Pengaruh Kepala Sekolah terhadap Budaya Siswa Suku Akit di Sekolah Dasar Negeri

Authors

  • Tuti Karyawati Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
  • Ramdhan Witarsa Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
  • Musnar Indra Daulay Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.141

Abstract

Riset ini dilatarbelakangi oleh budaya siswa suku Akit di sekolah dasar negeri yang menurut periset masih bisa dipertahankan dan relevan dengan kehidupan keseharian saat ini. Tujuan riset ini adalah untuk mengukur seberapa besar pengaruh kepala sekolah terhadap budaya siswa suku Akit di sekolah dasar negeri tujuh belas Kundur. Metode riset yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Hasil riset ini menunjukan bahwa kepala sekolah berpengaruh signifikan terhadap budaya siswa suku Akit di sekolah dasar negeri tujuh belas Kundur. Budaya siswa suku Akit yang masih bisa dipertahankan yaitu budaya siswa yang semakin lama semakin peduli terhadap pendidikan dasar. Semangat tersebut harus disikapi oleh guru agar mereka terus termotivasi untuk menyelesaikan pendidikan dasarnya di sekolah. Peran masyarakat dan orang tua harus terus dipertahankan agar siswa-siswa suku Akit semakin maju dan melek huruf. Periset berikutnya bisa menerapkan metode lain agar budaya siswa suku Akit semakin berkembang terutama pada hal cara berpikirnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andrias. (2021). Budaya Kepemimpinan Kepala Sekolah (F. Yudistira (ed.); Pertama, Issue September). Insan Cendekia Mandiri.

Angriani, M. (2020). Pendidikan Suku Akit Nerlang di Desa Sungai Tohor Barat Kecamatan Tebing Tinggi Timur Kabupaten Kepulauan Meranti. JOM FISIP, 7(II), 1–15.

Aprida, Y., Fitria, H., & Nurkhalis. (2020). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(2), 160–164. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.16

Darmawan, A. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah terhadap Kinerja Guru. Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 3(2), 244–256. https://doi.org/10.33753/mandiri.v3i2.85

Fahlevi, R., Witarsa, R., & Masrul. (2023). Pengaruh Komunikasi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri 7 Insit. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 7(1), 153–160.

Fransiska, W., Harapan, E., & Tahrun. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dan Disiplin Guru terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 1(3), 308–316.

Herlina, Fitria, H., & Puspita, Y. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompensasi terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(3), 276–282. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.7

Jaliah, Fitria, H., & Martha, A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Manajemen Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(2), 146–153. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.14

Juniarti, E., Ahyani, N., & Ardiansyah, A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Disiplin Guru terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(3), 193–199. https://doi.org/10.47467/reslaj.v1i2.108

Kaiman, Arafat, Y., & Mulyadi. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Pengawasan Pengawas Sekolah terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(3), 283–289.

Kartini, Ahmad, S., & Eddy, S. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Komunikasi Interpersonal terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(3), 290–294.

Keizer, H., D., & Pringgabayu, D. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi, dan Budaya Sekolah, terhadap Kinerja Guru di SMK ICB Cinta Niaga Kota Bandung. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Inovasi, 4(1), 14–24. https://doi.org/10.35794/jmbi.v4i1.17402

Ningsih, E., K., Fitria, H., & Fitriani, Y. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Konsep Diri terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(2), 100–105. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.7

Oktaviani, N., P., W., & Kristiantari, M., G., R. (2021). Korelasi Tipe Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah terhadap Komitmen Guru. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 69–80. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.32354

Pujianto, Arafat, Y., & Setiawan, A., A. (2020). Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Air Salek. Journal of Education Research, 1(2), 106–113. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.8

Santri, R., P. (2016). Hubungan Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah dengan Kinerja Guru SD Negeri di Kota Lubuklinggau. Jurnal Manajer Pendidikan, 10(3), 295–302.

Sasmito, N., B., & Prawito. (2023). Faktor Hubungan Kesiapsiagaan Keluarga dalam Menghadapi Dampak Bencana. Journal of Education Research, 4(1), 81–91.

Selfiati, F., Lian, B., & Wardarita, R. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Guru SMP se-Kecamatan Sako Palembang. Jurnal Pendidikan, 9(1), 1–10.

Sundari, A. (2014). Kearifan Lokal dalam Institusi Publik: Studi Gaya Kepemimpinan Jawa Hastabrata pada Sekolah Menengah di Kabupaten Jember. Jurnal Literasi, 4(2), 184–195. http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80338

Witarsa, R. (2022). Penelitian Pendidikan (M. Lanjarwati (ed.); 1st ed.). Deepublish Publisher.

Downloads

Published

2023-02-28

How to Cite

Karyawati, T., Witarsa, R., & Daulay, M. I. (2023). Pengaruh Kepala Sekolah terhadap Budaya Siswa Suku Akit di Sekolah Dasar Negeri . Journal of Education Research, 4(1), 134–141. https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.141

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>