, 8(1), 43–54.

Setyowati, A., & Djatmiko, D. (2019). Strategi Pemasaran Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul Fikri Tulungagung. Neliti, 16(2), 223–234.

Soedarto, T., Sarjono, J., & Ghozali, I. (2024). A Holistic Assessment of the 7P Marketing Mix Framework in Enhancing the Competitiveness of Higher Education Institutions. Higher Education, 88(1), 145–172.

Suryani, N., & Setiawan, H. (2019). Kontribusi Sekolah Menengah Atas dalam Mempersiapkan Siswa Menghadapi Dunia Kerja. Jurnal Pendidikan Indonesia, 28(1), 34–47.

Wahyuni, S. F., & Sutrisno, D. (2024). Inovasi Program Pendidikan sebagai Strategi Pemasaran Sekolah di Era Kompetitif. Jurnal Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan, 11(1), 34–45.

Wahyuni, S., & Sutrisno, B. (2024). Inovasi Program Pendidikan sebagai Strategi Pemasaran Sekolah di Era Digital. Jurnal Manajemen Pendidikan, 13(1), 67–82.

Wang, H., Chen, C., & Zhang, Y. (2024). Utilizing Virtual Tours and Interactive Webinars to Enhance Prospective Student Engagement and Enrollment: A Comparative Study of Two Private Schools. Education and Technology Research, 11(2), 189–210.

Wijaya, A. (2022). Inovasi dan Fleksibilitas Pemasaran Jasa Pendidikan: Meningkatkan Daya Saing Sekolah Swasta di Era Globalisasi. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(1), 1–12.

Wijaya, D. (2022). Pemasaran Jasa Pendidikan: Mengapa Sekolah Memerlukan Marketing. Salemba Empat.

Wijayanti, W. I., & Sugiyanto. (2018). Strategi Pemasaran Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Masyarakat di SMA Islam Nurul Amanah Kecamatan Tragah Kabupaten Bondowoso. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 5(2), 141–152.

Wilson, M., Johnson, S. K., & Luft, J. (2024). Integrating Technology into Teaching and Learning: Parental Perceptions and Expectations for Digitally Relevant Education. TechTrends, 68(2), 167–175.

Downloads

Published

2024-08-21

How to Cite

Mushoffi, M. F., & Supardi, S. (2024). Strategi Promosi dalam Meningkatkan Jumlah Peserta Didik di SMA Muhammadiyah 4 Porong: Sebuah Studi Kualitatif dengan Pendekatan Marketing Mix (7P). Journal of Education Research, 5(3), 3983–3994. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1415

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check

Most read articles by the same author(s)