Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui Penguatan Profil Pelajar Pancasila Gugus Raden Saleh

Authors

  • Susanti Apriana Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal
  • Suriswo Suriswo Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal
  • Rahmad Agung N Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1408

Keywords:

Kurikulum Merdeka, Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Abstract

Kurangnya pemahaman tentang tujuan dan struktur Kurikulum Merdeka mengakibatkan guru mengalami kesulitan dalam mengembangkan pembelajaran yang berpusat pada siswa dan sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pemahaman guru dan kepala sekolah tentang Kurikulum Merdeka dan Profil Pelajar Pancasila di Gugus Raden Saleh, (2) kesiapan guru dan kepala sekolah dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka melalui Projek P5, (3) faktor-faktor pendukung dan penghambat implementasi Projek P5, dan (4) dampak Projek P5 terhadap penguatan Profil Pelajar Pancasila pada siswa di Gugus Raden Saleh. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif studi kasus, di mana peneliti fokus untuk menyelidiki kondisi objek penelitian yang bersifat alamiah dengan penekanan pada pemahaman makna. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah  dan guru di Gugus Raden Saleh. Teknik pengambilan data melalui observasi lapangan dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat dikesimpulan sebagai berikut: (1) pemahaman guru dan kepala sekolah terhadap kurikulum merdeka dan profil pelajar pancasila di Gugus Raden Saleh secara umum memiliki pemahaman yang cukup baik, (2) kesiapan guru dan kepala sekolah dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka melalui projek P5 antara lain guru dan kepala sekolah sudah memiliki pemahaman yang cukup mendalam. Kesiapan tersebut antara lain merancang dan melaksanakan projek penguatan profil pelajar pancasila yang sesuai dengan kebutuhan dan minat peserta didik, (3) faktor pendukung implementasi Projek P5 sekolah dasar di Gugus Raden Saleh antara lain Kepala sekolah dan guru memiliki komitmen yang tinggi untuk mengimplementasikan Kurikulum Merdeka dan Projek P5, Memiliki sumber daya yang memadai untuk mendukung pelaksanaan Projek P5, menjalin kolaborasi yang baik dengan berbagai pemangku kepentingan, Guru memiliki kreativitas yang tinggi dalam merancang projek yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan dan minat peserta didik. Faktor penghambat implementasi Projek P5 di Gugus Raden Saleh antara lain terdapat beberapa guru dan kepala sekolah yang belum memahami secara secara menyeluruh, guru memiliki beban kerja yang cukup berat dan waktu yang terbatas untuk merancang dan melaksanakan projek, kurangnya sumber daya manusia yang kompeten dalam melaksanakan projek.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Angga, dkk. 2022. “Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar”. Jurnal Basicedu. Vol. 6, No 4. Halaman 5877-5889.

Anjarwati A., Hidayati S. N. Rizqiyah A. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Abad 21 melalui Metode Puzzle dan Role Play. Jurnal Pendidikan dan Konseling.

Cholilah M. Tatuwo A. G. P. Rosdiana S. P. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan dan Pengajaran.

Efiyanto, D. 2021. "Analisis Penerapan Kebijakan Merdeka Belajar pada Kurikulum SMK". Pascasarjana, Direktorat Program Malang, Universitas Muhammadiyah. Halaman 1–83.

Eva, A., dkk. 2023. "Analisis Kompetensi Guru dan Desain Pembelajaran dalam Melaksanakan Kegiatan Pembelajaran Sesuai Kurikulum Merdeka SD Negeri 1 Jantuk Tahun Pelajaran 2022-2023". Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. Vol. 8, No. 1. Halaman 424–432.

Evi, Hasim. 2020. "Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Perguruan Tinggi di Masa Pandemi Covid-19". Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Ilmiah Menuju Anak Merdeka Belajar. Halaman 68–74.

Irawati D. Iqbal A. M. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan.

Juannita, E., & Mahyuddin, N. 2022. "Video Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Anak Usia Dini". Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 6, No. 4. Halaman 3007–3012.

Juraidah J., Hartoyo A. (2022). Kemandirnan Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Dasar.

Kasmawati. 2021. "Persepsi Guru dalam Konsep Pendidikan (Studi pada Penerapan Merdeka Belajar di SMA Negeri 5 Takalar). Skripsi. Hal 1-148.

Kemendikbud. 2021. "Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila". Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Halaman 1-136.

