Pengaruh Kepala Sekolah terhadap Budaya Siswa Suku Akit di Sekolah Dasar Negeri
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.141Abstract
Riset ini dilatarbelakangi oleh budaya siswa suku Akit di sekolah dasar negeri yang menurut periset masih bisa dipertahankan dan relevan dengan kehidupan keseharian saat ini. Tujuan riset ini adalah untuk mengukur seberapa besar pengaruh kepala sekolah terhadap budaya siswa suku Akit di sekolah dasar negeri tujuh belas Kundur. Metode riset yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Hasil riset ini menunjukan bahwa kepala sekolah berpengaruh signifikan terhadap budaya siswa suku Akit di sekolah dasar negeri tujuh belas Kundur. Budaya siswa suku Akit yang masih bisa dipertahankan yaitu budaya siswa yang semakin lama semakin peduli terhadap pendidikan dasar. Semangat tersebut harus disikapi oleh guru agar mereka terus termotivasi untuk menyelesaikan pendidikan dasarnya di sekolah. Peran masyarakat dan orang tua harus terus dipertahankan agar siswa-siswa suku Akit semakin maju dan melek huruf. Periset berikutnya bisa menerapkan metode lain agar budaya siswa suku Akit semakin berkembang terutama pada hal cara berpikirnya.
Downloads
References
Andrias. (2021). Budaya Kepemimpinan Kepala Sekolah (F. Yudistira (ed.); Pertama, Issue September). Insan Cendekia Mandiri.
Angriani, M. (2020). Pendidikan Suku Akit Nerlang di Desa Sungai Tohor Barat Kecamatan Tebing Tinggi Timur Kabupaten Kepulauan Meranti. JOM FISIP, 7(II), 1–15.
Aprida, Y., Fitria, H., & Nurkhalis. (2020). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(2), 160–164. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.16
Darmawan, A. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah terhadap Kinerja Guru. Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 3(2), 244–256. https://doi.org/10.33753/mandiri.v3i2.85
Fahlevi, R., Witarsa, R., & Masrul. (2023). Pengaruh Komunikasi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri 7 Insit. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 7(1), 153–160.
Fransiska, W., Harapan, E., & Tahrun. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dan Disiplin Guru terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 1(3), 308–316.
Herlina, Fitria, H., & Puspita, Y. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompensasi terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(3), 276–282. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.7
Jaliah, Fitria, H., & Martha, A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Manajemen Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(2), 146–153. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.14
Juniarti, E., Ahyani, N., & Ardiansyah, A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Disiplin Guru terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(3), 193–199. https://doi.org/10.47467/reslaj.v1i2.108
Kaiman, Arafat, Y., & Mulyadi. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Pengawasan Pengawas Sekolah terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(3), 283–289.
Kartini, Ahmad, S., & Eddy, S. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Komunikasi Interpersonal terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(3), 290–294.
Keizer, H., D., & Pringgabayu, D. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi, dan Budaya Sekolah, terhadap Kinerja Guru di SMK ICB Cinta Niaga Kota Bandung. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Inovasi, 4(1), 14–24. https://doi.org/10.35794/jmbi.v4i1.17402
Ningsih, E., K., Fitria, H., & Fitriani, Y. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Konsep Diri terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(2), 100–105. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.7
Oktaviani, N., P., W., & Kristiantari, M., G., R. (2021). Korelasi Tipe Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah terhadap Komitmen Guru. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 69–80. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.32354
Pujianto, Arafat, Y., & Setiawan, A., A. (2020). Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Air Salek. Journal of Education Research, 1(2), 106–113. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.8
Santri, R., P. (2016). Hubungan Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah dengan Kinerja Guru SD Negeri di Kota Lubuklinggau. Jurnal Manajer Pendidikan, 10(3), 295–302.
Sasmito, N., B., & Prawito. (2023). Faktor Hubungan Kesiapsiagaan Keluarga dalam Menghadapi Dampak Bencana. Journal of Education Research, 4(1), 81–91.
Selfiati, F., Lian, B., & Wardarita, R. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Guru SMP se-Kecamatan Sako Palembang. Jurnal Pendidikan, 9(1), 1–10.
Sundari, A. (2014). Kearifan Lokal dalam Institusi Publik: Studi Gaya Kepemimpinan Jawa Hastabrata pada Sekolah Menengah di Kabupaten Jember. Jurnal Literasi, 4(2), 184–195. http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80338
Witarsa, R. (2022). Penelitian Pendidikan (M. Lanjarwati (ed.); 1st ed.). Deepublish Publisher.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Tuti Karyawati, Witarsa, R., Daulay, M., I.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).