Evaluasi Progam Tahfid Al Quran sebagai Unggulan Pondok Pesantren Nurul Hayah Ketanggungan

Authors

  • Hilmi Riza Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Maufur Maufur Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Basukiyatno Basukiyatno Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1412

Keywords:

Evaluasi Program, Progam Unggulan Tahfidz Al Qur’an, Model CIPP

Abstract

Pada Era saat ini rawan terjadi pengaruh negatif, sehingga generasi penerus perlu adanya benteng yang kuat. Pengajaran Al-Qur’an pada anak merupakan dasar pendidikan Islam pertama yang harus diajarkan ketika anak masih usia dini. Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi program unggulan tahfidz Al-Qur’an Pondok Pesantren Nurul Hayah Ketanggungan Brebes. Penelitian menggunakan evaluasi CIPP meliputi empat komponen konteks, input, proses, produk. Pengumpulan data pada penelitian menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan program, dukungan lingkungan dan  tujuan sudah bagus; kompetensi ustad tahfidz dalam membaca dan hafalan Al-Qur'an perlu ditingkatkan, namun santri menunjukkan antusiasme yang tinggi; kurikulum yang digunakan efektif dengan buku kendali untuk setiap peserta didik. Proses pembelajaran tahfidz menggunakan metode talaqqi/tahsin dan berjalan lancar meskipun ada kendala kurangnya waktu jam pelajaran; dan pencapaian target hafalan santri sesuai dengan yang ditetapkan, didukung dengan pihak sekolah yang memberikan fasilitas bimbingan hingga santri lulus tahfidz. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa program unggulan tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Nurul Hayah Brebes telah berhasil dilaksanakan dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

M. A. M. Kamal, “Dinamika Struktur Kemukjizatan Al-Quran. ,” Syariati: Jurnal Studi Al-Qur’an dan Hukum, vol. 1, no. 5, pp. 189–212, 2015.

A. Mulyono, Fisika & Al-Quran. Malang: UIN Malang, 2006.

A. Ansor, Ulum Al Quran . Jakarta: Rajawali Pres, 2017.

H. Hasani, “Filsafat Ilmu dalam Pendekatan Studi Agama: Kajian Konsep dan Aplikasi Ilmu Tafsir dan Syariah,” Al-’Adalah, vol. 9, no. 1, pp. 353–372, 2017.

H. Hardiyat and R. Rahman, “Problematika Pembelajaran Tahfidzul Qur’an Di SDIT Baitul ‘Ilmi Kec. Tambun Utara Kab. Bekasi,” El Arafah: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 1, no. 2, pp. 19–32, 2022.

H. M. An Nazili, Keutamaan Dan Faedah Membaca Al-Qur’an. 2019.

A. Nata, Al Quran dan Hadis . Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2015.

N. Avitasari, “Pembelajaran Al-Qur’an Dengan Metode Yanbu’a Di Madrasah Diniyyah Athohiriyyah Al-Kutub Pekaja Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas,” Skripsi, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri, Purwokerto, 2021.

S. Arikunto, Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara, 2019.

N. S. Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya, 2007.

S. Nasution, Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: Percetakan Bumi Aksara, 2012.

E. Mulyatiningsih, Metodologi Penilitian Terapan. Yogyakarta: Percetakan Alfabeta, 2012.

J. Sudjana, Evaluasi Progam Pendidikan Luar Sekolah . Yogyakarta: Remaja Rosdakarya, 2008.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. . Bandung: Alfabeta, 2017.

B. Yoga, “Evaluasi Program Model CIPP Pada Proses Pembelajaran IPA ,” Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah, vol. 1, no. 2, 2017.

Z. Arifin, Evaluasi Pembelajaran : Prinsip, Teknik, Prosedur . Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.

M. Djemari, Pengukuran Penilaian & Evaluasi Pendidikan. . Yogyakarta: Nuha, 2012.

I. Gunawan, “Evaluasi program pembelajaran. ,” Jurnal Pendidikan, vol. 17, no. 1, 2011.

S. Abdullah, Evaluasi Pembelajaran Konsep Dasar, Teori, dan. Aplikasi. Semarang: Pustaka Rizqi Putra, 2012.

S. Arikunto and C. Safruddin, Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoritis Praktis Bagi Praktisi Pendidikan. . Jakarta: PT Bumi Aksara, 2010.

Downloads

Published

2024-07-21

How to Cite

Riza, H., Maufur, M., & Basukiyatno, B. (2024). Evaluasi Progam Tahfid Al Quran sebagai Unggulan Pondok Pesantren Nurul Hayah Ketanggungan. Journal of Education Research, 5(3), 3055–3071. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1412

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>