Etnomatematika Sentani sebagai Sumber Pembelajaran Matematika Sekolah (Eksplorasi Bentuk Kenda Kampung Abar Sentani)
Keywords:
Etnomatematika, Bentuk Kenda atau Gerabah, Kampung Abar SentaniAbstract
Dalam Bahasa sentani sendiri wadah dari tanah liat ini disebut dengan istilah “Kenda”. Pembuatan kerajinan wadah dari tanah liat yang disebut dengan kenda ini sudah ada sejak dahulu, Kerajinan kenda atau biasa orang menyebutnya gerabah diperkenalkan oleh nenek moyang marga Felle dari suku Assatouw. Penetilian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk melakukan eksplorasi dan pengkajian mengenai aktivitas etnomatematika, serta unsur-unsur matematika yang terhadap pada bentuk kenda kampung Abar Sentani. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri sebagai instrument utama dan terdapat instrument pendukung berupa pedoman observasi dan pedoman wawancara. Wawancara dilakukan terhadap tiga orang informan yaitu satu kepala kampung Abar Sentani dan dua masyarakat pengerajin kenda kampung Abar Sentani. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat aktivitas etnomatematika pada bentuk-bentuk kenda kampung Abar Sentani. Unsur-unsur matematika yang terdapat pada bentuk-bentuk kenda kampung Abar yaitu lingkaran, oval, persegi panjang, trapesium, tabung. dengan berbagai bentuk kenda atau gerabah asli kampung Abar tersebut dapat memberikan pemahaman terhadap konsep geometri. Hasil penelitian ini dapat digunakan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika di sekolah.
Downloads
References
Andhin Dyas. (2021). Buku Pintar Geometri. Jakarta : PT Perca Creswell, John W. (2012). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
D’Ambrosio, U. (2001). Ethnomathematics. Link Between Traditions and Modernity. Rotterdam: Sense Publisher
D’Ambrosio, Ubiratàn. (2006). Etnomathematics Link between Traditions and Modernity. Published by: Sense Publisher, P.O. BOox 21858, 3001 AW Rotterdam, The Netherlands, 2006.
Fajriyah, E. (2018). Peran etnomatematika terkait konsep matematika dalam mendukung literasi. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 114–119.
Kurniasari Rahmawati, N. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Savi Dan Vak Pada Materi Himpunan Terhadap Prestassi Belajar Siswa Kelas Vii. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2), 21–24.
Kurniasari Rahmawati, N. (2017). Implementasi Teams Games Tournaments dan Number Head Together ditinjau dari Kemampuan Penalaran Matematis. Vol 8, No 2
Muri Yusuf. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta : prenadamedia group
Nisa, T. F. (2011). Pembelajaran Matematika dengan setting model Treffinger untuk mengembangkan kreativitas siswa. pedagogia: Jurnal Pendidikan, 1(1), 35–48.
Nanang, Ricki (2019). Pembelajaran Matematika untuk Guru SD dan Calon Guru SD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Purba, J. T., Sari, N. F., Siagian, D. S., Manalu, B. M., & Pasaribu, C. F. (2022). Inspeksi etnomatematika kain ulos sadum untuk mengungkap nilai filosofi konsep Matematika geometri bangun datar. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 3(06), 65–72.
Salafudin, S. (2015). Pembelajaran matematika yang bermuatan nilai Islam. Jurnal Penelitian, 12(2), 223–243.
Setyowaty, A. M., Julian, J., Simamora, L., & Basuki, K. H. (2024). Pengaruh kecerdasan Numerik dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika:(Survei pada Siswa Kelas XI di MA Daarul Uluum Lido). Sindoro: Cendikia Pendidikan, 3(10), 111–123.
Simamora, L. (2015). Pengaruh persepsi tentang kompetensi pedagogik guru dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(1).
Sirate, F. S. (2012). Implementasi etnomatematika dalam pembelajaran matematika pada jenjang pendidikan sekolah dasar. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 15(1), 41–54.
Sirate, S. F. S., Yaumi, M., Ondeng, S., & Usman, U. (2020). Integrasi Nilai- Nilai Karakter dan Budaya Bangsa dalam Pembelajaran pada Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 2(2).
Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Thahir, M. U. H. Y. (2022). Penggunaan Bangun Geometri Terhadap Hasil Belajar Matematika Murid Cerebral Palsy Kelas VI di SLB Negeri 1 Makassar.
https://repositori.kemdikbud.go.id/20799/1/Buku-Gerabah-2018-Fin.pdf.
https://imajipapua.com/2018/01/03/kampung-abar-penghasil-gerabah-di-sentani/.
https://www.kompasiana.com/jk.martono/5af869b6ab12ae0a4050e572/produ k-gerabah-dari-kampung-abar-sentani-kabupaten-jayapura.
https://m.liputan6.com/regional/read/4219734/selamat-pagi-dari-kampung- gerabah-abar-sentani.
https://cenderawasihpos.jawapos.com/berita-utama/12/10/2020/salah-satu- kampung-penghasil-gerabah-terbaik-di-indonesia/.
https://papua.bpk.go.id/provinsi-papua/. https://nationalgeographic.grid.id/read/132598026/pusparagam-cycloop-gerabah-gerabah-abar-di-tepian-danau-sentani?page=all.
https://jurnalarkeologipapua.kemdikbud.go.id/index.php/jpap/article/downloa d/208/194.
https://www.gramedia.com/literasi/rumus-bangun-ruang/. https://papua.bpk.go.id/provinsi-papua/ Provinsi Papua | BPK Perwakilan Provinsi Papua.
https://www.kompas.com/stori/read/2023/03/16/140000579/berapa-suku- yang-ada-di-papua- Berapa Suku yang Ada di Papua? (kompas.com).
Downloads
Published
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Dini Rahmatun Nuraini, Ronaldo Kho, Irfan Wahyudi, Happy Lumbantobing, Bettisari Napitupulu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).