Evaluasi Progam Tahfid Al Quran sebagai Unggulan Pondok Pesantren Nurul Hayah Ketanggungan
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1412Keywords:
Evaluasi Program, Progam Unggulan Tahfidz Al Qur’an, Model CIPPAbstract
Pada Era saat ini rawan terjadi pengaruh negatif, sehingga generasi penerus perlu adanya benteng yang kuat. Pengajaran Al-Qur’an pada anak merupakan dasar pendidikan Islam pertama yang harus diajarkan ketika anak masih usia dini. Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi program unggulan tahfidz Al-Qur’an Pondok Pesantren Nurul Hayah Ketanggungan Brebes. Penelitian menggunakan evaluasi CIPP meliputi empat komponen konteks, input, proses, produk. Pengumpulan data pada penelitian menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan program, dukungan lingkungan dan tujuan sudah bagus; kompetensi ustad tahfidz dalam membaca dan hafalan Al-Qur'an perlu ditingkatkan, namun santri menunjukkan antusiasme yang tinggi; kurikulum yang digunakan efektif dengan buku kendali untuk setiap peserta didik. Proses pembelajaran tahfidz menggunakan metode talaqqi/tahsin dan berjalan lancar meskipun ada kendala kurangnya waktu jam pelajaran; dan pencapaian target hafalan santri sesuai dengan yang ditetapkan, didukung dengan pihak sekolah yang memberikan fasilitas bimbingan hingga santri lulus tahfidz. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa program unggulan tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Nurul Hayah Brebes telah berhasil dilaksanakan dengan baik.
Downloads
References
M. A. M. Kamal, “Dinamika Struktur Kemukjizatan Al-Quran. ,” Syariati: Jurnal Studi Al-Qur’an dan Hukum, vol. 1, no. 5, pp. 189–212, 2015.
A. Mulyono, Fisika & Al-Quran. Malang: UIN Malang, 2006.
A. Ansor, Ulum Al Quran . Jakarta: Rajawali Pres, 2017.
H. Hasani, “Filsafat Ilmu dalam Pendekatan Studi Agama: Kajian Konsep dan Aplikasi Ilmu Tafsir dan Syariah,” Al-’Adalah, vol. 9, no. 1, pp. 353–372, 2017.
H. Hardiyat and R. Rahman, “Problematika Pembelajaran Tahfidzul Qur’an Di SDIT Baitul ‘Ilmi Kec. Tambun Utara Kab. Bekasi,” El Arafah: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 1, no. 2, pp. 19–32, 2022.
H. M. An Nazili, Keutamaan Dan Faedah Membaca Al-Qur’an. 2019.
A. Nata, Al Quran dan Hadis . Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2015.
N. Avitasari, “Pembelajaran Al-Qur’an Dengan Metode Yanbu’a Di Madrasah Diniyyah Athohiriyyah Al-Kutub Pekaja Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas,” Skripsi, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri, Purwokerto, 2021.
S. Arikunto, Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara, 2019.
N. S. Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya, 2007.
S. Nasution, Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: Percetakan Bumi Aksara, 2012.
E. Mulyatiningsih, Metodologi Penilitian Terapan. Yogyakarta: Percetakan Alfabeta, 2012.
J. Sudjana, Evaluasi Progam Pendidikan Luar Sekolah . Yogyakarta: Remaja Rosdakarya, 2008.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. . Bandung: Alfabeta, 2017.
B. Yoga, “Evaluasi Program Model CIPP Pada Proses Pembelajaran IPA ,” Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah, vol. 1, no. 2, 2017.
Z. Arifin, Evaluasi Pembelajaran : Prinsip, Teknik, Prosedur . Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.
M. Djemari, Pengukuran Penilaian & Evaluasi Pendidikan. . Yogyakarta: Nuha, 2012.
I. Gunawan, “Evaluasi program pembelajaran. ,” Jurnal Pendidikan, vol. 17, no. 1, 2011.
S. Abdullah, Evaluasi Pembelajaran Konsep Dasar, Teori, dan. Aplikasi. Semarang: Pustaka Rizqi Putra, 2012.
S. Arikunto and C. Safruddin, Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoritis Praktis Bagi Praktisi Pendidikan. . Jakarta: PT Bumi Aksara, 2010.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Hilmi Riza, Maufur Maufur, Basukiyatno Basukiyatno

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).