Model Asesmen Literasi Sains pada peserta Didik Sekolah Dasar dengan Aplikasi Model Rasch

Authors

  • Agus Riyadi Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Purwo Susongko Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Munadi Munadi Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1411

Keywords:

Model Asesmen, Literasi Sains, Sekolah Dasar, Model Rasch

Abstract

Pengukuran literasi sains penting dilakukan untuk mengetahui ketercapaian literasi sains siswa dalam memahami konsep sains yang sudah dipelajari . Pengukuran literasi sains juga penting dilakukan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa terhadap konsep-konsep sains yang telah dipelajarinya. Tujuan Penelitian ini Untuk mengetahui kebutuhan kepala sekolah,guru dan siswa Sekolah dasar terhadap instrumen assesmen literasi sains,mengembangkan  desain model asesmen literasi sains,mengetahui validitas isi,psikometri dan validasi konstraks   dari instrumen asesmen literasi sains. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian dan pengembangan (resecarch and development) atau dikenal dengan istilah R&D. Rancangan penelitian yang digunakan pada jenis penelitian dan pengembangan yaitu menggunakan model ADDIE. Tempat penelitian di SD se- Gugus Sultan Agung Kec.Kedungbanteng. Waktu penelitian pada bulan Mei - Juni 2024. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VI SD se- Gugus Sultan Agung Kec.Kedungbanteng. Sampel penelitian ini ada 147 anak. Hasil penelitian adalah Secara kuantitatif butir tes yang dinyatakan fit atau berfungsi baik karena nilai Outfit MSQ antara 0,5 sampai 1,5 , nilai outfit t antara -2 sampai 2,0 dan peluang penerimaan Ho (kecocokan contoh) lebih sensitif berdasarkan 0,01 (p > 0,01). Berdasarkan hasil penelitian, sebaiknya asesmen literasi sains di terapkan di sekolah dasar, dan asesmen perlu di validasi sebelum diujikan kepada peserta didik . Bagi sekolah agar melengkapi semua fasilitas belajar. Sementara itu untuk meningkatkan literasi sains dalam pembelajaran dengan menyisipkan asesmen literasi sains dalam pembelajaran IPA.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asesmen, M., Belajar, P., Ilmu, P., Studi, P., Pedagogi, M., Pascasarjana, P., & Tegal, U. P. (2022). Model asesmen prestasi belajar projek ilmu pengetahuan alam dan sosialpada siswa kelas x smk n 1 adiwerna dengan standar pisa 2015.

Branch, R. M. (2009). Develop. Instructional Design: The ADDIE Approach, 82–131. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6_4

Efendi, N., & Barkara, R. S. (2021). Studi literatur literasi sains di sekolah dasar. Jurnal Dharma PGSD, 1(2), 57–64. http://ejournal.undhari.ac.id/index.php/judha/article/view/193%0Ahttps://ejournal.undhari.ac.id/index.php/judha/article/download/193/161

Isgiyanto, A., & Isgiyanto, A. (2013). PERBANDINGAN PENYEKORAN MODEL RASCH DAN MODEL PARTIAL CREDIT PADA MATEMATIKA. Jurnal Kependidikan Penelitian Inovasi Pembelajaran, 43(1). https://doi.org/10.21831/jk.v43i1.1954

Mardapi, D. (2008). Teknik penyusunan instrumen tes dan non tes. Mitra Cendekia Offset.

Mardapi, D. (2016). Pengukuran, penilaian dan evaluasi Pendidikan edisi 2. Nuha Litera.

Mardapi, D., Evaluasi, B. K.-J. P. dan, & 2011, U. (2011). Pengembangan instrumen pengukur hasil belajar nirbias dan terskala baku. Journal.Uny.Ac.Id. http://journal.uny.ac.id/index.php/jpep/article/view/1100

Meyer, J. P., & Zhu, S. (2013). Fair and equaitable measurement of student learning in moocs: an introduction to item response theory, scale linking, and score equating. Journal Research & Practice in Assessment, 8, 26–39.

Nurfaidah, S. S. (2017). Analisis Aspek Literasi Sains Pada Buku Teks Pelajaran Ipa Kelas V SD. Mimbar Sekolah Dasar, 4(1), 56–66.

R.K., H., & H, S. (1985). Items response theory:principles and application. Boston:Kluwer-Nijjhoff Publish.

Rasyid, H., & Mansur. (2008). Penilaian hasil belajar. CV Wacana Prima.

Rusilowati, A. (2018). Asesmen Literasi Sains: Analisis Karakteristik Instrumen dan Kemampuan Siswa Menggunakan Teori Tes Modern Rasch Model. Prosiding Seminar Nasional Fisika Universitas Riau Ke-3, September, 2–15. https://snf.fmipa.unri.ac.id/wp-content/uploads/2019/03/0.-300B-2-15NI.pdf

Stiggins, R. J., & Chappuis, J. (2012). An introduction to student involved assessment for learning. Pearson.

Sudijono, A. (2013). Pengantar Statistik Pendidikan (E. I (Ed.)). PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2015a). Apilkasi Pemodelan Rasch pada Assessment Pendidikan. Trim Komunikata.

Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2015b). Aplikasi Model Rasch Untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial (Edisi Revisi. Trim Komunikata Publishing House.

Susongko, P. (2021). Jurnal Pendidikan IPA Indonesia Validation Of Science Achievement Test With The Rasch Model (Vol. 5, Issue 2, pp. 268–277).

Susongko, P., Kusuma, M., & Arfiani, Y. (2022). Model Asesmen Literasi Sains Siswa Berbasis Ipa Terpadu Dengan Pemodelan Rasch Untuk Peningkatan Kompetensi Lulusan Sma Program Matematika Dan Ilmu Alam (MIPA.

Syofyan, H., & Amir, T. L. (2019). Penerapan Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA Untuk Calon Guru SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 35–43.

Tes Hasil Belajar - Prof. Dr. Yusrizal, M. Pd, Rahmati, M. Pd - Google Buku. (2021). Yusrizal Dan Rahmaty. https://books.google.com.sg/books?hl=id&lr=&id=hD2VEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&dq=Yusrizal+dan+Rahmaty&ots=XaXM7GHK5l&sig=LPNFGGhimHv52CdMB9p4zJ464EM#v=onepage&q=Yusrizal dan Rahmaty&f=false

Utami*, S. H. A., Marwoto, P., & Sumarni, W. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Sains pada Siswa Sekolah Dasar Ditinjau dari Aspek Konten, Proses, dan Konteks Sains. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 10(2), 380–390. https://doi.org/10.24815/jpsi.v10i2.23802

Widhiarso, W. (2018). Penggunaan Testlet dalam Pengembangan Tes Psikologi.docx.

Wright, B. D., & Stone, M. H. (1979). Best test design. MESA Press.

Downloads

Published

2024-07-21

How to Cite

Riyadi, A., Susongko, P., & Munadi, M. (2024). Model Asesmen Literasi Sains pada peserta Didik Sekolah Dasar dengan Aplikasi Model Rasch. Journal of Education Research, 5(3), 3044–3054. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1411

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>