Kemendikbud. 2022. "Buku Saku Kurikulum Merdeka; Tanya Jawab". Buku Saku Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Halaman 1–50.

Kemendikbud. 2022. "Buku Saku Penyusunan Perangkat Ajar". Buku Saku

Kemendikbudristek. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kurniati P. Kelmaskouw A. L. (2022). Model Proses Inovasi Kurikulum Merdeka Implikasinya Bagi Siswa Dan Guru Abad 21. Jurnal Citizenship Virtues

Masykuri M. Maridi M. (2020). Analisis ketercukupan perencanaan pembelajaran guru sesuai tuntutan kurikulum 2013 dan kemampuan berpikir kritis pada materi sistem pernapasan. Artikel Pemakalahan Paralel.

Maulida, Utami. 2022. "Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka". Tarbawi. Vol. 5, No. 2. Halaman 130–138.

Maulida, Utami. 2022. "Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka". Tarbawi. Vol. 5, No. 2. Halaman 130–138.

Muhlisian A. A. (2013) Analisis Kesalahan Terjemahan Bahasa Jepang Yang Terdapat Dalam Karya Ilmiah Mahasiswa S2 Universitas Pendidikan Indonesia. Thesis.

Mulyadi A. W. E., Indryani G. W. (2022). Implementasi Program Inovasi Mitigasi Bencana Titip Bandaku di Kabupaten Klaten. Wacana Publik.

Mulyadi D. (2016). Study Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik Konsep dan Aplikasi Proses Kebijakan Publik Berbasis Analisis Bukti Untuk Pelayanan Publik. Gramedia. Jakarta.

Muslim, A. 2022. "Landasan Filsafat Idealisme dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar". JETISH: Journal of Education Technology Information. Vol. 1, No. 1. Halaman 34–40.

Muslim, A. 2022. "Landasan Filsafat Idealisme dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar". JETISH: Journal of Education Technology Information. Vol. 1, No. 1. Halaman 34–40.

Noviyana H. (2020). Pelatihan dan Pendampingan Online Pembelajaran Berbasis Daring Pada Guru-Guru SMK Negeri 1 Liwa Lampung Barat. Journal Pendidikan.

Nurholis, D. 2022. "Analisis Kebijakan Kurikulum 2013". Jurnal Program Studi PGMI. Vol. 9, No. 1. Halaman 98–114.

Purnamasari (2023). Kompetensi 4C Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Kelas IV Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang

Rusnaini R. Raharjo R. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional

Safitri S., Nisa S. Lena M. S. (2023). Implementasi Guru Melaksanakan Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Matematika di SD. Science and Education Journal (SICEDU).

Satria I. B. Rochmiyati S. Khosiyono B. H. C. (2023). Telaah Pendidikan Karakter Dalam Buku Teks Bahasa Indonesia SD Kurikulum Merdeka. Tuladha : Jurnal Pendidikan Dasar.

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2011). Metodologi Penelitian Kuatitatif dan Kualitatif (R&D). Yogyakarta: Diva Press.

Suhandi, A. M., dkk. 2022. "Guru dan Tantangan Kurikulum Baru: Analisis Peran Guru dalam Kebijakan Kurikulum Baru". Jurnal Basicedu. Vol. 6, No. 4. Halaman 5936–5945.

Sukmadinata. (2017) Manajemen Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam At Ta'lim: Jurnal Pendidikan (2017)

Susilowati, Eka. 2022. "Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembentukan Karakter Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam". Journal of Sience Education. Vol. 1, No. 1. Halaman 115–132.

Wardani, B. G. P. 2022. "Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka dalam Perspektif Teori Konstruktivisme di Universitas Muhammadiyah Malang". Tesis. Halaman 1-106.

Wibiyanto F. S. (2021). Analisis Faktor Pendukung dan Penghambat Pembentukan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah. Jurnal Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Wijaya Tony, 2018. Analisis Data Penelitian dengan SPSS. Lokakarya Analisis Data Penelitian, Universitas Sebelas Maret, Surakarta

Zamroni. 2021. Mensiasati Manajemen Berbasis Sekolah Di Era Krisis Yang Berkepanjangan, Jakarta: ICW.

Downloads

Published

2024-07-21

How to Cite

Apriana, S., Suriswo, S., & Agung N, R. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui Penguatan Profil Pelajar Pancasila Gugus Raden Saleh . Journal of Education Research, 5(3), 3034–3043. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1408

Issue

Section

Articles

Categories