Model Asesmen Literasi Sains pada peserta Didik Sekolah Dasar dengan Aplikasi Model Rasch
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1411Keywords:
Model Asesmen, Literasi Sains, Sekolah Dasar, Model RaschAbstract
Pengukuran literasi sains penting dilakukan untuk mengetahui ketercapaian literasi sains siswa dalam memahami konsep sains yang sudah dipelajari . Pengukuran literasi sains juga penting dilakukan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa terhadap konsep-konsep sains yang telah dipelajarinya. Tujuan Penelitian ini Untuk mengetahui kebutuhan kepala sekolah,guru dan siswa Sekolah dasar terhadap instrumen assesmen literasi sains,mengembangkan desain model asesmen literasi sains,mengetahui validitas isi,psikometri dan validasi konstraks dari instrumen asesmen literasi sains. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian dan pengembangan (resecarch and development) atau dikenal dengan istilah R&D. Rancangan penelitian yang digunakan pada jenis penelitian dan pengembangan yaitu menggunakan model ADDIE. Tempat penelitian di SD se- Gugus Sultan Agung Kec.Kedungbanteng. Waktu penelitian pada bulan Mei - Juni 2024. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VI SD se- Gugus Sultan Agung Kec.Kedungbanteng. Sampel penelitian ini ada 147 anak. Hasil penelitian adalah Secara kuantitatif butir tes yang dinyatakan fit atau berfungsi baik karena nilai Outfit MSQ antara 0,5 sampai 1,5 , nilai outfit t antara -2 sampai 2,0 dan peluang penerimaan Ho (kecocokan contoh) lebih sensitif berdasarkan 0,01 (p > 0,01). Berdasarkan hasil penelitian, sebaiknya asesmen literasi sains di terapkan di sekolah dasar, dan asesmen perlu di validasi sebelum diujikan kepada peserta didik . Bagi sekolah agar melengkapi semua fasilitas belajar. Sementara itu untuk meningkatkan literasi sains dalam pembelajaran dengan menyisipkan asesmen literasi sains dalam pembelajaran IPA.
Downloads
References
Asesmen, M., Belajar, P., Ilmu, P., Studi, P., Pedagogi, M., Pascasarjana, P., & Tegal, U. P. (2022). Model asesmen prestasi belajar projek ilmu pengetahuan alam dan sosialpada siswa kelas x smk n 1 adiwerna dengan standar pisa 2015.
Branch, R. M. (2009). Develop. Instructional Design: The ADDIE Approach, 82–131. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6_4
Efendi, N., & Barkara, R. S. (2021). Studi literatur literasi sains di sekolah dasar. Jurnal Dharma PGSD, 1(2), 57–64. http://ejournal.undhari.ac.id/index.php/judha/article/view/193%0Ahttps://ejournal.undhari.ac.id/index.php/judha/article/download/193/161
Isgiyanto, A., & Isgiyanto, A. (2013). PERBANDINGAN PENYEKORAN MODEL RASCH DAN MODEL PARTIAL CREDIT PADA MATEMATIKA. Jurnal Kependidikan Penelitian Inovasi Pembelajaran, 43(1). https://doi.org/10.21831/jk.v43i1.1954
Mardapi, D. (2008). Teknik penyusunan instrumen tes dan non tes. Mitra Cendekia Offset.
Mardapi, D. (2016). Pengukuran, penilaian dan evaluasi Pendidikan edisi 2. Nuha Litera.
Mardapi, D., Evaluasi, B. K.-J. P. dan, & 2011, U. (2011). Pengembangan instrumen pengukur hasil belajar nirbias dan terskala baku. Journal.Uny.Ac.Id. http://journal.uny.ac.id/index.php/jpep/article/view/1100
Meyer, J. P., & Zhu, S. (2013). Fair and equaitable measurement of student learning in moocs: an introduction to item response theory, scale linking, and score equating. Journal Research & Practice in Assessment, 8, 26–39.
Nurfaidah, S. S. (2017). Analisis Aspek Literasi Sains Pada Buku Teks Pelajaran Ipa Kelas V SD. Mimbar Sekolah Dasar, 4(1), 56–66.
R.K., H., & H, S. (1985). Items response theory:principles and application. Boston:Kluwer-Nijjhoff Publish.
Rasyid, H., & Mansur. (2008). Penilaian hasil belajar. CV Wacana Prima.
Rusilowati, A. (2018). Asesmen Literasi Sains: Analisis Karakteristik Instrumen dan Kemampuan Siswa Menggunakan Teori Tes Modern Rasch Model. Prosiding Seminar Nasional Fisika Universitas Riau Ke-3, September, 2–15. https://snf.fmipa.unri.ac.id/wp-content/uploads/2019/03/0.-300B-2-15NI.pdf
Stiggins, R. J., & Chappuis, J. (2012). An introduction to student involved assessment for learning. Pearson.
Sudijono, A. (2013). Pengantar Statistik Pendidikan (E. I (Ed.)). PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2015a). Apilkasi Pemodelan Rasch pada Assessment Pendidikan. Trim Komunikata.
Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2015b). Aplikasi Model Rasch Untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial (Edisi Revisi. Trim Komunikata Publishing House.
Susongko, P. (2021). Jurnal Pendidikan IPA Indonesia Validation Of Science Achievement Test With The Rasch Model (Vol. 5, Issue 2, pp. 268–277).
Susongko, P., Kusuma, M., & Arfiani, Y. (2022). Model Asesmen Literasi Sains Siswa Berbasis Ipa Terpadu Dengan Pemodelan Rasch Untuk Peningkatan Kompetensi Lulusan Sma Program Matematika Dan Ilmu Alam (MIPA.
Syofyan, H., & Amir, T. L. (2019). Penerapan Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA Untuk Calon Guru SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 35–43.
Tes Hasil Belajar - Prof. Dr. Yusrizal, M. Pd, Rahmati, M. Pd - Google Buku. (2021). Yusrizal Dan Rahmaty. https://books.google.com.sg/books?hl=id&lr=&id=hD2VEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&dq=Yusrizal+dan+Rahmaty&ots=XaXM7GHK5l&sig=LPNFGGhimHv52CdMB9p4zJ464EM#v=onepage&q=Yusrizal dan Rahmaty&f=false
Utami*, S. H. A., Marwoto, P., & Sumarni, W. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Sains pada Siswa Sekolah Dasar Ditinjau dari Aspek Konten, Proses, dan Konteks Sains. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 10(2), 380–390. https://doi.org/10.24815/jpsi.v10i2.23802
Widhiarso, W. (2018). Penggunaan Testlet dalam Pengembangan Tes Psikologi.docx.
Wright, B. D., & Stone, M. H. (1979). Best test design. MESA Press.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Agus Riyadi, Purwo Susongko, Munadi Munadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).